Thursday, January 3, 2013

Berita Kapal

Berita Kapal


Goyang Pengocok Perut di Perairan Internasional

Posted: 02 Jan 2013 07:05 AM PST

Goyang Pengocok Perut di Perairan Internasional

135696186420179028
Sore itu hari Jum'at tanggal 28/12/2012 sekitar pukul 14:30  saya mendapat tugas patroli ke daerah Tanjung Berakit untuk mengawal kapal yang sedang bekerja memasang pipa gas bawah laut Indonesia –Singapura.
Tugas kami adalah memastikan kalau kapal-kapal yang sedang berlayar mengetahui bahwa ada kapal yang sedang bekerja sehingga olah geraknya terbatas, memberitahu nya dan menunjukkan jalur lain yang lebih aman. Serta mengusir kapal-kapal yang berlabuh jangkar di jalur pemasangan pipa bawah laut untuk pindah ketempat baru yang lebih aman untuk pekerjaan.
Perjalanan dari dermaga Tanjung Uban hingga ke lokasi kami tempuh dalam waktu 3,5 jam. Akibat kondisi laut yang beromabak di bulan-bulan ini, musim utara kami menyebutnya. Saya sedikit kewalahan beradaptasi dengan perut mual dan kepala pusing, akhirnya saya banyak duduk selama perjalanan.
Setiba dilokasi, saya langsung melakukan komunikasi dengan kapal yang sedang bekerja CS Fu Hai namanya, kapal berwarna merah berjenis Supply ini tampak sedang melakukan olah gerak yang terbatas, terlihat dari tanda yang dipasang yaitu lampu merah putih merah bersusun tegak terpasang di tiang utama kapal.
Setelah mengetahui keberadaan dan tujuan kami datang, Capten kapal supply itu memberikan 2 nama kapal yang sedang berlabuh jangkar dan posisinya ada di alur pemasangan pipa. Kapal pertama bernama Li Hao.
Segera saya hubungi dengan radio VHF channel 16. Dengan beberapa kali panggilan kapten kapal Li Hao langsung merespon dan bersedia pindah posisi labuhnya, namun minta waktu 40 menit untuk menyiapkan mesin dan crew.
Kapal kedua bernama Leo Perdana, mendengar nama kapal yang mirip-mirip kapal Indonesia, saya pun memanggil kapal tersebut dengan bahasa Indonesia, tapi sayang hingga berkali-kali tidak ada jawaban. Saya ulangi memanggil kapal tersebut menggunakan bahasa Inggris, yup langsung di respon. Sama dengan kapal pertama, Leo Perdana langsung merespon saat itu juga.
Dua kapal yang berada di alur pemasangan pipa sudah kami usir. Saya hubungi lagi kapten kapal Fu Hai untuk permisi pulang, karena tugas kami sudah selesai, tapi kapten meminta untuk menunda satu jam, untuk memastikan dua kapal itu sudah betul-betul bergeser ke tempat yang lebih aman.
Oke, saya menyetujuinya, padahal kepala pusing dan perut mual yang sejak keberangkatan belumlah bisa beradaptasi, hampir saya colok mulut saya agar keluar sekalian, biasanya setelahnya jadi lebih lega, namun urung saya lakukan, saya masih mencoba bertahan.
Oleh-oleh menarik yang saya bawa adalah, bahwa kedua kapal yang berlabuh itu sudah berada disana hampir satu bulan, tidak ada perwakilan di Indonesia pun Malaysia. Sang kapten kapal berdalih mereka berada di Perairan Internasional? Sampai disini saya semakin curiga, benarkah?
Untuk mendapatkan kepastian saya minta posisi GPS kapal tersebut. Saya dapatkan data, mereka berada pada posisi GPS 010 24.86 N – 1040 40.5 E
Malam itu juga kami langsung pulang kembali ke Dermaga Tanjung Uban. Selain karena tugas yang memang sudah selesai juga untuk mencari informasi yang lengkap mengenai "Perairan Internasional" ini.
Besoknya saya hubungi orang yang ahli dalam hal perbatasan ini khsusnya perbatasan di Tanjung Berakit. Dia adalah Andi Arsana mahasiswa S3 di Universitas Wollongong Asutralia.
Karena saya Ingat beliau pernah membuat Video tentang perbatasan Indonesia-Malaysia di Tanjung Berakit sewaktu ada masalah dengan penangkapan tiga petugas DKP yang menagkap lima kapal nelayan Malaysia yang sedang menangkap ikan di perairan Indonesia di tahaun 2010.
Kemudian pertanyaan saya tuliskan di webnya beliau, tidak terlalu lama hanya dalam hitungan menit pertanyaan saya langsung direspon.
Jawaban yang melegakan namun harus disikapi dengan hati-hati adalah posisi GPS diatas masih dalam wilayah Indonesia. Kecurigaan saya semakin bertambah manakala disampaikan kalau Perairan Internasional (High Seas) berada 200 mil dari garis pantai.
1356961669319958970
Posisi Kapal yang Mengkalin Berada di Perairan Internasional

Keterangan: Garis merah merupakan garis Landas Kontinen sementara garis putih adalah klaim Indonesia untuk batas Zona Ekonomi Eksklusif namun masih kalim sepihak dari Indonesia (sumber: http://madeandi.com/2010/09/04/tanjung-berakit-dalam-video/) .
Kita ingat di tahun 2010 tiga orang petugas Departemen kelutan dan Perikanan (DKP) ditangkap oleh kapal patroli Malaysia di daerah ini, padahal petugas patroli DKP sangat yakin mereka, (para nelayan malaysia) itu melakukan penangkapan ikan di Perairan kita, namun karena kalah jumlah dan persenjataan akhirnya kita "kalah gertak".
Masalah ini sempat membuat hubungan kita dengan malaysia kembali memanas, akhirnya tiga petugas DKP dilepaskan tapi lima kapal nelayan malaysia yang ditangkap juga dilepaskan, barter begitulah kurang lebih.
Masih menurut made Andi Arsana, itulah mengapa pentingnya batas. Sehingga kita bisa tahu sebuah kapal berada di perairan siapa.
Dengan banyaknya kapal-kapal berlabuh di perairan yang hanya berjarak 8 mil dari Tanjung Berakit, banyak kemungkinan yang dilakukan kapal-kapal itu diantaranya, transaksi minyak secara illegal dan pencemaran, jikalau itu benar maka pantai Indonesia sudah pasti tercemar lebih dulu.
Alangkah sayang nya jikalau hanya dengan berdalih ada di Perairan Internasional mereka bisa melakukan apa saja, sementara sudah jelas mereka ada di perairan kita, tapi kejadian tahun 2010 pun jangan sampai terulang.
Semoga ditahun 2013 masalah batas di tanjung berakit ini sudah ada kesepakatan, ada batas titik-titik koordinat yang jelas sehingga tidak membingungkan petugas di laut.

Baju Pelaut Sejarah Seragam Sekolah di Jepang

Posted: 02 Jan 2013 06:59 AM PST

Baju Pelaut Sejarah Seragam Sekolah di Jepang





Ternyata dulu pakaian ala sailor merupakan ide seorang kepala sekolah Fukuoka jo gakuin, Ibu Elizabeth Lee. Zaman dulu anak-anak putri Jepang mengenakan kimono ketika bersekolah yang tentu saja menyulitkan gerak gerik mereka ketika beraktifitas terutama berolahraga. Kemudian Ibu Elizabeth Lee teringat dengan model seragam yang dipakainya ketika belajar di Inggris, yaitu baju Sailor/Pelaut. Tahun 1918, Ibu Elizabeth meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahitkan baju atasan seragam anak-anak putri. Tetapi Baju sailor itu ternyata robek ketika dipakai berolah raga, maka Ibu Elizabeth menyarankan agar dipasang resleting di bagian kiri/kanan baju dari arah ketiak.Tapi kelihatannya resleting ini tidak lazim dikenakan.

Kendala selanjutnya gerakan anak-anak masih terhambat karena rok yang mereka pakai masih berbentuk lurus panjang. Ibu Elizabeth pun datang kembali ke penjahit dan menjelaskan agar dibuat rok yang memudahkan anak-anak bergerak. Penjahit mendapat ide membuat rok berlipit-lipit setelah melihat gorden yang tertiup angin tetapi setelah itu dan dapat kembali ke bentuk semula. Akhirnya dibuatlah rok lipit-lipit. Tapi lambat laun rok yang dipakai siswi-siswi Jepang semakin pendek.
Pada tahun 1921, pertama kali pemakaian seragam sailor di Jepang. Pada tahun yang sama, sekolah Kinjou gakuin di Aichi juga memutuskan menggunakan seragam sailor. Adapun anak laki-laki mereka berseragam seperti tentara Jepang dulu, lengkap dengan topinya yang disebut dengan `gakuran`. Sebenarnya pakaian sailor untuk siswi sebenarnya juga agak berkesan militer.
Seragam sailor biasanya dilengkapi dengan dasi, lalu disertai rok kotak-kotak berlipit-lipit, dan pada musim dingin para siswi sering memadukannya dengan Loose Shocks (kaus kaki kedodoran).
Di beberapa sekolah seragam sailor tidak dipakai lagi, tapi diganti dengan blazer atau kemeja putih berlengan pendek atau panjang. Tapi rok yang dikenakan tetap pendek, Anak-anak SMA di jepang lebih modis dan punya gaya berseragam yang unik-unik.
 Hmm..... Tentu para pria menyukai seragam ini tidak hanya pria di jepang karena seragam sekolah anak putri jepang membuat mereka terlihat cantik dan sexy dengan rok mini berlipat-lipat dan seragam atasan dengan kain putih tipis yang apabila basah terkena keringat atau hujan membuat seragam itu jadi tampak sedikit transparan...:D
 Dengan pakaian seragam, anak sekolah mudah untuk dikenali, apalagi jika mereka bolos pada jam-jam sekolah. Ironis nya bagi sekolah-sekolah untuk anak-anak yang tak mampu, Jangankan untuk membeli seragam, memenuhi kebutuhan sehari-hari pun mereka kesulitan.



Untuk sistem pendidikannya, di Jepang menerapkan sistem pendidikan dasar (shougakkou) tidak mengenal ujian kenaikan kelas, tetapi siswa yang telah menyelesaikan proses belajar di kelas satu secara otomatis akan naik ke kelas dua, demikian seterusnya. Ujian akhir pun tidak ada, karena SD dan SMP masih termasuk kelompok compulsoy education, sehingga siswa yang telah menyelesaikan studinya di tingkat SD dapat langsung mendaftar ke SMP.
 Tetapi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi anak-anak sekolah dijepang , Tentu saja guru tetap melakukan ulangan sekali2 untuk mengecek daya tangkap siswa. Dan penilaian ulangan pun tidak dengan angka tetapi dengan huruf : A, B, C, kecuali untuk matematika. Dari kelas 4 hingga kelas 6 juga dilakukan test IQ untuk melihat kemampuan dasar siswa. Data ini dipakai bukan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan hasil test IQ-nya, tetapi untuk memberikan perhatian lebih kepada siswa dengan kemampuan di atas normal atau di bawah normal. Perlu diketahui, siswa2 di Jepang tidak dikelompokkan berdasarkan kepandaian, tetapi semua anak dianggap `bisa` mengikuti pelajaran, sehingga kelas berisi siswa dengan beragam kemampuan akademik.
Compulsory Education di Jepang dilaksanakan dengan prinsip memberikan akses penuh kepada semua anak untuk mengenyam pendidikan selama 9 tahun (SD dan SMP) dengan menggratiskan tuition fee, dan mewajibkan orang tua untuk menyekolahkan anak (ditetapkan dalam Fundamental Law of Education). Untuk memudahkan akses, maka di setiap distrik didirikan SD dan SMP walaupun daerah kampung dan siswa
nya minim (per kelas 10-11 siswa). Orang tua pun tidak boleh menyekolahkan anak ke distrik yang lain, jadi selama masa compulsory education, anak bersekolah di distrik masing2. Tentu saja mutu sekolah negeri di semua distrik sama, dalam arti fasilitas sekolah, bangunan sekolah, tenaga pengajar dengan persyaratan yang sama (guru harus memegang lisensi mengajar yang dikeluarkan oleh Educational Board setiap prefecture). Oleh karena itu mutu siswa SD dan SMP di Jepang yang bersekolah di sekolah negeri dapat dikatakan `sama`, sebab Ministry of Education menkondisikan equality di semua sekolah. Saat ini tengah digalakkan program reformasi yang memberi kesempatan kepada sekolah untuk berkreasi mengembangkan proses pendidikannya, tetapi tetap saja dalam pantauan MOE.
Di tingkat SMP dan SMA, sama seperti di Indonesia, ada dua kali ulangan, mid test dan final test, tetapi tidak bersifat wajib atau pun nasional. Di beberapa prefecture yang melaksanakan ujian, final test dilaksanakan serentak selama tiga hari, dengan materi ujian yang dibuat oleh sekolah berdasarkan standar dari Educational Board di setiap prefektur. Penilaian kelulusan siswa SMP dan SMA tidak berdasark
an hasil final test, tapi akumulasi dari nilai test sehari2, ekstra kurikuler, mid test dan final test. Dengan sistem seperti ini, tentu saja hampir 100% siswa naik kelas atau dapat lulus.
Selanjutnya siswa lulusan SMP dapat memilih SMA yang diminatinya, tetapi kali ini mereka harus mengikuti ujian masuk SMA yang bersifat standar, artinya soal ujian dibuat oleh Educational Board di setiap prefektur. Di Aichi prefecture, SMA-SMA dikelompokkan dengan pengelompokan A, B. Pengelompokan tersebut dibuat dalam proses memilih SMA. Setiap siswa dapat memilih satu sekolah di kelompok A dan satu sekolah di kelompok B. Jika si siswa lulus dalam kelompok A, maka secara otomatis dia gugur dari kelompok B. Dalam memilih SMA, siswa berkonsultasi dengan guru, orang tua atau disediakan lembaga khusus di Educational Board yang bertugas melayani konsultasi dalam memilih sekolah. Ujian masuk pun hampir serentak di seluruh jepang dengan bidang studi yang sama yaitu, Bahasa Jepang, English, Math, Social Studies, dan Science. Di level ini siswa dapat memilih sekolah di distrik lain.
Seperti dipaparkan di atas, siswa SMA tidak mengikuti ujian kelulusan secara nasional, tetapi ada beberapa prefecture yang melaksanakan ujian. Penilaian kelulusan siswa berbeda di setiap prefecture. Mengingat angka Drop out siswa SMA meningkat di tahun 1990-an, maka beberapa sekolah tidak mengadakan ujian akhir, jadi kelulusan hanya berdasarkan hasil ujian harian.
Untuk masuk universitas, siswa lulusan SMA diharuskan mengikuti ujian masuk universitas yang berskala nasional. Ini yang dianggap `neraka` oleh sebagian besar siswa SMA. Sebagian dari mereka memilih untuk belajar di juku (les privat, seperti di Indonesia) untuk dapat lulus ujian masuk universitas. Ujian masuk PT dilakukan dua tahap. Pertama secara nasional- soal ujian disusun oleh Ministry of education, terdiri dari lima subject, sama seperti ujian masuk SMA-, selanjutnya siswa harus mengikuti ujian masuk yang dilakukan masing2 universitas, tepatnya ujian masuk di setiap fakultas. Skor kelulusan adalah akumulasi ujian masuk nasional dan ujian di setiap PT. Seperti halnya di Indonesia, skor hasil UMPTN tidak diumumkan, tetapi jawaban ujian diberitakan via koran, TV atau internet, sehingga siswa dapat mengira2 sendiri berapa total score yg didapat. Siswa yang memilih Universitas dg skor tinggi, tapi ternyata skornya tidak memdai, dapat mengacu ke pilihan universitas ke-2. Namun jika skornya tidak mencukupi, maka siswa tidak dapat masuk Universitas. Selanjutnya dia dapat mengikuti ujian masuk PT swasta atau menjalani masa ronin (menyiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk di tahun berikutnya) di prepatory school (yobikou)
Penilain mutu pendidikan di Jepang, dengan kata lain dilakukan dengan menstandarkan ujian masuk SMA dan PT, tentu saja sistem ini bisa berjalan karena pemerintah di Jepang pun berusaha maksimal untuk menyamakan kondisi public education-nya, dalam arti menyediakan infra struktur yang sama untuk setiap jenjang pendidikan di daerah.
 Saat ini gaung autonomy daerah makin kencang di Jepang, seberapa besar tarik ulur antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam sektor pendidikan menjadi salah satu pengamatan yang menarik bagi saya pribadi. Di jepang nuansa kebebasan untuk mengembangkan pendidikan berdasarkan potensi dan karakter daerah sangat kental.

Baju Pelaut Sejarah Seragam Sekolah di Jepang

Blom Lulus kuliah, Taruna AKPELNI Dipesan industri Pelayaran

Posted: 02 Jan 2013 06:54 AM PST

Blom Lulus kuliah, Taruna AKPELNI Dipesan industri Pelayaran
Kebutuhan Pelaut di dunia dan indonesia khuususnya benar benar sangat tinggi dan memang tidak seimbang dengan jumlah sekolah atau lulusan sekolah sekolah pelayaran yang ada. seperti yang dilaporkan oleh lensaindonesia
   
Sebelum lulus, Taruna Akpelni biasanya sudah dipesan oleh perusahaan pelayaran asing maupun lokal. Terbanyak dari program jurusan tata laksana pelabuhan dan pelayaran, bahkan program lain seperti teknika, juga neutika masih mendapat tempat melihat pangsa pasar industri pelayaran.
Quote:"Sebelum lulus para Taruna sudah dipesan oleh perusahaan pelayaran, hampir 90 persen terserap bekerja diperusahaan pelayaran asing maupun lokal, tahun ini program jurusan tatalaksana (KPN) sebagian besar terserap di indutri pelayaran, selain program nautika dan teknika," ujar Direktur Akpelni Drs Djajari Msi, Sabtu (29/12/2012).

Namun demikian, pihaknya akan menjaga kualitas para taruna agar dapat bersaing dengan pelaut asing. Sehingga, para taruna diberikan skill akademis dan didik disiplin untuk menjadi pelaut yang tangguh.

"Untuk menjaga kualitas perlu dididik disiplin kepedulian dan skill akademis ditingkatkan, kompetisnya tidak hanya dalam negri tapi luar negeri," paparnya.

Saat ini, sebanyak 156 taruna Akpelni dari tiga jurusan Nautika, Teknika dan Tatalaksana (KPN) di wisuda di kampus Jl Bendan Atas Semarang, dengan dihadiri Kepala Kopertis Wilayah IV, Danlanal Kota Semarang . @yuwana 
 
Blom Lulus kuliah, Taruna AKPELNI Dipesan industri Pelayaran 

Road to Bali and Beautifull Sunset at Tanah Lot

Posted: 02 Jan 2013 06:47 AM PST

Road to Bali and Beautifull Sunset at Tanah Lot

20 November 2012, Alarm Pagi ini membangunkan saya pukul 6 pagi. renacana hari ini adalah menuju Bali. Namun pagi ini sedikit dibuat Jengkel karena Charger Canon 450D saya ternyata rusak dan Battre sudah Merah, Buat apa melanjutkan Perjalanan tanpa Dokumentasi?
November 20, 2012. the bell at my Blackberry wake me up at 06.00 am. My plan for today is going to Bali. But i've little bit problem when my camera battery charger was broken, and my EOS battery was empty. For what I Continued this trip without the documentation?
Setelah packing dari Hotel, saya memutuskan untuk keliling Kota asal dari pedangdut Dewi Persik ini dan menemukan Charger untuk Kamera saya, Bukan ori sih, tetapi bisa untuk mencharger yang terpenting.
After packing my equipment, I decided to walk around the Jember city to find the camera shop where sell the battery Charger for my Eos 450d. yeah litlle bit dissapointed because its not original but, the most importan things is, it can charge my battery.
Jember-Banyuwangi hanya sekitar 80 km, meninggalkan Kota Jember pukul 10.00, saya menuju Pelabuhan Ketapang, dimana masih merupakan satu satunya akses darat untuk menyebrang ke Pulau Dewata Bali.
Jember-Banyuwangi is about 80 km, leave Jember at 10.00am, I went to Ketapang port in Banyuwangi, which is the only way to go to Bali by Motorcycle or the others land transportation.
Setelah 2 jam Meliuk-liuk di jalan dengan kecepatan rata-rata 40km/h saya tiba di Pelabuhan ketapang. Membayar tiket 16 ribu saja dan tanpa antrian langsung masuk ke Kapal yang selalu tersedia disana.
After 2 hours on the road with the average speed around 40km/h, I arrived at Ketapang Port, pay the Ferry ticket just IDR 16.000 without queuing because the ferry always avaliable at there.
pelabuhan Ketapang

Memarkirkan motor paling depan, memastikan semua aman, tak lama kapal mulai bergerak meninggalkan pelabuhan, dan saya memilih untuk naik ke ruang tunggu diatas sembari menikmati pemandangan di Laut ini.
park my Bike in front, and make sure everythings is okay, the ferry start moving left the port. I choose to enjoy this beautifull view in the deck
laut jawa bali
selat jawa

hanya sekitar 1 jam saja. Saya tiba di Pulau Bali. yeah, akhirnya sampai juga di pulau yang katanya lebih terkenal di dunia daripada "Indonesia" nya. Setelah keluar kapal, ada pemeriksaan oleh Pihak kepolisian, jadi jangan harap bagi yang tak membawa surat lengkap bisa masuk bali. motor tak lengkap pun akan kena tilang. Namun 1 yang membuat saya cukup tertawa, Pak Polisi tak tau motor apa yang saya naiki, dialog menarik pun terjadi, "pak ini motor apa yah?' saya jawab, "Bajaj pak", polisi jawab "oooo, besar yah, trus berapa cc ini pak" dalam hati berkata, yah si bapak ngecek surat cuma formalitas nih, kan disitu ditulis 220 cc :p. akhirnya saya jawab "240cc pak" (setelah stroke-up) hehe. dan akhirnya saya dibiarkan lewat, tp cukup 1 yang mengganjal, apakah polisi tak memperhatikan bahwa saya tak memakai Plat nomer depan? ah mungkin beliau tak memperhatikan.
only 1 hour and finally I came to Bali Island the one of most famoust tourism destination in the world. perhaps, all of you know about Bali than the country Indonesia :D . To enter Bali Island, There are Indonesian Police who will check your Licence and vehicle registration so, if you're incomplete, you can't entering Bali.
Okey, Lanjutkan perjalanan selepas Gilimanuk untuk menuju tanah Lot memakan waktu sekitar 3 jam saja, jalanan cukup asyik namun kepadatan cukup membuat lelah karena tak bisa memacu motor dengan lepas, melewati negara, ada upacara adat, sehingga jalanan sedikit macet.
From Gilimanuk port to Tanah Lot take 3 hours riding, the road was awfull but the traffic is not nice, a lot of truck move slowly and I can't Throttle up my Bajaj Pulsar Multistrada 240F.
Jam menunjukkan pukul 16.30 WITA, saya tiba di Tanah Lot, dan Mengcontact kawan Nusantaride yang kebetulan juga pergi ke bali selepas nusantaride national rally 2012. Dan tak Lama Duta pun tiba, Kami belum pernah bertemu sebelumnya, namun karena memiliki passion yg sama keakraban terjadi dengan sangat mudah.
16.30 pm Indonesian middle time zone, I arrived at Tanah Lot, and call my Friend who was in Bali too. we haven't met before, but we feel familiar maybe because of our hobby in adventure.
saat saat sunset yang indah di Tanah Lot coba saya abadikan dengan Kamera tua saya ini.
its time for taking picture with my old EOS 450d. awsome…
tanah lot sunset
duta purnawan
sunset at tanah lot
sunset tanah lot
siluet photography
IMG_7345
rial photography

pemandangan yang indah di Pulau yang indah. Selesai kami menikmati view tanah lot, saatnya menuju Kuta untuk bermalam. Nantikan cerita selanjutnya
magnificent view on the fancy island. staytune for the next story

Rolls-Royce Phantom Rayakan Ultah

Posted: 02 Jan 2013 06:38 AM PST

Rolls-Royce Phantom Rayakan Ultah

 
Jakarta - Cerita Pelaut yg punya mobil Roll-Royce, merek mobil yg juga pembuat mesin kapal juga. Tanpa terasa, mobil ultra mewah, Rolls-Royce Phantom kini telah berumur 1 dekade. Phantom pun menjadi salah wujud dari 'The Spirit of Ecstasy' khas Rolls-Royce.

10 tahun lalu, tepatnya menit pertama di tanggal 1 Januari 2003, sebuah Rolls-Royce Phantom generasi baru lahir di rumah bersejarah Rolls-Royce di Goodwood. Phantom baru ini pun menempatkan merek Rolls-Royce satu langkah menuju moderenisasi.

Sebenarnya Rolls-Royce sudah menggunakan Phantom sejak tahun 1925 atau telah berdekade-dekade lalu. Hanya saja, setiap generasinya selalu diembel-embeli angka romawi dari I-VI. Namun pada tahun 2003, angka itu dihilangkan dan lahirlah generasi baru dari Rolls-Royce Phantom.

Hasilnya, Phantom terbaru ini langsung memicut para pecinta mobil mewah dunia. Potensi itu terus digarap dengan serius oleh Rolls-Royce yang pada tahun 2007 melahirkan Rolls-Royce Phantom Drophead Coupe untuk kemudian disusul Rolls-Royce Phantom Coupe setahun kemudian.

Gebrakan yang dibuat Rolls-Royce ini pun berbuah manis yang membuat merek Inggris itu berhasil menjual 5.000 Phantom hingga kini. Itu adalah sebuah rekor tersendiri bagi mobil super mahal ini.

Keistimewaan mobil ini, seperti halnya mobil-mobil Rolls-Royce lainnya tidak lain adalah karena ketelitian dan keindahan mobil yang dibuat bagai sebuah barang seni.

Tradisi membuat mobil di produsen Inggris ini cukup rumit dan terkesan masih ortodoks. Setiap mobil saja, harus dikerjakan oleh 30 orang dengan waktu pengerjaan lebih dari 450 jam untuk merancang, membangun, dan memoles setiap mobil Rolls-Royce.

Selain itu, di 'rumah' Rolls-Royce di Goodwood, Inggris Selatan juga ada sekitar 1.000 karyawan, termasuk perajin yang bekerja di bengkel-bengkel kayu dan kulit. Hanya terdapat dua robot di bengkel pengecatan yang memberikan kualitas mulus dalam penyelesaian.

Untuk pengecatan, Rolls-Royce melanjutkan tradisi yang dimulai berabad-abad lalu oleh industri pembuatan kereta dimana setidaknya lima lapis cat dan mantel pelapis bening diaplikasikan pada tiap Phantom, tujuh lapis jika mobil tersebut hadir dalam dua warna.

Untuk tiap lapisan para teknisi mengampelas badan mobil dengan tangan. Menyusul pengecatan terakhir, badan mobil dipelitur dengan tangan secara teliti selama lima jam untuk mencapai kilap seperti kaca yang biasanya terlihat pada grand piano.

Dan sesuai tradisi Rolls-Royce, coach-line tunggal atau ganda juga dapat diaplikasikan secara manual, tentunya. Dibutuhkan tiga jam untuk membuat satu garis sepanjang lima meter dengan menggunakan kuas terbaik dari bulu tupai atau lembu.

Sementara untuk material kayu yang banyak terdapat di mobil-mobil buatan Rolls-Royce, pabrikan Inggris ini menggabungkan keterampilan pembuat lemari dan pembuat kapal dengan teknologi modern. Tergantung pada spesifikasi, maksimal 43 bagian dari kayu ada pada setiap Phantom. Masing-masing disusun dari 28 lapisan kayu.

Lapisan-lapisan ini diselingi lembaran tipis aluminium untuk kekuatan dan mencegah pecahnya kayu ketika terbentur. Beberapa lapisan ditekan, dibengkokkan, dan diselesaikan secara manual sebelum pengrajin memotong dan mengaplikasikan pelapis yang cocok, dan sesudah itu dirinci, divernis, dipoles manual, dan diberi highlight.

Semua pelapis berasal dari satu batang kayu yang dipilih dan ditata dengan hati-hati sehingga detil urat kayu tercermin di seluruh interior tiap mobil. Terinspirasi oleh kapal pesiar J-class tahun 1930-an, dek jati pada Phantom Drophead Coupe adalah contoh apik menyatunya tradisi Rolls-Royce dengan teknologi terbaik.

Jati digunakan karena kekuatan dan daya tahannya terhadap kelembaban dan pembusukan, namun teknik-teknik khusus telah dikembangkan untuk menjaga tampilan yang segar, seolah sempurna tanpa diproses, agar hasil akhir dek terlihat nyaris seperti kayu alami.

Setiap dek, yang terdiri atas 30 potong kayu, menampilkan galur yang dibuat dengan tepat dan dilindungi oleh campuran beberapa minyak yang diramu khusus. Sebagaimana pada seluruh kayu dan pelapis yang digunakan oleh Rolls-Royce, ramuan ini juga dihasillkan oleh tim spesialis.

Sedangkan untuk bahan kulitnya, Rolls-Royce menggunakan kulit dari banteng-banteng pengunungan Alpen yang dipilih manual. Lingkungan yang sehat dan padang rumput terbuka tanpa onak atau kawat berduri menghasilkan bercak alami yang lebih sedikit.

Pigmen pada kulit muncul lewat perendaman dalam drum agar kulit Rolls-Royce yang tahan lama dapat terpelihara kelembutan dan kelenturannya, memberi warna yang kaya dan seragam sembari menjaga sensasi, kelembutan, dan seratnya.

Masing-masing dari 450 bagian kulit yang menyusun interior dipotong menggunakan laser sebelum dijahit tangan oleh para ahli di bengkel milik perusahaan.

Untuk program Bespoke, Rolls-Royce membuatkan tiap detail mobil sesuai dengan pesanan konsumennya. Sebab banyak pelanggan Rolls-Royce menginginkan eksklusifitas dan tidak ingin mobilnya disamai oleh orang lain.

Tiap mobil Phantom diibaratkan sebagai kanvas otomotif sejati bagi program bespoke Rolls-Royce. Dengan 44.000 pilihan warna cat badan mobil, pelapis kayu dalam ragam pilihan yang tak terbatas, begitu pula dengan gaya dan warna pelapis kulit, keleluasaan bagi terciptanya keunikan personal menjadi tak terbatas.

Mungkin, salah satu fitur pesanan Rolls-Royce yang paling indah dan populer adalah langit-langit bertabur bintang, yang menyatukan 1.600 lampu serat optik kecil yang ditenun manual di lapisan kulit atap untuk menciptakan langit berbintang yang indah dalam Rolls-Royce model Phantom Saloon atau Phantom Coupé.

Merek Rolls-Royce sendiri dibentuk pada tahun 1904, menyusul pertemuan bersejarah bangsawan Charles Stewart Rolls dan Henry Royce di Manchester, Inggris yang akhirnya menciptakan Rolls-Royce Motor Cars.

Henry Royce saat itu telah memantapkan reputasi sebagai seorang insinyur listrik dan pengusaha yang sukses, sebelum banting setir ke dunia pembuatan mobil ketika abad berganti.

Sedangkan Charles Rolls merupakan seorang pelopor dalam bidang otomotif dan penerbangan yang menggunakan pendekatan manual terhadap mur, baut, dan bagian-bagian bergerak, sama seperti Royce.

Saat keduanya bertemu, Royce telah memulai operasi pembuatan mobil di Manchester. Sementara itu Rolls menjual berbagai mobil di sebuah showroom di pusat kota London.

Keduanya menyatakan ketidakpuasan terhadap kualitas model-model impor, yang menjadi dasar awal usaha mereka masing-masing. Pertemuan di Manchester menghasilkan hak eksklusif bagi Rolls untuk menjual mobil rakitan Inggris yang diciptakan dengan sangat bagus oleh Royce melalui showroom-nya di London. Rolls-Royce pun terlahir.

Dan karena Sir Henry Royce adalah orang yang perfeksionis dan hanya mau menciptakan mobil terbaik. Bila hal itu berarti harus menggunakan bahan baku yang mahal, keahlian padat karya, dan kontrol kualitas yang memakan waktu, maka dia rela melakukannya.

Berikut generasi-generasi Rolls-Royce Phantom sejak awal dilahirkan:

- Rolls-Royce Phantom I, 1925–1931
- Rolls-Royce Phantom II, 1929–1936
- Rolls-Royce Phantom III, 1936–1939
- Rolls-Royce Phantom IV, 1950–1959
- Rolls-Royce Phantom V, 1959–1968
- Rolls-Royce Phantom VI, 1968–1991
- Rolls-Royce Phantom (2003), 2003–present
- Rolls-Royce Phantom Drophead Coupe, 2007–present
- Rolls-Royce Phantom Coupe, 2008–present

Rolls-Royce Phantom Rayakan Ultah

DKB Klaim Siap Bangun Kapal Ferry Besar

Posted: 02 Jan 2013 06:34 AM PST

DKB Klaim Siap Bangun Kapal Ferry Besar

Ilustrasi. (Foto: Nia/Okezone)
JAKARTA - PT Dok Kodja Bahari (DKB) telah memodifikasi empat Ferry bekas asal Inggris untuk digunakan di Indonesia. Di samping upaya untuk memodifikasi kapal bekas asal Inggris, DKB akan membangun dan memproduksi kapal besar berukuran panjang hingga 120 meter dan lebar 30 meter.

Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT DKB Bambang Wibisono menuturkan, produksi kapal besar tersebut akan dlengkapi dengan penggunaan teknologi canggih yang akan menjadikan kapal produksi DKB mampu bersaing di tingkat internasional.

"Kami sudah siap untuk membangun kapal-kapal besar dengan panjang sekitar 120 meter. Bahkan, kami juga menawarkan kapal itu sudah sesuai dengan karaktek Indonesia, kebutuhan Indonesia, dan karakteristik penumpang Indonesia. Semuanya sudah kita sesuaikan," kata Bambang melalui siaran persnya kepada Okezone, Selasa(1/1/2013).

Menurut dia, saat ini kapal ferry terpanjang di Indonesia berukuran di bawah 100 meter. Sedangkan galangan kapal DKB mampu membangun kapal dengan panjang hingga 120 meter.

"Saat ini kami tengah membangun tiga unit kapal pesanan TNI Angkatan Laut, senilai Rp500 miliar. Kapal tersebut diklaim diperlengkapi dengan teknologi canggih dan sistem permesinan yang komprehensif."tuturnya.

Terkait dengan maraknya impor kapal Ferry bekas yang dilakukan berbagai perusahaan pelayaran milik pemerintah maupun swasta, Bambang menegaskan, pihaknya sudah sangat siap untuk membuat kapal sekelas Ferry.

Menurut dia, dari sisi teknologi, Ferry digolongkan sebagai kapal yang pembangunannya tidak sulit. Apalagi ferry untuk penyeberangan. (mrt)

PT PAL Yakin Kapal TNI Selesai Tepat Waktu Tahun ini Garap Kapal Tunda dengan Dua Shift

Posted: 02 Jan 2013 06:20 AM PST



 
PT PAL Yakin Kapal TNI Selesai Tepat Waktu
Tahun ini Garap Kapal Tunda dengan Dua Shift

SURABAYA - Keluhan dari Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin perihal molornya progres proyek kapal tunda pesanan pemerintah mendapat perhatian khusus dari PT PAL. Perusahaan yang berganti pimpinan Februari lalu itu menjamin bahwa waktu penyelesaian kapal tak akan terlambat.
   
Direktur Utama PT PAL M. Firmansyah Arifien mengatakan, pihaknya memahami kekhawatiran yang disampaikan Wamenham. Sebab, kinerja PT PAL sebelumnya belum bisa dipandang sebagai suatu kerja profesional.

"Kami tahu bagaimana PT PAL dipandang selama ini. Dan kami akan gunakan teguran dari beliau sebagai cambuk bagi kami untuk segera tak terlambat dalam penyerahan kapal," ujarnya, Senin (31/12).

Firmasnyah sama sekali tak menampik jika pembangunan dua kapal tunda sedikit molor. Terhitung November 2012, progress proyek produksi kapal tunda pertama takni tugboat M000276 mencapai 67 persen. Angka tersebut meleset dari 8,79 persen dari target progress semula yakni 76 persen. Sedangkan, kapal tunda kedua yakni M000277 sudah mencapai 63,03 persen atau 1,5 persen lebih rendah dari target progress.
      
Penyebabnya, lanjut dia, adalah karena material plat baja yang cacat yang diketauhi September lalu. "Pertama, karena platnya dalam kondisi tidur, bagian atas tak terlihat cacat. Tapi pada proses blasting dan diberdirikan, baru terlihat kalau bagian bawahnya ada titik-titik. Dan, karena kami memperhatikan kualitas, kami putuskan untuk menggantinya dengan material yang baru," jelasnya.

Namun dia menegaskan bahwa kendala tersebut tak mempengaruhi tanggal penyerahan kapal. Pasalnya, semua material produksi, termasuk pengganti material yang cacat sudah diperoleh.

"Jadi, sejak penemuan plat baja yang cacat September lalu, kami langsung memesan lagi material baru. Untungnya, pelat baja yang kami pesan sudah datang. Jadi, sekarang yang semua faktor tinggal faktor internal yakni manajemen produksi," terangnya.

Frimansyah mengatakan, pihaknya bakal berlakukan dua shift untuk menggenjot produksi kapal. "Kami juga akan terus mencari sub kontraktor untuk mempercepat produksi. Dan kapal bisa tepat delivery time April dan Juni tahun ini," imbuhnya. (bil)

Hati-Hati Permen Perangsang Seks Ditawarkan Secara Bebas di Kota Medan

Posted: 02 Jan 2013 06:18 AM PST

Permen Perangsang Seks Ditawarkan di Medan
NET
Permen Perangsang Seks Ditawarkan di Medan

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN -- Di Medan, penjualan di pasar gelap permen perangsang lebih berani. Seorang penjual bahkan membuat blog sendiri memasarkan obat perangsang yang dikamuflase menjadi permen ini.

Dalam blog yang mencantumkan nama Medan itu, si penjual juga memasang nomor telepon seluler (ponsel) miliknya, yakni 082140852***. Permen karet yang ditawarkannya terdiri atas beberapa jenis.
Misalnya permen karet Spanish Fly yang disertai ilustrasi foto permen tersebut.
Tanpa ragu-ragu, si penjual menulis, permen karet perangsang Spanish Fly merupakan permen karet perangsang perempuan yang bisa digunakan untuk meningkatkan libido atau gairah seksual perempuan dan pria.

Disebutkan juga, bisa membuat pikiran lebih rileks dan badan menjadi lebih sensitif.

Bahkan dosis dan cara penggunaan diberikan. Untuk Spanish Fly, kunyah satu-dua permen untuk satu kali penggunaan, 30 menit sebelum melakukan hubungan intim.

Kelebihan permen ini, tulis si penjual, tidak berbau, tidak mencurigakan karena bentuknya yang unik dan familiar, rasanya enak seperti permen biasa, tidak perlu air, bisa dipakai kapanpun mau, mudah dibawa kemanapun, praktis, dan tidak perlu takut tumpah

Blog ini juga mencantumkan harga. Untuk satu paket yang terdiri atas lima permen Spanish Fly, dibanderol Rp 150 ribu. Merk permen lain yang dicantumkan adalah Passion Cachou.
Kalau permen yang ini, khusus buat perempuan. Passion Cachou diolah dari bahan-bahan yang memiliki kualitas tinggi dan sangat berhasiat meningkatkan libido perempuan dua kali lebih kuat dan cepat dari obat perangsang permen karet yang lain.
Ditulisnya juga, Passion Cachou bekerja sangat cepat dari dalam untuk meningkatkan gairah seks perempuan. Yang ini lebih dahsyat, konon setelah mengonsumsi, hanya lima menit kemudian, gairah seks perempuan langsung naik, bahkan untuk perempuan frigid.

Sama dengan permen Spanish Fly, permen juga dijual seharga Rp 150 ribu untuk satu paket yang berisi lima permen.

Tentu saja, apa yang ditulis dalam blog tadi, tidak bisa dijamin kebenarannya. Namun, karena sudah diiklan di internet, orangtua sebaiknya mengawasi putra-putri saat mengakses internet.(*)

Permen Perangsang Seks Ditawarkan di Medan

Kapal ke Tanjungpinang Penuh Sesak

Posted: 02 Jan 2013 06:14 AM PST

Kapal ke Tanjungpinang Penuh Sesak 


TRIBUNNEWS.COM, PUNGGUR ‑ Penumpang kapal ferri dari Telaga Punggur ke Tanjungpinang membeludak di hari pertama tahun 2013, Selasa (1/1/2012). Ratusan orang berdesak-desakan berebut naik kapal setelah merayakan libur tahun baru di Batam.
"Suasana antrean penumpang sudah terjadi sejak siang. Satu jam jelang pelayaran, jumlah penumpang bertambah. Bahkan, mereka rela antre untuk sekadar menuju pelantar. Jumlah penumpang meningkat, diperkirakan ribuan orang," kata seorang operastor kapal Baruna yang mengaku bernama Yus.
Menurut dia, meski terjadi peningkatan penumpang, operator kapal tidak menambah armada ataupun jadwal pelayaran. Semua penumpang masih bisa diberangkatkan sesuai jadwal.
"Sesuai jadwalnya. Setiap kapal datang dari Tanjungpinang, langsung diberangkatkan," ujar seorang perator pelayaran lainnya.
Menurut Andi, warga Tanjungpinang, ramainya penumpang ini telah diperkirakannya. " Ini dampak tahun baru di Tanjungpinang yang tidak ada acara. Coba ada, mungkin tidak akan seperti ini,"ujar Andi yang menunggu antrean masuk kapal hampir satu jam.
Menurut Andi, dia dan teman harus ke Tanjungpinang, karena Rabu (2/1/2012) ini sudah harus kembali masuk kerja.
Petugas kepolisan dari KPPP Punggur, menggunakan pengeras terus berupaya mengatur penumpang yang berdesakan dan mengingatkan agar anak-anak tidak menjadi korban. "Sabar ya, jangan berdesakan, nanti anak‑anak jadi korban," ujarnya. (ded)

Kapal ke Tanjungpinang Penuh Sesak

Kapal ke Tanjungpinang Penuh Sesak

Perompak Kapal Bermuatan 160 Ton BBM di Perairan Batam Dibekuk

Posted: 02 Jan 2013 06:11 AM PST

Perompak Kapal Bermuatan 160 Ton BBM di Perairan Batam Dibekuk 


 
Batam - Dua perompak kapal bermuatan 150 ton premium dan 10 ton solar di Selat Nenek, Batam, ditangkap. Muatan dipastikan telah berkurang. TNI AL dan polisi masih mengejar pelaku lainnya.

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam, Kolonel Nurhidayat menyatakan, kedua pelaku berperan sebagai pengatur skenario perompakan. Mereka ditangkap di daerah Tanjung Riau, Sekupang, Batam. Saat ini, keduanya masih diperiksa di Markas Lanal.

"Ada dua pelaku (yang ditangkap). Inisialnya tidak perlu disampaikan untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut," kata Nurhidayat usai mengecek tug boat dan kapal yang dirompak, Rabu (2/1/2013).

Keterangan saksi mata, Tug Boat PELITA-2 dan Tongkang Olympus berangkat, Minggu (30/12) sekitar pukul 20.30 WIB dari Pelabuhan Tanjung Uban, Bintan, menuju Pulau Guntung, Riau. Saat berada di Perairan Jembatan-1 Barelang, Senin (31/12/2012) sekitar pukul 03.00 WIB, perompak bersebo menaiki kapal dan langsung menyergap ABK serta mengancam dengan menggunakan parang. ABK dan sekuriti diikat dan sekitar pukul 06.00 WIB, dibuang di pulau terpencil di wilayah Kepulauan Riau.

Perompakan tug boat dan tongkang pembawa 150 ton premium dan 10 ton solar itu diketahui dan dilaporkan ke Markas Lanal, Selasa (1/1/2013).

"Kami selamat lantaran ditolong nelayan yang kebetulan melintas di pulau terpencil itu," kata salah satu ABK, Arifin.

Empat ABK dan 3 sekuriti akhirnya berhasil dievakuasi. Mereka tidak mengalami luka sedikit pun.

Sementara, tug boat dan tongkang ditemukan mengapung di Perairan Pulau Abang. Saat ini, kapal tersebut dijaga TNI-AL dan personel Polairud Polda Kepri. Berdasarkan pemeriksaan, isi muatan telah berkurang drastis.

"Pelaku telah memindahkan bahan bakar tersebut ke kapal yang sudah disiapkan," jelas Danlanal Nurhidayat.

Perompak Kapal Bermuatan 160 Ton BBM di Perairan Batam Dibekuk 

Kontrak habis, operasional kapal ke Kepulauan Seribu dihentikan

Posted: 02 Jan 2013 06:06 AM PST

Kontrak habis, operasional kapal ke Kepulauan Seribu dihentikan

Kontrak habis, operasional kapal ke Kepulauan Seribu dihentikan

Kerja sama operator penyedia angkutan kapal Muara Angke-Kepulauan Seribu dengan Pemprov DKI Jakarta berakhir pada 31 Desember lalu. Sampai hari ini, kontrak tersebut belum diperbarui karena APBD Jakarta 2013, juga belum diketok.

"Kontrak dengan operator yang mengoperasikan selesai pada 31 Desember," ujar Kepala Unit pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Drajad Adhyaksa, saat dihubungi wartawan, Rabu (2/1).

Kondisi ini membuat lalu lintas kapal terganggu. Menurutnya, kerja sama ini bisa dilanjutkan jika APBD sudah turun.

"Kita belum bisa buat kontrak baru karena anggarannya belum ada," keluhnya.

Drajat menambahkan, selama ini ada enam kapal dari pelabuhan Muara Angke ke Kepulauan Seribu yang disubsidi pemerintah. Dengan rincian, dua Kapal Motor (KM) Lumba-Lumba dan empat unit KM Kerapu. Masing-masing kapal menampung 25 penumpang sekali jalan dengan tarif Rp 50.000 dan asuransi Rp 2.000.

KM Lumba-Lumba
dan KM Kerapu dikategorikan kapal cepat berfasilitas memadai. Jadwal penyeberangan kapal ini adalah dua kali sehari yaitu pukul 07.00 WIB dan 13.00 WIB.

Adapun wilayah yang dilintasi KM Lumba-Lumba yakni lintasan 1 meliputi Muara Angke - Pulau Untung Jawa - Pulau Pramuka - Pulau Tidung (PP). Sedangkan untuk lintasan 2, meliputi Muara Angke - Pulau Untung Jawa - Pulau Tidung (PP).

Untuk KM Kerapu, lintasan 1 meliputi Muara Angke - Pulau Untung Jawa - Pulau Pramuka - Pulau Kelapa (PP). Sementara, lintasan 2 meliputi Muara Angke - Pulau Untung Jawa - Pulau Pari - Pulau Pramuka - Pulau Kelapa (PP). KM Kerapu lintasan 3, meliputi Muara Angke - Pulau Untung Jawa - Pulau Lancang - Pulau Payung - Pulau Tidung (PP). KM Kerapu lintasan 4 melintas Muara Angke - Pulau Untung Jawa - Pulau Lancang - Pulau Pari - Pulau Pramuka (PP).

Untuk diketahui, Rancangan APBD (RAPBD) DKI 2013 masih dalam pembahasan di DPRD Jakarta. Sebab, Pemprov (eksekutif) baru menyerahkan ke DPRD pada 20 Desember 2012 lalu.

Terlambatnya pengesahan dikarenakan DPRD masih mempertanyakan program unggulan Jokowi-Ahok.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta dinas memakai Silpa tahun 2012 yang mencapai Rp 8 triliun.
"Sebetulnya dapat menggunakan anggaran berjalan. Cuma kepala dinasnya saja yang nggak tahu," tegas Basuki.

Kontrak habis, operasional kapal ke Kepulauan Seribu dihentikan

Cerita Saksi Mata Saat Rasyid Rajasa Tabrak Luxio di Jagorawi

Posted: 02 Jan 2013 06:02 AM PST

Cerita Saksi Mata Saat Rasyid Rajasa Tabrak Luxio di Jagorawi 

 
Jakarta - Rangga Nugraha, saksi mata kecelakaan antara BMW X5 milik Rasyid Amrullah Rajasa dengan Daihatsu Luxio menceritakan kesaksiannya. Dia tahu persis saat kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, Selasa (1/1/2012).

Rangga adalah warga Bogor yang saat kejadian sedang mengemudikan mobil Toyota Avanza tepat di belakang mobil BMW X5 yang dikemudikan Rasyid. Rangga bukan teman Rasyid. Dia mengenal Rasyid saat bersama-sama mengevakuasi para korban. Dia memiliki gambar video sesaat setelah kecelakaan dan telah ditunjukkan kepada detikcom.

Berikut cerita lengkap Rangga yang diwawancara detikcom, Rabu (2/1/2013).

Anda saksi mata atau temannya?

Saya saksi mata, saya di belakang mobilnya, kita kenal karena saat itu saling membantu dan ngobrol. Miris juga lihatnya.

Bagaimana kronologinya?

Dia masuk tol dari tol dalam kota, saya masuk dari Cililitan, waktu masuk di Tol Jagorawi dari Cililitan, jarak mobil Rasyid 100 meter di depan mobil saya. Saya maintain kecepatan 140 km/jam, jadi saya perkirakan kecepatannya juga segitu. Itu di lajur 3, lajur kedua dari kanan.

Terjadinya di KM 03. Itu yang saya agak janggal. Itu kan setelah siang saya baru tahu kalau dia menabrak Luxio. Di TKP soalnya nggak ada Luxio. Saya sempat mengira melindas orang, ternyata ngelindes tas, 2 tas travel gede. Saya ngerem juga, saya menghindar ke kiri, terus banting ke kanan, berhenti di depan mobil Rasyid.

Tidak melihat mobil Luxio?

Awalnya saya pikir itu orang menyeberang, karena nggak ada sama sekali mobil di depan mobil Acid (Rasyid mengenalkan kepada dirinya bernama Acid). Saya lihat sampai di depan Gerbang Tol TMII sampai 2 Km nggak ada. Mobilnya ke mana yang ditabrak.

Kelempar katanya dari mobil, ada yang teriak-teriak, 'Mana anak saya, mana anak saya'. Saya tanya nyeberang atau gimana, 'nggak saya naik mobil, mobilnya jalan terus Mas'.

Saya lihat ada 3-4 orang bergelimpangan di jalan. Sekeluarga kayanya, ada anak kecil, ada kakaknya, ada ibu, bapaknya. Saya bantu rescue Harun (57), begitu saya datengin dia isi kepalanya sudah berceceran. Kemudian ditolongin Mbak-mbak baju hijau, sepertinya dia patah.

Bagaimana reaksi Rasyid Amrullah sesaat setelah kecelakaan?

Humble yah, dia turun langsung tarik semua yang ada di tengah jalan, 'Ayo kita ke rumah sakit dulu'. 2 Mobil yang berhenti, yaitu mobil saya dan Terrano hitam. Terrano hitam jalan pelan cuma ngelihat dan cuma nanya. Kita minta tolong hubungin Jasa Marga.

Rasyid saat itu sendirian?

Rasyid sendirian, dia nggak mabuk kok, cukup sadar. Dia cukup responsible. Dia bilang urusan polisi nanti gue yang tanggung jawab, dia nyelametin dulu.

Ada petugas Jasa Marga dan Ambulans?

Petugas Jasa Marga kemudian datang, cuma 1 mobil. Ambulans belum datang.

Kemudian dievakuasi ke mobil siapa para korban?

Mobil Rasyid nggak bisa jalan, air bag keluar semua, kacanya pecah. Kalau mobil BMW begitu transmisinya langsung berhenti. Kemudian diderek.

Ambulans datang berapa menit setelah kecelakaan?

Ada satu ambulans datang, 30 menit kemudian. Waktu kecelakaan masih sepi banget memang, sekitar 5 mobil saja. Setelah itu baru agak padat. Begitu petugas datang, langsung di-handle, handle-nya cepat, tidak sampai 5 menit. 1 Ambulans dan 1 mobil.

Anda mengevakuasi korban ke rumah sakit mana?

Saya dropping ke RS UKI, sama petugas Jasa Marga. SIM-nya Rasyid saya minta. Jujur untuk gue buat cover biaya korban, karena biasanya di rumah sakit harus ada penjaminnya. Karena petugas Jasa Marga ikut meng-handle, saya balik.

Betul Anda merekam kecelakaan itu?

Pas ngelihat saya nge-record, ternyata nggak kepencet. Nah saat saya menelepon orang tua saya, ternyata malah kepencet sekitar 2 menit, situasi pada saat itu.

Kebetulan ada pelintas beberapa petugas Polres Jakut, mungkin sedang patroli, Pak Hadi, Pak Utomo dan Pak Jaya, tiba di lokasi, handle sebentar kemudian diserahkan PJR.

Yang jelas turut berduka cita. Rasyid dari awal nggak bilang dia anaknya siapa, posisinya. Kalau lihat plat mobilnya kan sempat rame itu waktu kawinan kakaknya. Akhirnya pas malam itu tahu kalau Rasyid anaknya Hatta Rajasa.

Kalau boleh tahu jenis mobil Anda?

Avanza

Jadi benar tak melihat Luxio?

Bablas saja, keluar Tol TMII 2 km depan nggak ada. Posisinya simpang siur. Saya dengar itu mobil suka di pangkalan omprengan di UKI.

Kondisi balita Raihan waktu itu bagaimana?

Raihan baju dan celananya kena darah, terus sama boneka beruang almarhum, dibuang sama mama saya, takut katanya. Raihan nggak ada luka fisik, waktu itu masih hidup tanpa menunggu petugas saya pegang denyut nadi masih ada, masih nafas.

Saat itu mau saya bawa, orang Jasa Marga melarang, katanya tunggu ambulans. Memang tunggu ambulans mau berapa lama? Rasyid sama saya marah ini bawa dulu ke rumah sakit.

Setelah dari rumah sakit, saya kembali ke lokasi, Rasyid kelihatan panik, sempat ngobrol sama saya, ngerokok sama saya, tenangkan diri. Saya bilang 'Lo masuk mobil PJR aja'. Mobilnya akhirnya diderek. Saya meluncur (meninggalkan lokasi-Red) itu jam 07.00 WIB.

Cerita Saksi Mata Saat Rasyid Rajasa Tabrak Luxio di Jagorawi 

Rasyid Amrullah Anak Hatta Rajasa Nongkrong di Parc 19 Kemang, Tak Minum Alkohol



Jakarta - Sebelum insiden kecelakaan maut di Tol Jagorawi, pengemudi BMW X5 Rasyid Amrullah Rajasa sempat merayakan malam tahun baru di kafe Parc 19 Kemang, Jakarta Selatan. Namun berdasarkan kesaksian rekan-rekannya, Rasyid tak meminum minuman beralkohol.

Alvin Amahl, salah seorang sahabat Rasyid mengatakan, saat malam tahun baru, Rasyid berkumpul bersama sekitar 30 orang di kafe Parc 19 Kemang. Rasyid bersama kekasihnya, Prilla Kinanti, di lokasi tersebut hingga pukul 01.00 WIB dinihari, Selasa (1/1/2012).

"Dia pulang duluan, lalu nganterin pacarnya," ujar Amahl yang saat itu bersama Rasyid di Parc 19, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (2/1/2012).

Amahl bersahabat dengan Rasyid sejak bersekolah di SMA Labschool Cinere pada tahun 2008 lalu. Amahl kini berkuliah di Universitas Paramadina, sementara Rasyid menimba ilmu di London, Inggris.

"Nggak minum, nggak minum. Orang dia sehari-harinya golf, olahraga banget, positif kesehariannya," lanjut dia.

Soal penyakit maag kronis yang diderita Rasyid, Amahl mengaku pernah mendengar keluhannya belakangan ini. Namun dia tak sempat menanyakan soal ini ketika malam tahun baru.

Lebih lanjut, Amahl menilai Rasyid bukanlah sosok yang berdekatan dengan narkoba. Karena itu, dia yakin bukan itu penyebab kecelakaan yang merenggut dua korban jiwa pada 1 Januari 2013 kemarin itu.

"Kalau anak menteri biasanya sombong, Rasyid itu jauh dari stereotype itu. Jauh juga dari narkoba, jauh banget," tegasnya.

Usai kejadian, Amahl sempat mengontak Rasyid soal insiden tersebut. Kondisi putra bungsu Hatta Rajasa itu dipastikan masih shock. "Saya sempat teleponan, masih shock banget. Semoga Acid tabah menghadapi cobaan," imbuhnya.

Tri Ramandharu, sahabat Rasyid lainnya juga memberikan penilaian senada. Rasyid bukanlah sosok yang dekat narkoba atau pun minuman keras.

Dharu juga menambahkan, Rasyid selama ini dikenal sebagai pengemudi yang baik. Dia tak pernah kebut-kebutan hingga hilang kendali atas kendaraannya.

"Sangat safety, nggak kebut-kebutan. Biasanya itu yang baru belajar, tapi Rasyid udah lama bisa nyetir," terangnya.

Sebagai teman, Dharu tak percaya dengan insiden ini. Meski tak bersama Rasyid di Kemang saat malam tahun baru, dia yakin sahabatnya tersebut tak minum alkohol.

"Saya nggak percaya bisa begitu," tegasnya.

Pernyataan rekan-rekan Rasyid sesuai dengan penjelasan polisi. Tak ada alkohol dan narkoba yang ditemukan dari urine Rasyid saat dilakukan tes. Meski begitu, Rasyid tetap menjadi tersangka

Harga Bunker Naik, Operator Kapal Rugi

Posted: 02 Jan 2013 05:54 AM PST

Harga Bunker Naik, Operator Kapal Rugi

Harga Bunker Naik, Operator Kapal Rugi

Liputan6.com, New York : Tahun 2013 perdagangan dunia mulai mengalami akselerasi. Hal ini mendorong konsumsi bahan bakar minyak. Pihak yang diuntungkan dari tingginya permintaan ini tentu saja para pemasok bahan bakar, salah satunya Aegean Marine Petroleum Network Inc.

Sementara itu di lain pihak, ada beberapa yang merugi. Operator kapal yang bergerak pada kegiatan pengiriman adalah salah satu yang justru keuntungannya menurun karena akselerasi perdagangan bebas ini.

Perdagangan dunia menuntut pengiriman dengan kapasitas ekstra dan frekuensi pelayaran yang tinggi, sehingga meningkatkan permintaan akan bunker. Padahal harga bahan bakar bunker saat ini sedang mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Menurut JBC Energy GmbH, sebuah perusahaan riset yang bermarkas di Wina, permintaan akan bahan bakar bunker naik 2,2 persen menjadi 3.370.000 barel per hari. McQuilling Services LLC, seorang konsultan industri yang berbasis di Garden City, New York menyebut tingginya permintaan akan bunker mendorong kenaikan harga yang tertinggi sepanjang waktu, yakni sebesar US$ 690 per metrik ton. Harga rata-rata bunker di Singapura -sebagai pelabuhan pengisian bahan bakar terbesar- tahun lalu saja mencapai US$ 664,10 per ton.

IMF menyebutkan bahwa perdagangan dunia tahun ini tumbuh 4,5 persen, dibanding tahun lalu yang hanya 3,2 persen. Dengan harga bahan bakar yang tinggi, otomatis banyak operator pengiriman harus merogoh kocek lebih dalam.

Bloomberg menyebutkan Aegean Marine (ANW) memperoleh keuntungan 81 persen atau sebesar US$ 48.500.000 tahun ini. Sementara itu saham Athena, pemilik 67 kapal dan tongkang pengisian bahan bakar naik 28 persen, menjadi US$ 5,22 per 28 Desember. Saham ini diprediksikan masih akan mengalami kenaikan dalam 12 bulan ke depan, menjadi US$9,13.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Rabu (2/1/2103) permintaan bahan bakar bunker yang tinggi membuat Aegean Marine meraup banyak keuntungan. Sahamnya pun melonjak 75 persen selama 12 bulan.

Data Clarkson Plc (CKN), broker pengiriman terbesar, menunjukkan permintaan pengiriman tahun ini adalah yang terbesar, naik lebih dari 5 persen. Tingginya permintaan mendorong kapal-kapal berlayar lebih cepat dan lebih sering. Tentu saja ini mendorong tingginya konsumsi bahan bakar, kata Erik Nikolai Stavseth, seorang analis di Arktik Securities ASA di Oslo.

"Jika kecepatan perdagangan dunia meningkat, kapal-kapal akan berlayar lebih sering, sementara itu harga bahan bakar naik, menjadikan beban operasionalnya naik, maka pihak yang paling dirugikan adalah para pemilik kapal," kata Simon Newman, kepala penelitian tanker ICAP International Shipping Ltd. yang berbasis di London.

The Round Table of International Shipping Associations memperkirakan sekitar 90 persen dari perdagangan dunia terjadi melalui laut. Menurut London Clarkson perdagangan laut akan naik 4,3 persen menjadi 9,8 miliar ton di tahun 2013 ini. Sementara itu harga minyak mentah kargo akan naik 3,3 persen. Hal ini dikarenakan terjadi kenaikan keuntungan pada perdagangan batubara dan bijih besi sebesar 4 persen.

Kapal-kapal Lama

Percepatan perdagangan juga memaksa operator untuk kembali mengoperasikan kapal-kapal lama. Clarkson memperkirakan sebanyak 45,9 juta ton kapasitas muatan akan dibongkar tahun ini, dibanding sebelumnya yang mencapai 59,3 juta ton di tahun 2012.

Bursa Baltik yang menerbitkan harga di 61 ruter maritim memperkirakan pengiriman muatan kering massal tahun ini adalah yang terendah sejak 1986. Sementara itu penghasilan kapal pengangkut minyak dan enam jenis kontainer lain adalah yang terkecil sejak 2009.

Mitsui O.S.K. Lines Ltd, pemilik kapal dagang terbesar dunia yang berbasis di Tokyo, mengatakan ada kerugian sekitar 5 miliar yen pada periode ini akibat kenaikan harga bahan bakar. Hal serupa terjadi padaAP Moeller-Maersk (MAERSKB), pemilik armada terbesar dari kapal kontainer. MAERSKB juga mengalami kerugian. Kenaikan harga bunker US$ 100/ton mengurangi keuntungan sekitar US$ 100 juta.

Menurut Arctic Secuerities, kapal tanker dapat membakar 95 ton bahan bakar per hari, sementara Capesize hanya menggunakan 61 ton saja. Kapal yang berlayar dengan kecepatan rendah dapat menghemat sekitar 40 ton bahan bakar atau sekitar US$ 38.ooo.

Bloomberg melaporkan terjadi over kapasitas pada 86.500 armada kapal, yang bergerak pada 5,94 knot rata-rata bulan lalu, dibandingkan dengan 6,48 knot di tahun sebelumnya. Sementara itu menurut pasar DNB, sebuah operator mentah dapat meraup keuntungan US$ 12.000 per hari dengan kapasitas 2 juta barel minyak, dengan kecepatan 10,5 knot, dan bukan 14,5 knot.

"Industri ini mencoba untuk mengatasi melambungnya harga bahan bakar bunker dengan bounceback ekonomi," kata Antonios Panagiotopoulos, seorang analis minyak produk senior KBC Energy Economics, Inggris.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan pemulihan ekonomi dan peningkatan permintaan pada tahun 2013, kita akan melihat perdagangan antar daerah terus meningkat. (EST/IGW)

Harga Bunker Naik, Operator Kapal Rugi

Gadis 17 Tahun Diperkosa Teman Facebook di Malam Tahun Baru

Posted: 02 Jan 2013 05:50 AM PST

Gadis 17 Tahun Diperkosa Teman Facebook di Malam Tahun Baru

Berita Kapal -- Belum lama heboh dengan kasus pemerkosaan di bus oleh enam tersangka yang mengakibatkan korbannya meninggal, kota New Delhi kembali dikejutkan dengan peristiwa yang mirip. Kali ini berkaitan dengan situs jejaring sosial Facebook.

Seorang gadis yang baru berumur 17 tahun melapor pada polisi bahwa dia diperkosa dua orang pria di selatan New Delhi. Awal mulanya, dia diajak bertemu oleh seorang pria yang belum lama dikenalnya melalui Facebook.

Malangnya saat bertemu di tempat yang dijanjikan pada malam tahun baru 2013, dia malah diperkosa. Sang teman Facebook melakukan aksi bejat itu bersama seorang temannya.

"Dua pria diduga memperkosa remaja itu di malam tahun baru. Mereka telah ditangkap. Keduanya adalah pekerja di sebuah perusahaan teknologi," demikian keterangan dari kepolisian setempat.

Korban yang tak disebut namanya menjelaskan dia dibawa ke apartemen tersangka. Kemudian diberi minuman yang dicampur dengan obat sehingga ia tak sadarkan diri dan diperkosa.

New Delhi, meski berstatus sebagai ibu kota India, memang sering disebut sebagai kota yang tidak aman bagi para wanita. Demikian seperti dikutip detikINET dari Hindustan Times, Rabu (2/1/2013).

Gadis 17 Tahun Diperkosa Teman Facebook di Malam Tahun Baru


Update 2 Januari 2013 untuk gambar photo merangsang syahwat kaum lelkai silahkan di nikmati koleksi photo dan gambar penaik birahi

waduhhhhhh…. saking ga sempat perhatian ama blog cerita sex gadis bugil 17 tahun ini akhirnya traffic blog ini pada kendor sorry sebelumnya gw ucapkan kepada pembaca setia blog ini kerana isi postingan yang satu ini hanya mengencangkan traffic yang kendor kerana ulah seseorang!heheheheh…..berikut cara gw mengencakanya : tante ngentot gambar sex gambar sex party di villa kelihatan satu gadis sexy ga pake bra sehinga payudara gede kelihatan atau toked gede sedang nge sex dengan tante ngentot gambar sex tante girang tante ngentot gambar sex artis telanjang indonesia tante ngentot gambar sex hot bugil tante ngentot gambar sex kemben melorot tafana dewi tante ngentot gambar sex anjasmara telanjang tante ngentot gambar sex gadis indonesia tante ngentot o gambar sex tante ngentot gambar sex gadis smu telanjang tante ngentot gambar sex tante ngentot gambar sex panas tante ngentot gambar sex bunga citra lestari tante ngentot lesbi gambar sex tante ngentot gambar sex dr azahari tante ngentot gambar sex gadis indonesia telanjang tante ngentot gambar sex ayam kampus tante ngentot gambar sex dian sastrowardoyo tante ngentot gambar sex selebritis indonesia tante ngentot gambar sex gadis dan tante girang ngentot

gambar sex lucah tante ngentot gambar sex anak sma cianjur tante ngentot gambar sex klitoris tante ngentot gambar sex nia ramadhani tante ngentot gambar sex selingkuh tante ngentot bambola ramona gambar sex tante ngentot gambar sex ayu azhari telanjang tante ngentot gambar sex aksi ngentot gadis bugil 17 tahun sex tante ngentot free gambar sex cz tante ngentot gambar sex girl tante ngentot gambar sex mariana renata tante ngentot gambar sex memek indonesia tante ngentot gambar sex situs porno indonesia gratis malaysia sex indonesia cewek bugil smu video bokep 3gp gadis smp bugil 17tahun sekandal foto bugil pns bekasi video prono anak smu cerita panas foto smu 1 puri wisata sex alamat pelacur indah ludiana mahasiswi cewek kontol penis besar gambar foto bugil ratu felicia foto anjasmara foto cewek blok m foto felisa foto syur smu 2 cirebon karikatur vidio porno indonesia waralaba bisnis 3gp anak sma cerita seks indonesia foto bugil ayam kampus casting bugil hotel murah jakarta cewek kampus film porno Vagina Photo foto hot pns bekasi artis indonesia gallery artis cantik indonesia sma1puri photo artis telanjang sex foto perek anak sma cilegon anti brontok cewek cianjur cewek indo video bugil anak smu indonesia nia ramdani smu Hj jember Video Mesum anti decoil caribispak Foto bugil anjasmara gadis smp cewe kencan sex onani sex indonesia foto artis telanjang situs telanjang china bispak bisyar
ewek panggilan cilegon smu foto porno indonesia video porno dan video bokep 3gp abg cerita panas video porno smu film bugil gmbar porno indonesia photo sexparty birahi cewek panggilan di jakarta foto porno pns pemkot bekasi cerita sex situs porno video ngentot 3Gp pemuja vagina situs porno cewek indonesia sex party telanjang buapti telanjang cewek semarang sandra dewi mandi telanjang situs bokep situs khusus dewasa foto bugil Cerita Seru ngentot Cerita Panas ngentot Cerita Lucu ngentot Cerita Dewasa ngentot Cerita sex malaysia video bokep 3gp
Melayu ngentot Cerita Orang Malaysia ngentot Cerita Seribogel ngentot Cerita Lawak ngentot Cerita Seram Sukma Ayu 17 tahun Foto Sukma Ayu ngentot Sukma Ayu Telanjang Sarah Azhari 17 tahun Sarah Azhari Telanjang ngentot Sarah Azhari Bugil Babyrina 17 tahun Babyrina Bogel ngentot Babyrina Kavita Agnes Monica ngentot Agnes Monica Telanjang ngentot Agnes Monica Bugil ngentot Foto Agnes Monica Pantat 17 tahun Cerita Pantat ngentot Pantat Melayu ngentot ngentot Kocok Online ngentot Kocok Web Site Cipap 17 tahun Cerita Cipap ngentot Cipap Basah ngentot Jilat Cipap ngentot
gambar hot bandung .3gp diperkosa pijet plus sex memek foto sex gambar pns bekasi bugil foto syur nia gambar rumah nude sms gratis via internet yuk mojokerto bugil artis ratu felisha foto bugil smu banyuwangi iklan sma cilegon bugil foto ratu felicia fotov smu cilegon photo bugil dewi persik diremas susu nya banten gadis kampus pelacur CEWEK BOGEL film dewasa foto sex pns bekasi bugil gadis panggilan situs hot gay gratis indonesia spg toket cewek berjilbab bugil smu cewek sma telanjang gadis sma gambar porno nia ramadani indoplayboy.com ayam_kampus gadis smu bugil gratisan indosex poto PHOTO ARTIS BUGIL posisi ngentot ngentot Gambar Lucah Pramugari ngentot VCD Lucah ngentot Video Lucah Bohsia 17 tahun Gambar Bogel Bohsia ngentot Gambar Bohsia ngentot Bohsia Kl ngentot Bohsia Melayu Kocok 17 tahun Kocok Kontol Gambar Bogel Melayu ngentot Gambar Bogel Artis Melayu ngentot Siti Nurhaliza Bogel ngentot Seri Bogel ngentot Siti Bogel ngentot Erra Fazira Bogel ngentot Gadis Bogel ngentot Zarina Zainuddin Bogel Melayu Bogel 17 tahun Melayubogel ngentot Artis Melayu Bogel ngentot Gambar Melayu Bogel ngentot Gambar Artis Melayu Bogel
3gp ngentot cewek berjilbab foto agnes monica panti pijat rekaman bokep indonesia cewek gila sek Kost di Jakarta AYAM KAMPUS chinese yogya, cerita sex gratis foto bugil pns pemkot bekasi pesona jilbab cerita esek esek gambar skandal pns bekasi jilbab telanjang foto nia ramadani telanjang S M A Bugil dan SMU gambar gadis bugil bokep, nafsu sex memek wanita sex tante girang foto porno abg vagina foto bupati pekalongan Smu 2 Cianjur telanjang bugil MEMEK SMA download 3gp movie agnes fhoto mayang sari free foto pns bekasi bugil 3gp mpeg gratis sex foto bugil kamera ponsel indohot photo bugil Photobugilanaksma seksi indo situs porno indonesia gratis Foto Bugil PNS and Honorer Bekasi lesbi ngintip anak kost mandi telanjang gratis cabup pekalongan Photo Telanjang PNS Bekasi seks cewek sma sex SMU smu smp bugil trans tv video maria eva dan anggota DPR bugil hidden camera artis indonesia, cerita sex pramugari garuda seksi Smun 2 bogel bugil sexy klip video seks MAN 1 Jember putri ratu felisha sex habis situs anak toket sma bugil tante-tante video sek 3gp ayu azhari bugil sexy cinta cewek bugil foto hot pns bekasi foto panas sma perbesar penis, memek abg, pragawati bugil foto model sexy dewi persik telanjang sambil cerita panas gambar memek pns bekasi cewek jogja cewek telanjang situs cerita dewasa Foto porno cewek berjilbab ngeseks cowok cewek ngentot
cerita sex indonesia phone sex sarah ashari bugil Adegan syur smu pekanbaru sengama gallery gambar cewek bugil wanita sex foto Cewek smp seksi situs pono mahasiswi abg diperkosa artika sari dewi bungil foto pns bekasi bugil video smu bugil gambar gadis bugil seleb indo bugil video foto bunga citra lestari bugil pijat plus jilbab sex kamera sembunyi model indonesia bugil ratu felisha telanjang bintang porno indonesia Telanjang cerita sex di sma 5 pekan baru model bugil perek sma marshanda sex ngentot galeri foto lucu sex ngentot galeri galeri foto sex ngentot galeri foto slank sex ngentot galeri foto bugil sex ngentot melissa satta galeri foto sex ngentot galeri foto telanjang sex ngentot galeri foto jilbab telanjang sex ngentot galeri foto perek sex ngentot galeri foto connection sex ngentot galeri foto abg telanjang sex ngentot galeri foto dan cerita sex 17 tahun sex ngentot galeri foto sex ngentot galeri foto dhini aminarti sex ngentot galeri foto siti nurhaliza sex ngentot merrill galeri foto news sex ngentot galeri foto kemben melorot trans tv sex ngentot galeri foto finish sex ngentot galeri foto kemben mlorot taffana dewi sex ngentot marathon galeri foto sex ngentot galeri foto ngenton gratis sex ngentot galeri foto bugil 17 tahun sex bebas dan sex party sex ngentot galeri foto mesra Gambar17 tahun Gambar Bogel ngentot Gambar Hantu ngentot Gambar Lucah ngentot Galeri Gambar Cewek Bugil ngentot Gambar Noritta ngentot Gambar Norita ngentot Gambar Nurhaliza Siti ngentot Gambar Bogel Melayu Cerita 17 tahun Cerita Lucah ngentot
sex ngentot galeri foto zila bakarin sex ngentot galeri foto titi kamal sex ngentot galeri foto amatoriali sex ngentot galeri foto mulan ratu sex ngentot galeri foto model party indonesia sex ngentot galeri foto sex girang bugil sedang sex dan ngentot cowok dewasa bugil SMUN bugil anak smu cianjur hot heboh foto anak sma jual beli photo kama sutra terbaru pulsa photo yuk mojokerto bugil ratu felisha di bali bispak foto sex mayangsari bugil, foto gadis telanjang kontol bugil SMA foto telanjang pns pemkot bekasi gambar yuk mojokerto gadis bali bugil selebriti gadis malaysia Bugil 17 tahun Bugil ngentot Cewek Bugil ngentot Gambar Cewek Bugil ngentot Galeri Cewek Bugil ngentot Artis Bugil ngentot Artis Bugil Indonesia ngentot Bugil Indonesia ngentot Gallery Bugil ngentot Gadis Bugil ngentot Foto Bugil ngentot Gambar Bugil ngentot Memek Bugil ngentot Telanjang Bugil Skandal Skandal Melayu ngentot Skandal Norita ngentot Skandal Noritta ngentot Skandal Artis Melayu ngentot Skandal Melayu.com ngentot Forum Skandal Melayu Bogel 17 tahun Nasha Aziz Bogel ngentot Kl Bogel ngentot Lydiawati Bogel ngentot Jilat Pantat ngentot Gambar Pantat ngentot Main Pantat ngentot Pantat Anak Dara Kelentit 17 tahun Gambar Kelentit ngentot Biji Kelentit Lucah 17 tahun Cerita Lucah ngentot Gambar Lucah ngentot Cerita Lucah Malaysia ngentot Cerita Lucah Melayu foto sex cerita sex 17 tahun + indonesia bunga cintra lestari sex bugil dian sastro bugil foto smu wanita cinta laura bugil gambar 3gp bugil artis indonesia gratis gallery artis bugil indonesia gadis jilbab bugil gadis bandung bugil luna maya foto bugil indonesia cewek bandung foto bugil inul daratista bugil melayu bugil gadis sma bugil situs artis bugil indonesia cewek palembang bugil photo artis bugil indonesia bugil cianjur clas foto smu nia rahmadani bugil cianjur foto inul telanjang dewi persik bugil sandra dewi bugil artis cewek bugil indonesia gambar bugil gadis bandung artis bugil artis bali bugil indonesia free sex sulap dvd foto mayang sari indo smu 1 mojokerto, gambar porno pria bugil taffana dewi gadis sex berjilbab gadis smu purwoketo bugil hidden camera cewek indonesia foto hot Bunga Citra Lestari indo bugil memek abg smu bugil dari cianjur hidden camera cewek sex video call girl ceritaporno foto vagina dewi persik telanjang bulat
perawan sex gratis pembantu majalah porno indonesia dan majalah sex indonesia memek cewek kemben melorot MAN JEMBER ESEK-ESEK gambar vagina daftar tepon gadis panggilan yogya foto porno pns bekasi - 62k gigolo indonesia sma 2 cianjur foto bugil smu 1puri tantegirang ratu felisha foto Cewek SMA Bugil foto gigolo INDO SEX cewek smu sex photo video-bugil foto siswa cilegon komik dewasa situs sex gadis indonesia sma 1 mojokerto unmul juga bisa yuk mojokerto situs anak Smp Bugil endang kristi photo bugil ratu felisha sexy Artis Indonesia Cantik Seksi Bugil bandung gambar telanjang blowjob video bokep handphone Foto bugil siswi smu foto cerita panas dikamarnya bersama pacarnya, calon bupati sex mojokerto bugil JANDA foto bugil sma 2 cilegon anak smu telanjang di handphone cewek bugil heboh pesta sex cerita sexual gadis foto kamera tante kesepian bugil indonesia foto bugil sex foto info cewek bispak foto bugil cewek indonesia smu gambar bugil anak smu indonesia khusus dewasa sex anak sekolah 17tahun cerita seru cewe bugil gadis smu galery smu telanjang foto anak smu sex cerita sex indonesia gambar vcd bandung lautan asmara video smu bugil cantik sexy situs telanjang gadis jilbab ngentot daftar cewek bispak video prono anak smu foto hot gadis bandung ratu felisha telanjang alamat gadis panggilan bandung handphone cewe bispak foto bugil sma poto Anak SMP bugil VIDEO SEX bugil cewek ngentot foto telanjang telpon cewek panggilan bersetubuh bugi cewe nakal camera tersembunyi foto yuk mojokerto bugil video man 1 jember 17 tahun sex foto seks sma link situs porno indonesia phto abg indonesia al-azhar bugil gadis smu bugil smp soroako foto sma bugil pesona jilbab bugil smu cianjur video gambar gadis smu link dewasa model telanjang foto smu sex smp anak smu telanjang Siswi SMU abg bugil memek wanita gambar sex smu gadis bugil download 3gp bokep indonesia download 3gp gratis gadis smu telanjang ayam kampus
cerita sedarah indonesia sex situs hidden camera bugil smu 2 cianjur toket cewek berjilbab ratu felicia gambar hot gadis indonesia ngentot gadis smu bugil gratisan cowok cewek ngentot ratu felisha foto panas cewek bispak bandung ngintip anak kost mandi film siswi smu karaoke pemandu lagu bugil wanita berjilbab bugil cerita porno panas menggairahkan nia ramadhani bugil cewek masturbasi foto bugil nia ramadhani gambar bugil anak smu indonesia alamat tante girang di indonesia gay video sex smu 5 pekanbaru mahasiswi bugil pesta telanjang party sex gambar skandal pns
sex porno lucah cewek cantik seks gratis daftar wanita panggilan di jakarta lirik lagu Foto bugil smu gambar bugil gratis gambar telanjang gratis inul bugil marshanda telamjamg nia rahmadani foto sex 3gp situs hidden camera bugil smu 2 cianjur situs porno abg jakarta syur smu 5 pekanbaru video gadis diperkosaan VIDEO SEX INDONESIA ex yang banyak masuk ke blog ini diantaranya Foto bugil artis indonesia GAMBAR PORNO SMU TK film porno 3gp Agnes monica bugil bugil MEMEK SMA cerita dewasa sex cerita seks foto bugil sarah azhari dewi persik telanjang Foto Bugil Sandra Dewi cerita dewasa www.lalat.com telanjang tante girang yang mencari cowok Gambar Memek Maria Eva artis bugil Photo Telanjang sex situs cerita dewasa Film Porno .3gp memek artis indonesia sarah azhari foto cowok bugil Anak SMA 2 3gp artis indonesia telanjang poto porno pns bekasi arab sex daftar harga laptop terkini abg bugil sex bebas cewek panggilan foto ngentot Foto bugil artis indonesia gambar telanjang gadis 17 tahun FOTO BUGIL GRATIS cewek ngentot cerita panas foto ngentot artis indonesia gratis cewek cerita sex gambar memek pns bekasi - cerita seks indonesia foto bugil anak smu indonesia Jilat Memek Sandra Dewi cerita sex PHOTO ARTIS BUGIL INDONESIA cerita porno artis telanjang video bokep sma 5 bandung film bokep situs porno cewek berjilbab foto rahma azhari no hp tante girang jakarta pesona jilbab bugil foto sex anak smp hot bugil cewek indonesia sex foto cewek smu bugil kamera hp cewek smu ngentot dewi persik kemben melorot foto bugil gadis sexy gambar jilbab bugil pecinta gadis sex indonesia situs porno bokep gratis bisyar indonesia gratis gambar seksi tabloid hot webcam gratis Foto bugil Smu Gambar Memek Maria Eva kamera tersembunyi sexy film sex gratis foto bugil cewek kamasutra skandal pns bekasi memek gratis Uang wanita panggilan 3GP Maria Eva dan Yahya Zaeni download gambar artis porno idonesian sex site cewek cantik smu banyuwangi bugil vagina tante .3gp acara tv telanjang bea siswa fototantegirang gallery gambar c mahasiswi hp nia bokep pekalongan, gambar porno sex download video maria eva and yahya zaini album foto online ngentot lesbian sarah bugil sex mahasiswa foto nia rahmadani foto panas siswa sma cilegon Foto PNS Bekasi foto tiara lestari sengama foto vagina free foto pns bekasi bugil FREE PORNO INDONESIA mawar afi bugil nia rahmadani nia ramadhani bugil cerita sex 17 tahun bersetubuh NO Tlp cewe panggilan sample video sex indonesia sex anak SMA sex tante Agnes monica telanjangl Artis Agnes Monica bugil cewe sma bugil Daftar wanita panggilan esek-esek di udinus filem gadis bugil foto bugil siswi mojokerto foto porno smu bali sex katuk teli mekatuk di karaoke sambil cerita sex
tante gadis telanjang tante ngentot galeri foto siswi smu cianjur tante ngentot galeri foto agnes monica tante ngentot galeri foto model indonesia tante ngentot galeri foto artis telanjang tante ngentot galeri foto sarah azhari tante ngentot galeri foto sensasi tante ngentot growing family first galeri foto tante ngentot galeri foto majalah popular tante ngentot galeri foto hantu seram tante ngentot galeri foto sexy agnes monica telanjang tante ngentot sex galeri foto hantu indonesia tante ngentot galeri foto ayu azhari tante ngentot galeri foto sarah azhari telanjang tante ngentot galeri foto sensasi indonesia tante ngentot galeri foto taffana dewi trans tv tante ngentot galeri foto mayang sari dan bambang tante ngentot galeri foto radja band tante ngentot galeri foto sex bugil 17 tahun dan tante ngentot free galeri foto tante ngentot galeri foto smu1puri tante ngentot galeri foto bugil 17 tahun
Foto anak smu sex gambar rumah cewek mp3 baru smu ngentot gratis download sma bugil Anak SMA 3gp gadis arab bugil gadis jilbab telanjang gambar telanjang adegan hot mayangsari Jakarta Underground Gaya sex Smu Bandung Ngocok Memek Itil ABG SMA cewek bispak online Nia bugil siswi smp diperkosa situs sex dewasa photo kama sutra terbaru cowok gay tante girang gadis di perkosa Foto bugil anak SMP dan SMA Pesona gadis berkerudung gadis panggilan surabaya pijat panggilan jakarta 3gp smu gadis karaoke cianjur gallery gambar cewek bugil dunia artis bugil abg bugil sex bebas video ngentot 3Gp kumpulan cerita seks gadis smu bugil sex pns bekasi bugil video bokep handphone gratis 3gp artis muda indonesia telanjang cewek bugil heboh gambar cewek telanjang indonesia gratis gambar paha mulus siswa smu Rekaman Syur Siswa SMU sex bebastc-imgy download film sex Cari foto bugil anak smp sex bugil telanjang photo nia ramadhani foto bugil dewasa foto gadis telanjang Siswi smu seks foto artis bugil situs gambar Agnes monica bugil koleksi film bokep bugil video bokep gadis bugil foto sex sex pribadi kencan foto gigolo video mesum pns di klaten foto bugil gadis sma sarah ashari bugil foto syur siswi MAN 1 Jember gambar saru Foto Syur PNS Bekasi agnes monica telanjang gadis panggilan jogja cerita sex situs tante girang ABG telanjang cewe sma bugil 3gp bokep download gratis memek abg bugil ngentot 3gp sex video video mesum smu
Gambar Gadis Bugil di Friendster dan kamera tersembunyi di toilet sex anak SMA foto bugil indonesia gratis gambar forno klip video seks video sex Artis cantik merangsang foto bugil gadis sma bandungl foto anak SMA bugil 17 tahun sex foto porno pns bekasi selingkuh foto seks sma foto perkosaan memek cewek agnes monika bugil video cewek diperkosa indo sex shop gambar gadis bugil foto rahma ashari pria bugil dan cewek bugil cewek berjilbab telanjang tiara lestari telanjang mawar afi bugil gambar porno pns bekasi phone sex gratis di indonesia bokep janda nia rahmadani bugil ngentot rahma bugil siswi sma telanjang Cari Wanita Haus sex party zone
gw berharap semoga traffic yg kendor belakang ini bisa kembali kencang dan semoga blog sex ini kembali menguasai keyword di dunia perlendiran! hohohohoho….. sorry ya bro and sis




Peraturan Pelayaran Kapal Tanker di Perairan Indonesia

Posted: 02 Jan 2013 02:11 AM PST


Peraturan Pelayaran Kapal Tanker di Perairan Indonesia

 

  • MARPOL 73/78 merupakan hasil dari International Convention for the Prevention of Pollution from Ships tahun 1973 disempurnakan dengan Tanker Safety and Pollution Prevention Protocol tehun 1978. MARPOL 73/78 memuat beberapa Annex antara lain:
  1. Annex I yang memuat tentang peraturan-peraturan untuk pencegahan pencemaran oleh minyak.
  2. Annex II yang memuat tentang peraturan-peraturan untuk pengawasan pencemaran oleh zat-zat cair beracun dalam jumlah besar.
  3. Annex III yang memuat tentang peraturan-peraturan untuk pencegahan pencemarean oleh zat-zat berbahaya yang diangkut melalui laut dalam kemasan, atau peti atau tangki jinjing atau mobil tangki dan gerbong tangki.
  4. Annex IV yang memuat tentang peraturan-peraturan untuk pencegahan pencemaran oleh kotoran dari kapal.
  5. Annex V yang memuat tentang peraturan-peraturan untuk pencegahan pencemaran oleh sampah dari kapal.
  6. Annex VI yang memuat tentang peraturan-peraturan untuk pencegahan pencemaran udara dari kapal-kapal
  • Chapter V SOLAS 74/78 yang membahas mengenai peraturan dan kelengkapan navigasi untuk semua kapal.
  • Gobal Maritime Distress and Safety Systems yang membahas pengembangan sistim pemberitahuan keadaan bahaya dengan sistim otomatis, dapat dikirimkan hanya dengan menekan tombol.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Instalasi Elektrik.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Pembangunan dan Jasa Penyuplai.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Lambung.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Instalasi Permesinan.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Material.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Klasifikasi dan Survey.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Pengelasan.
  • Peraturan Badan Klasifikasi Indonesia tentang Otomasi.
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2010 tentang Angkutan di Perairan.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2010 tentang Kenavigasian.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2010 tentang Angkutan di Perairan.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2010 tentang Perlindungan Lingkungan Maritim.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhanan.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2002 tentang Perkapalan.
  • Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010.
  • Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional.
  • Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 02/PER/M.KOMINFO/03/2011 tentang Sertifikasi Radio Elektronika dan Operator Radio.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.1 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.71 Tahun 2010 tentang Tarif Angkutan Penyeberangan Lintas Antar Provinsi.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.1 Tahun 2010 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (Port Clearance).
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.2 Tahun 2010 Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.17 Tahun 2000 tentang Pedoman Penanganan Bahan/Barang Berbahaya dalam Kegiatan Pelayaran Di Indonesia.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.22 Tahun 2010 tentang Pengangkutan Barang/Muatan Antar Pelabuhan Laut di Dalam Negeri.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.33 Tahun 2010 Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.2 Tahun 2009 tentang Tarif Angkutan Penyeberangan Lintas Antar Propinsi.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.47 Tahun 2010 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.2 Tahun 2009 tentang Tarif Angkutan Penyeberangan Lintas Antar Propinsi.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.68 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.45 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.73 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.22 Tahun 2010 tentang Pengangkutan Barang/Muatan Antar Pelabuhan Laut di Dalam Negeri.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.83 Tahun 2010 Panduan Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur Transportasi.
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.04/2010 tentang Tata Cara Pemasukan dan Pengeluaran Barang Kena Cukai ke dan dari Kawasan yang Telah Ditunjuk sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.2 Tahun 2009 tentang Tarif Angkutan Penyeberangan Lintas Antar Propinsi.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.38 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Tarif Jasa Pelabuhan pada Pelabuhan Penyeberangan Lintas dalam Negeri.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM.45 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
  • Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Limbah di Pelabuhan.
  • Peraturan Bersama Menteri Perhubungan Dan Menteri Perdagangan Nomor KM.16 Tahun 2007 Nomor 21/M-DAG/PER/5/2007 tentang Pembentukan Forum Informasi Muatan dan Ruang Kapal.
  • Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2006 tentang Penyediaan Bahan Bakar Minyak dalam Rangka Pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional.
  • Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-28/BC/2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor P-21/BC/2009 tentang Pemberitahuan Pabean Pengangkutan Barang.
  • Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: UK.11/17/13/DJPL-10 tentang Pedoman Pencetakan Pengisian Dan Pelaporan Blanko Surat Persetujuan Berlayar.

Anjungan dan Kapal Penunjang Offshore Untuk Pengeboran

Posted: 02 Jan 2013 02:09 AM PST

Anjungan dan Kapal Penunjang Offshore Untuk Pengeboran

Data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tercatat bahwa terdapat 100 perusahaan migas (hulu) baik dari dalam negeri maupun luar negeri, apabila masing-masing mempunyai minimal 3 anjungan di lepas pantai maka terdapat 300 anjungan yang menetap di laut Indonesia.

1
Sebaran Anjungan di Indonesia (Majalah OffshoreEngineering)

Anjungan mempunyai perlakuan khusus dibanding pengeboran yang di darat, karena anjungan berada di atas air, sehingga membutuhkan peralatan kapal penunjang offshore.Kapal penunjang offshore mempunyai peran penting dalam membantu memproduksi minyak bumi yang berada di laut atau biasa disebut offshore .Kapal penunjang offshore terdiri dari Anchor Handling Tug, Supply Vessel, Offshore Drilling Support dan lain-lain.

Anchor Handling Tug atau biasa disebut dengan AHTS adalah kapal yang berfungsi mendukung kegiatan operasional di laut lepas seperti memasang dan memindahkan jangkar, mengangkut alat-alat instalasi pengeboran bawah laut. Suppy Vessel berfungsi sebagai pembawa peralatan untuk menunjang kegiatan di platform.Sedangkan Offshore Drilling Support adalah kapal yang membantu kegiatan pengeboran di dasar laut.

Kapal penunjang offshore berperan sangat penting dalam produksi migas dalam negeri.anggota badan dalam platform, sehingga apabila terdapat masalah di organ tubuh maka aktivitas menjadi tidak maksimal.

Kebutuhan Kapal Penunjang Offshore di Indonesia

Posted: 02 Jan 2013 02:07 AM PST

Kebutuhan Kapal Penunjang Offshore di Indonesia

Tidak semua perusahaan mempunyai kapal untuk menunjang anjungan atau bangunan lepas pantai mereka.Perusahaan minyak tersebut hanya menyewa.Berdasarkan data Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas), total kapal yang beroperasi di sektor hulu migas mencapai 531 unit.Sebanyak 12% hingga kini masih berbendera asing dan sisanya sebanyak 88% sudah Merah Putih.

Kapal yang masuk dalam 12% tersebut di antaranya adalah puluhan kapal AHTS yang belum ditender.Hal yang berpeluang untuk menginvestasi kapal penunjang offshore adalah dengana ditetapkan Asas Cabotage yang harus berjalan secara menyeluruh pada 1 Januari 2011.Asas Cabotage adalah peraturan yang mengharuskan kapal yang beroperasi di perairan Indonesia harus berbendera Indonesia, serta mempunyai ABK dari Indonesia.

1

Dibawah ini adalah data jumlah supply vessel berbendera Indonesia yang dibangun sebelum penetapan Asas Cabotage dengan clas dari BKI (Badan Klasifikasi Indonesia). Jumlah supply vessel yang berbendera Indonesia sebanyak 82 kapal. Sebagian besar masih aktif tetapi sudah berumur.

2

Apabila secara perhitungan kasar terdapat 100 perusahaan minyak baik dari dalam maupun luar negeri yang memiliki minimal 3 anjungan, maka terdapat 300 anjungan yang tesebar di Indonesia. Namun dalam operasional hanya terdapat 82 kapal supply vessel, 9 drilling support padahal total kebutuhan kapal penunjang adalah 531.

 Sehingga tidak heran apabila pengadaan 467 kapal offshore karena second hand untuk menjawab Asas Cabotage yang harus ditetapkan pada 1 Januari 2011( Berdasarkan Data Departemen Perhubungan Laut ) dan keterbatasan armada offshore agar migas tidak terganggu. Peluang didepan mata adalah 12% atau sekitar 64 kapal penunjang offshore yang harus dipenuhi untuk menunjang kegiatan produksi di anjungan.

Peluang ini ditambah oleh banyak kapal yang dibangun jauh sebelum asas cabotage atau sudah berumur tua (20 tahun keatas), sehingga untuk meningkatkan efisiensi perusahaan biasanya kapal yang telah berumur discrab, kemudian perusahaan penyedia jasa kapal penunjang offshore membangun kapal baru dengan jenis yang sama.  
Dapat disimpulkan bahwa terdapat 100 kapal yang harus dibangun dalam 5 tahun kedepan(20 kapal/ tahun ) untuk memenuhi kebutuhan offshore di Indonesia

Offshore Oil Platform

Posted: 02 Jan 2013 02:05 AM PST


Oil Platform

Oil platform ialah suatu struktur besar dengan fasilitas pengeboran, untuk mengekstrak ataupun memproses minyak dan untuk sementara menyimpan produk sampai dapat dibawa ke pantai untu pemurnian dan pemasaran.

Oil platform terdapat dua buah jenis, yaitu :
  • Platform tetap
  • Platform buatan atau platform mengapung
1
Platform Mengapung
Platform Tetap ialah platfor yang dibangun di atas beton atau baja kaki, keduanya berlabuh langsung ke dasar laut, mendukung dek dengan ruang untuk rig pengeboran, fasilitas produksi dan tempat awak.

Banyak sekali saat ini di segala penjuru dunia bermunculan platform=platform yang tetap ataupun yang terapung, yang memang digunakan semaksimal mungkin untuk menambang minyak ataupun gas. Banyaknya pemakaian platform-platform ini dikarenakan kemudahan serta keuntungan yang didapat saat penggunaannya. Bukan hanya itu saja platform-platform ini juga memiliki fungsinya juga, yaitu :
  • Untuk pengeboran sumur
  • Untuk mengekstrak minyak
  • Untuk memproses minyak hasil pengeboran
  • Untuk menyimpan minyak hasil pengeboran
Platform ini juga memiliki komponen-komponen penting yang memang harus ada pada saat penggunaannya karena komponen-komponen ini nantinya akan saling melengkapi dan dapat saling membantu untuk dapat membuat platform-platform ini bekerja semaksimal mungkin. Komponen-komponen dalam platform ini sangatlah banyak, namun pada makalah ini akan digambarkan secara sederhana bagaimana diagram gambar platform-platform tersebut.
  1. Lumpur tangki
  2. Shale shaker
  3. Pompa hisap
  4. Lumpur pompa
  5. Motor tenaga
  6. Selang vibrating
  7. Penggerak
  8. Standpipe
  9. Selang Kelly
  10. Leher angsa
  11. Travelling block
  12. Bor baris
  13. Crown block
  14. Kerekan
  15. Monkey Board
  16. Pipa bor (berdiri)
  17. Pipa rak (lantai)
  18. Swive;
  19. Kelly hard
  20. Meja putar
  21. Bor lantai
  22. Bell putting
  23. Pencegah ledakan (BOP) tipe annular
  24. Pencegah ledakan (BOP) tipe ram ram
  25. Bor string
  26. Drill bit
  27. Wellhead
  28. Garis aliran
2

 Sumber

FPSO Floating Production Storage dan Offloading

Posted: 02 Jan 2013 02:03 AM PST


Floating Production Storage dan Offloading (FPSO)

Floating Production Storage dan Offloading (FPSO) ialah jenis utaa dari sistem produksi terapung. FPSOs terdiri dari struktur monohull besar, pada umumnya Shipshaped, dilengkapi dengan fasilitas pengolahan. Platform ini berlabuh ke lokasi untuk waktu yang lama, dan tidak benar-benar mengebor minyak . beberapa varian dari aplikasi ini, sering disebut Floating Storage Offloading (FSO) yang digunakan secara eksklusif untuk tujuan penyimpanan, proses peralatan yang digunakaan.

 Ini adalah salah satu sumber terbaik untuk memiliki produk terapung.
FPSOs unit ialah kapal terapung yang digunakan untuk pengolahan hidrokabon dan untuk menyimpan minyak.sebuah kapal FPSO ini dirancang untuk menerima hidrokarbon yang dihasilkan dari dekat platform atau subsea template. FPSOs lebih disukai di daerah perbatasan lepas pantai karena mereka mudah untuk diinstal dan tidak memerlukan infrastruktur pipa local untuk ekspor minyak. FPSOs bisa digunakan dari konversi kapal tanker minyak atau dapat juga kapal yang dibangun khusus dengan aplikasi yang disesuaikan.

Gambaran penggunaan kapal tanker yang dikonversi menjadi FPSO unit
3
4
Ketika sebuah kapal tanker dipilih untuk mengangkut minyak, perlu untuk mengumpulkan sebuah minyak ke tempat-tempat lain ataupun ke storage-storage lainnya sehingga kapal ini tanker tidak terus menerus digunakan selama produksi minyak tersebut.
5
Gambar di atas merupakan gambaran kecil bagaimana produksi atau penambangan minyak dengan menggunakan FPSO. Dapat kita lihat disana bahwa FPSO unit di atas digunakan sebagai tempat storage atau penyimpanan minyak yang telah berhasil ditambang baik oleh platform-platform tetap di sekitarnya ataupun beberapa minyak yang ditambang di lokasi seabed yang masing dialirkan ataupun ditransfer dengan menggunakan riser-riser menuju ke FPSO unit tersebut.
Bebrapa fungsi yang dimiliki oleh FPSO unit sehingga banyak sekali FPSO unit ini digunakan di seluruh dunia, yaitu :
  • Untuk pengolahan Hidrokarbon
  • Untuk penyimpanan minyak hasil penambangan
  • Membantu proses pengeboran minyal
FPSO unit bukanlah platform yang sangat detail sekali karena FPSO unit tidak terlalu banyak komponen yang dibutuhkan sehingga FPSO unit ini dapat dengan mudah sekali dipersiapkan setelah dikonversi dari kapal tanker minyak yang berukuran cukup besar. Contoh gambaran beberapa equipment yang dibutuhkan ketika kapal tanker minyak dikonversi menjadi FPSO unit dapat dilihat seperti gamabar di bawah ini.
6
Beberapa equipment yang dibutuhkan, yaitu :
  • Shell sisi
  • Riser pull atau riser tarik
  • Riser winch Pull-In
  • Selang gulungan
FPSO unit juga memiliki kemampuan untuk melaksanakan bebarapa bentuk proses pemisahan. Jika unit ini tidak memiliki fasilitas tersebut umumnya ini disebut denga FSO. Proses produksi ini biasanya dilakukan dengan 3 tahap :
  • Pemisahan gas
  • Pemisahan air
  • Pemisaha minyak
Berikut data laporan beberapa FPSO unit yang beroperasi di Indonesia, yaitu :
  • Arco Arjuna FSO
  • Anoa Natuna
  • Kakap Natuna FPSO
  • MV8 Langsa Venture FPSO
  • Endeavour Utara

Single Point Mooring

Posted: 02 Jan 2013 02:01 AM PST

Single Point Mooring

Pada umumnya dalam penggunaan FPSO unit sering sekali penggunaan Single Point Mooring (SPM) disertakan dalam pola pengeboran dengan menggunakan FPSO unit. Single Point Mooring ini sangat efektif sekali dalam proses penambangan minyak sehingga sering sekali Single Point Mooring ini digunakan sebagai satu komponen dalam penambangan minyak bersama denga FPSO unit. Contoh gambar FPSO unit yang menggunakan Single Point Mooring dalam proses penambangannya.

2
1
Single Point Mooring adalah suatu struktur terapung berlokasi di lepas pantai yang berfungsi sebagai penambatan dan interkoneksi untuk muatan tanker atau pembongkaran produk gas atau cairan. SPM adalah hubungan antara subsea manifold geostatic koneksi dan weathervaning tanker. Salah satu kelebihan SPM, mampu menangani kapal ukuran apapun, bahkan kapal pengangkut minyak yang sangat besar sekalipun dimana tidak ada fasilitas alternatif yang tersedia.
3
Macam – Macam Tipe SPM (Barltrop 1998)
  • Fixed Tower
5
  • Catenary anchor leg mooring (CALM)
6
  • Single-anchor leg mooring (SALM)
  • Articulated loading platform (ALP)
  • Single point and reservoir (SPAR)
7
  • Single-anchor loading (SAL)
8
  • Turret mooring
9
Bagian Single Point Mooring
Ada empat bagian dalam sistem Single Point Mooring tubuh pelampung,  mooring (tambat atau elemen penahan), sistem transfer dan komponen lainnya. Semua bagian ini sama-sama penting.
10

a)      Tubuh pelampung

Tubuh pelampung biasanya didukung pada kaki statis melekat pada dasar laut, dengan bagian yang berputar di atas permukaan air yang terhubung ke kapal tanker loading. Dua bagian dihubungkan oleh bantalan rol, disebut sebagai "bantalan utama".Kapal tanker ditambatkan bebas di sekitar pelampung dan mencari posisi yang stabil dengan pengaturan yang sudah ditentukan.

b)     Mooring (Tambat atau Elemen penahan)

Mooring berfungsi menahan pelampung di dasar laut. Desain pelampung harus disesuaikan dengan kondisi atau perilaku angin, gelombang dan arus dan ukuran kapal tanker. Hal ini menentukan susunan Mooring optimal dan ukuran komponen kaki semua tambatan. Anchoring poin juga sangat tergantung pada kondisi tanah setempat.
11

Komponen Mooring

ü    Jangkar – Untuk menghubungkan tambatan ke dasar laut.
ü    Rantai jangkar
ü    Chainstoppers – Untuk menghubungkan rantai untuk pelampung.

Pengaturan tambang kapal

Sebuah kapal tanker ditambatkan ke sebuah pelampung dengan menggunakan tambang kapal. Susunan tambang kapal biasanya terdiri dari tali nilon yang diikat ke tambat yang ada di dek pelampung. Sistem tambang kapal menggunakan satu atau dua tali tambang tergantung pada ukuran kapal yang akan berlabuh ke pelampung.
  • Sistem transfer

Fungsi masing-masing pelampung adalah sebagai sistem transfer. Dari lokasi geostatic yang terletak di dasar laut lalu sistem ini mentransfer produk ke kapal tanker yang berlabuh di sekitar pelampung.
Komponen sistem transfer produk dari dasar laut adalah:
Flexible Subsea Hoses yang biasa disebut dengan "Risers".Floating Hose,Swivel, Valves(katup) and Piping(pipa).
12
  • Riser

Riser adalah selang fleksibel yang menghubungkan pipa bawah laut ke pelampung. Pengaturan riser ini dapat bervariasi tergantung pada kedalaman air laut, gerakan pelampung, dll

Floating Hose

Floating Hose menghubungkan pelampung ke kapal tanker. Floating Hose dilengkapi dengan lapisan yang banyak untuk mencegah pecahnya selang dan menghindari tumpahan minyak.

Swivel

Swivel adalah hubungan antara geostatic atau dasar laut dengan bagian yang berputar dari pelampung. Swivel mempuyai berbagai ukuran tergantung pada ukuran pipa yang terpasang dan riser. Swivel adalah jalur independen khusus untuk produk atau satu cairan yang akan di ambil dari dasar laut. Swivel dilengkapi dengan pengaturan segel ganda untuk meminimalkan kemungkinan kebocoran produk ke lingkungan.

b)     Komponen Lainnya

  • Sebuah Landing Perahu yang menyediakan akses ke geladak pelampung dari kapal Tanker.
  • Fendering untuk melindungi pelampung,
  • Toolkit untuk penanganan penanganan material yang rusak.
  • Navigasi maritim
  • Sebuah Subsistem Listrik untuk memungkinkan operasi katup dan navigasi atau peralatan lainnya.
Single Point Mooring
Sumber

Non Destructive Test Uji Tidak Merusak Material

Posted: 02 Jan 2013 01:58 AM PST

Uji Tidak Merusak Material (Non Destructive Test)

  • Radiography (X – Ray Test)
X – Ray Testing merupakan test pada hasil lasan yang bertujuan untuk mengetahui struktur bagian dalam dari lasan. X – Ray Test ini dilakukan untuk memeriksa ada tidaknya cacat lasan pada bagian dalam dari lasan itu sendiri, misalnya porosity dan crack. Pemeriksaan struktur bagian dalam lasan ini dilakukan dengan media sinar X. Dan hasilnya dapat dilihat pada artifak/film dimana seluruh struktur dari bagian dalam lasan dapat terlihat.
1
Keuntungan dari penggunaan metode ini adalah hasilnya berupa film fotografi yang premanen. Film yang digunakan tersebut diletakan pada bagian yang yang berlawanan pada bagian sambungan terhadap sumber sinar-X. teknik ini memberikan gambar dengan kualitas yang lebih baik dari sambungan, tetapi metode inspeksi ini memiliki kekurangan yang berbeda jika dibandingkan dengan Ultrasonic Test (UT) :
  1. Lebih mahal tiap satuan panjang dari sambungan (weld).
  2. Sangat berbahaya untuk pekerjaan struktur karena adanya radiasi.
  3. Tidak dapat digunakan untuk mencari keretakan pada bagian bersudut.
  • Dye Penetrant
Dye Penetrant merupakan test untuk mengetahui ada tidaknya crack pada weld (hasil lasan). Test ini sangat mudah dilakukan dan pelaksanaannya juga sangat singkat. Dye Penetrant terdiri dari :
  1. Pre – Treatment.
  2. Penetrant.
  3. Cleaning.
  4. Developer.
Dye Penetrant Test memiliki beberapa prosedur untuk dilakukan :
  1. Pre – Treatment (dapat berupa perlakuan panas terhadap hasil lasan yang harus dilakukan sebelum test dilakukan)
  2. Cleaning, yakni proses pembersihan pada daerah yang akan diperiksa dengan tujuan agar kotoran yang ada pada daerah tersebut tidak mengalangi cairan Penetrant (warna merah) dan Developer (warna putih).
  3. Penyemprotan Penetrant pada salah satu sisi dan kemudian dilanjutkan dengan penyemprotan Developer pada sisi yang lainnya.
  4. Terakhir, akan terlihat hasil dari test yang dilakukan. Jika terdapat/muncul warna merah seperti warna Penetrant pada sisi yang disemprotkan oleh Developer, berarti weld (hasil lasan) tidak bagus karena ditemukan adanya crack. Jika tidak muncul warna merah tersebut, maka hasil lasan tersebut sudah baik. Hasil test ini didapatkan setelah kurang – lebih 10 sampai 20 menit setelah proses penyemprotan Penetrant dan Developer.
2
  • PWHT ( Post Weld Heat Treatment )
PWHT merupakan perlakuan panas yang dilakukan untuk mengetahui besarnya suhu sebelum dilakukannya proses welding. Hal ini dimaksudkan agar pada saat dilakukan welding, suhu pada baja telah sesuai dengan standar yang digunakan. Untuk mengetahui berapa besar suhu pada baja dilakukan dengan cara menempelkan kapur khusus untuk PWHT. Jika kapur tersebut mencair pada saat ditempelkan pada pelat yang sebelumnya dipanaskan berarti suhu pada pelat tersebut sudah sesuai untuk dilakukan proses welding.
  • MPI ( Magnetic Particle Inspection )
Merupakan testing yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya crack pada weld. Magnetic Particle Inspection dapat dilakukan pada daerah yang tidak datar seperti pada pipa. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan pemancaran gelombang elektromagnetik. Dalam melakukan MPI kita harus melakukan beberapa langkah :
  1. Membersihkan area atau daerah weld ( lasan ) sebelum ditest.
  2. Setelah dibersihkan, daerah yang akan diperiksa tersebut diberikan sejenis penetrant ( warna putih ).
  3. Kemudian magnet ditempelkan di atasnya.
  4. Jika ditemukan adanya garis – garis seperti retak dan berwarna hitam atau gelap maka dapat dipastikan bahwa hasil dari lasan tersebut terdapat cacat crack.
3
Magnetic particle inspection
  • Ultrasonic Thickness Test
Pemeriksaan dengan metode ini dilakukan dengan menggunakan gelombang ultrasonic dengan frekuensi tinggi yang dipancarkan, biasanya pada frekuensi sekiar 2 MHz. Gelombang yang tidak diteruskan (dipantulkan) dari dalam pelat akan memberikan reaksi balik untuk diperiksa. Waktu yang dibutuhkan untuk pemancaran ke dan dari dalam pelat tersebut dapat ditampilkan dalam layar detektor dalam arah sumbu x. Ukuran dari sinyal yang kembali memberikan beberapa indikasi dari kualitas pelat tidak diteruskannya gelombang. Hal ini akan ditampilkan dalam sumbu y.
Prinsip yang sama dapat digunakan untuk sambungan las. Perbedaannya hanya pada ukurannya yang membatasi lokasi yang akan diperiksa, dimana harus selalu pada tempat yang permukaannya halus untuk meyakinkan terpancarkannya gelombang unltrasonic. Pada sambungan unjung (butt weld) dapat diperiksa dengan menggunakan metode ini dan untuk memeriksa pada bagian dengan bentuk yang tidak merata sudah dikembangkan dengan menggunakan system komputerisasi. Metode inspeksi ini sangat sensitive dan merupakan teknik yang baik untuk inspeksi.
Ultrasonic Thickness Gouging Test.
Ultrasonic Thickness Gouging Test atau UT Gouging Test merupakan tes yang dilakukan pada pelat. UT Gouging Test ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar atau ukuran dari pelat yang diperiksa. Besarnya toleransi atau batas minimum dari pelat yang diperbolehkan sangat tergantung pada badan atau biro klasifikasi.
Pada test ini digunakan alat khusus yang mengahasilkan gelombang ultrasonic. Dengan mengunakan alat tersebut akan didapat berapa besar ketebalan dari pelat yang diminta. Kemudian hasilnya dapat diberikan secara stastistik melalui laporan UT Gouging, dimana kita dapat melihat besarnya ketebalan pelat yang diperiksa.
Ultrasonic Thickness Flow Test.
Ultrasonic Thickness Flow Test atau UT Flow Test hampir sama dengan UT Gouging Test, tetapi pada UT Flow Test ini kita dapat mengetahui ada tidaknya cacat  pada hasil lasan ( welding ).
Kinerja pada alat UT Flow Test juga hampi sama dengan alat yang digunakan pada UT Gouging Test, dimana pada alat tersebut menghasilkan gelombang ultrasonic. Tetapi pada alat UT Flow kita dapat mengetahui jika di dalam lasaan (welding) terjadi porosity atau crack. Alat tersebut akan memperlihatkan pada ketebalan berapa dalam sambungan (welding) yang terdapat porosity atau crack.
  • Vacuum Test
Vacuum Test merupakan test yang dilakukan pada daerah jalur lasan (welding seams) untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran atau crack. Vacuum Test ini dilakukan hanya pada welding seams yang ditemukan pada pelat yang datar ( tidak melungkung ) dan bukan pada pipa.4
Setelah proses welding, untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran maka dilakukan vacuum test, yakni pada daerah welding seams yang baru tersebut dipasang vacuum tester (alat untuk Vacuum Test). Setelah alat tersebut terpasang, alat tersebut kemudian di vakumkan (disedot udara di dalamnya) sehingga menghasilkan daya hisap yang tinggi.
  • Air Test
Untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran pada tangki dapat dilakukan Air Test (dengan tekanan udara). Misalnya, jika terjadi proses perbaikan atau repair pada sebuah tangki dimana terjadi proses welding maka untuk mengetahui apakah hasil welding dari proses repair tersebut mengalami kebocoran atau tidak.
Dalam melakukan Air Test, pertama – tama ruang tangki dipastikan sudah kedap udara. Kemudian tangki tersebut diberikan pressure/tekanan dengan udara. Jika tekanan udara di dalam tangki tersebut mengalami penurunan maka dapat dipastikan bahwa tangki tersebut mengalami kebocoran dan perlu untuk diperbaiki.
Adapun Air Test ini merupakan general test yang dilakukan hanya untuk mengetahui adanya kebocoran atau tidak, tetapi tidak mengetahui letak kebocoran pastinya dimana.
  • Hydro Test
Test lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran pada tangki adalah Hydro Test (dengan air). Langkah – langkah dalam melakukan Hydro Test hampir sama dengan Air Test. Pertama – tama tangki sudah dipastikan kedap udara dan air (tidak ada lubang baik pada pelat maupun welding seams). Kemudian tangki diisi dengan air. Setelah itu tangki deberikan tekanan udara, jika ditemui adanya semburan air yang keluar dari tangki maka dapat dipastikan bahwa tangki tersebut mengalami kebocoran dan perlu segera diperbaiki.

Non Destructive Test Uji Tidak Merusak Material 

sumber

Calculation Of Single Point Mooring

Posted: 02 Jan 2013 01:56 AM PST

Calculation Of Single Point Mooring

Single point mooring is spot to mooring tanker or FSO, the purpose to maintenance from wave and wind that can destroy process of loading and unloading tanker. Beside that, SPM or single point mooring can be functioned as oil storage. Data bellow is about field condition on SPM aplication. Main parameter is cared sensitively on calculation of SPM, there are wave and tanker's mooring SPM, because stress from that will be continued to SPM from their resistance
Data Field

DOWNLOAD FULL CALCULATION

Kenapa panas di mesin harus dibuang dan bagaimana caranya

Posted: 02 Jan 2013 01:24 AM PST

Advance Thermofluid : Kenapa panas di mesin harus dibuang dan bagaimana caranya

Hukum Termodinamika menjadi teori wajib pada kendaraan yang menggunakan prinsip pembakaran.  Melalui pembakaran, kalor dapat dihasilkan untuk menggerakkan kendaraan. Namun aktualnya tidak semua kalor yang dihasilkan dalam pembakaran ditransfer menjadi kerja. Berikut salah satu contoh distribusi energi yang dihasilkan oleh energi setelah pembakaran yang ditandai oleh kalor.
1
Distribusi Energi Mesin

Jika dilihat dari grafik distribusi diatas, tidak semua energi dari hasil pembakaran diberikan menjadi energi gerak, pada contoh diatas hanya sekitar 25%, untuk couple pompa 4% (pompa water jacket, pompa oli, pompa bahan bakar, kipas radiator), gesekan antar penghubung yang berinteraksi 7%, gas buang 20%, pendinginan 20%, ketidak efektifan pembakaran dan irevisibelitas sebesar 24%.
Grafik diatas menunjukkan 25% kalor diserap oleh sistem pendingin. Nilai yang cukup besar dan wajib dibuang untuk menghindari overheat. Overheat erat kaitannya dengan keterbatasan ketahanan dari material mesin, material akan berubah sifatnya dari segi mechanical properties sebagai fungsi dari temperatur, dengan kata lain hal terburuk yang dapat terjadi ketika temperatur terlalu tinggi yaitu material menjadi meleleh, karena pada mesin tidak semua komponen yang berjumlah ratusan terbuat dari material yang sama, apabila hal ini terjadi maka kejadian fatal dapat mangancam keselamatan.

Memang pada dasarnya secara termodinamik pada proses pembakaran W = Q1-Q2, dimana Q1 adalah kalor hasil pembakaran, Q2 adalah kalor buang, dan W adalah kerja sistem. Apabila panas dari mesin tidak dimanfaatkan sehingga Q2 menjadi terjebak didalam mesin, maka temperatur lingkungan disekitar menjadi lebih tinggi. Dalam kaitannya ilmu perpindahan kalor bahwa Q sebanding dengan nilai ∆T, dimana temperatur dari sistem dikurangi temperatur lingkungan. Ketika temperatur lingkungan menjadi tinggi maka untuk membuang kalor dengan jumlah yang sama membuat temperatur sistem menjadi tinggi.

Dapat diketahui bahwa temperatur yang dibuang dalam hal ini Q2, apabila kejadian ini terus menerus membuat temperatur sistem dalam hal ini adalah mesin dapat naik terus menerus seiring dengan naiknya temperatur lingkungan. Dan ketika hal ini terjadi maka overheat mesin tidak dapat dihindari lagi. Selain itu, ketika temperatur mesin naik, dapat dimungkinkan terjadi auto-ignition  karena parameter thermodinamik dari bahan bakar. Apabila auto ignition terjadi maka hasil pembakaran dapat terganggu dan tidak maksimal, maksudnya pembakaran tidak sempurna sehingga terdapat gas buang yang berbahaya lebih banyak serta energi yang tidak optimal. Hal ini lah menjadi alasan kenapa kalor dari mesin harus dibuang menjadi cooling dalam contoh diatas sebesar 20%.

Dalam pembuangan kalor mesin seperti dijelaskan pada gambar diatas terdapat beberapa cara yaitu cooling dan exhaust, pada kalor di exhaust erat kaitannya dengan hasil pembakaran. Sehingga apabila kita ingin mengurangi kalor  bungan di exhaust maka komposisi dari air fuel ratio harus dijaga. Kemajuan teknologi telah mendorong secara elektronik dengan menggunakan sensor mendistribusi udara dan bahan bakar rasio sesuai kebutuhan. Apabila dilihat gambar dibawah, pembakaran sangat sempurna ketika hasil CO2 membesar. Ketika CO2 besar maka kalor yang dihasilkan menjadi maksimal dengan kata lain, energi atau kalor yang dibuang menjadi berkurang. Teknologi tersebut yang sedang trend di kendaraan beroda empat adalah Electric Fuel Injection (EFI) yang di kontrol di Elektrik Control Unit (ECU). Namun pendekatan membuang kalor secara komposisi udara dan bahan bakar dapat dibilang pasif artinya metode ini bersifat dinamik tergantung beban (idle, high speed,dll)

1
Air Fuel Ratio Mesin

Kemudian cara yang awam begitu familiar adalah melalui pendinginan. Pada salah satu kendaraan distribusi energinya menunjukkan bahwa sebesar 20 % diserap sebagai cooling system. Cooling system dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu yang pertama melalui sistem oli yang berfungsi salah satunya mendinginkan bagian yang bergesekan, kemudian sistem water jacket yang terdiri dari thermostat, pompa, dan radiator.

Kalor diserap secara konstan besaran karena fluida dijaga sebelum memasuk temperatur saturasi, dengan kata lain penyerapan kalor yang ditandai oleh temperatur dapat dibilang dari temperatur normal sampai 90oC-an. Ketika melewati batasan temperatur tersebut maka thermostat akan membuka dan fluida disirkulasi menggunakan pompa centrifugal yang akan didinginkan melalui konveksi paksa dan fin-fin pada radiator.  Sehingga penting menjaga performa thermostat agar dapat berfungsi sesuai temperatur yang diinginkan dan menjaga coil dan fin pada radiator agar terhindar kerak yang dapat mengganggu perpendahan kalor saat kalor dari fluida dibuang dilingkungan.

Sumber

Ice Slurry Pendingin Ikan Nelayan

Posted: 02 Jan 2013 01:20 AM PST


Ice Slurry Sebagai Pendingin Ikan Nelayan

Terdapat dua aspek lain yang mempengaruhi kwalitas ikan selain pendinginan, yaitu pengerjaan dan kebersiahan. Pengerjaan yaitu memotong bagian yang terluka untuk mencegah efek bakteri, sedangkan kebersihan dapat dilakukan dengan menghilangkan sumber bakteri dengan langsung membersihkan ikan setelah ditangkap dan menggunakan peralatan yang higienis. Namun dari ketiga efek diatas, efek pendinginan sangat dominan dalam menjaga kwalitas ikan.

Pendinginan ikan pada kapal ikan tradisional biasanya menggunakan es batu dan es flake. Dewasa ini, ice slurry menjadi pilihan populer terbaik karena performa ice slurry lebih baik dibanding es flake untuk menjaga kualitas ikan. Ice slurry sebagai pendinginan ikan dapat menjaga agar tidak ada udara antara ikan dan es, sehingga pendinginan ikan menjadi cepat karena luas permukaan bidang kontak lebih besar dan pertumbuhan bakteri menjadi lebih lambat yang membuat memperpanjang daya hidup ikan. (Wang et al,.1999).

Selain itu, karena pembuatan ice slurry dengan pemberian konsentrasi larutan, maka titik beku dari larutan yang lebih rendah membuat secara biologi mengaktifkan fungsi protein dan material probiotik dijaga  dari bahaya panas (T.Vajda,.1999).
Fungsi lain dari ice slurry terhadap pendinginan ikan adalah waktu pendinginan ikan tiga kali lebih cepat dibanding es flake untuk menurunkan sampai temperatur 2oC (J Paul,.2002).
1
Skema Instalasi Ice slurry Sistem Untuk Kapal Ikan (Wang et al,.1999)

Es Generator berfungsi sebagai alat penukar kalor dari air laut ke refrigeran sampai temperatur 8oC, kemudian air laut dengan temperatur rendah tersebut mengalir dengan bantuan pompa ke tangki lebih besar untuk menurunkan temperatur. Pada tanki tersebut biasa disebut tangki harvest (pemanen), karena pada tangki ini sistem pembuat ice slurry berada, misalnya scraper dan auger shaft yang membantu mengambil ice slurry yang timbul di dinding tangki. Tangki harvest biasanya dilengkapi oleh injeksi air laut untuk mendorong fraksi es yang berada diatas liquid karena masa jenisnya yang lebih rendah menuju tangki ketiga. Kemudian fraksi es pada tangki ketiga tersebut dicampur dengan air laut dan diaduk agar temperatur tetap terjaga, penambahan air laut ke tangki ketiga yang penuh dengan fraksi es karena faktor teknis dan produk yang didinginkan.

Batas Tidak Layak Makan Terhadap Temperatur Penyimpanan Ikan (Masyamsir, 2001)
2
Pemasangan alat pembuat ice slurry di kapal ikan biasanya untuk kapal nelayan berukuran besar (nelayan bulanan). Namun untuk di Indonesia pemanfaatan ice slurry dapat diaplikasikan pada kapal motor (inboard motor). Tidak semua ukuran kapal dapat memanfaatkan alat pembuat ice slurry karena beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, antara lain :
  • Tingkat kestabilan kapal.
  • Penambahan draft/kedalaman.
  • Jumlah hasil tangkapan ikan rata-rata.
  • Lama dan jangkauan mencari ikan.
  • Luas ruangan yang tertutup dan terbuka.
  • Tingkat ekonomi.
  • Kearifan lokal pengguna alat.
Ukuran kapal ikan diatas 20 GT di Indonesia berdasarkan data Kementrian Kelautan dan Perikanan (2010) berjumlah sekitar 155.922 unit atau 26 % dari total kapal ikan di Indonesia. Sistem nelayan di Indonesia dapat disebut gotong royong yang digambarkan dengan pemilik kapal mengajak saudara-saudara dan tetangga yang tidak mempunyai penghasilan untuk ikut berlayar. Dengan kata lain selain, faktor diatas juga harus dipertimbangkan tentang sifat masyarakat Indonesia. Harapanya adalah pendapatan nelayan dapat naik dengan penambahan teknologi namun tidak menghilangkan nilai gotong royong pada nelayan. Karena dengan teknologi baru bisa dimungkinkan pengurangan anggota nelayan pada kapal tersebut.
1
Kapal Ikan berukuran sekitar 20 GT di Muara Angke (Data Pribadi)

Sumber 

Problem-Solving Dynamic Fluid

Posted: 02 Jan 2013 01:17 AM PST

Problem-Solving Dynamic Fluid

  1. Water flow on parallel plat
    • Velocity max
    • Pressure drop
    • Wall sheer stress
    • Friction coefficient

  2. Water flow in annulus between two cylinder coaxial
    • Velocity max
    • Pressure drop
    • Wall sheer stress

  3. Determine displacement thickness and momentum thickness for boundary layer for laminar on flat plate with velocity distribution
  4. Numeric formulation for critical turbulent viscosity on mixer (galley equipment)
1
23
4
56
7
8
9 

Problem-Solving Dynamic Fluid

sumber

No comments:

Post a Comment