|   Mobil Avanza Buat Pelaut Di Batam     Posted: 29 Apr 2013 07:18 AM PDT Buat para pelaut di Batam yg sedang mencari mobil avanza, silahkan lihat iklan "Dijual Mobil Avanza Seri S Tahun 2011 Harga Termurah" dibawah ini, semoga pelaut Batam mendapatkan mobil avanza dibawah ini;Berikut Iklan Mobil Avanza Di Jual Murah khusus wilayah Batam   Mobil Avanza Seri S1.5 adalah mobil varian paling tinggi spec-nya di   kelas mobil sejuta umat Toyota Avanza, anda yg punya mobil avanza seri S   pasti menikmati kenyamanan paling enak naik mobil avanza         hari ini saya ingin menjual mobil toyota avanza seri s milik saya   ini, jual beli mobil di batam sangat tinggi mobilitas, harga toyota   avanza seri S tahun pembuatan 2011 seperti punya saya ini saat ini masih   tinggi harga di pasaran show room mobil di batam, harga toyota avanza   seri S tahun 2011 adalah Rp. 161 juta       berikut cuplikan iklan jual mobil avanza saya di forum jual beli batam     " Di jual cepat butuh uang, Mobil Toyota vanza Seri S1.5 Tahun 2011   Automatic, warna abu-abu metalik masih kinclong, kondisi body mulus   silahkan dicek sendiri, full aksesories, roof atap model CRV, speaker   subwoofer suara musik sangat bagus, lantai karpet, jok mobil sudah ganti   baru, mesin masih oke banget halus suaranya, pajak baru, asuransi baru,   tunggu apalagi yg berminat silahkan hubungi saya Ruly Abdillah Ginting   di hape 08127015790 saya buka harga Rp. 161 juta bisa nego sampai jadi   jika memang berminat, saya kasih diskon besar-besaran buat pelaut yg menawar hari ini !        | 
    |   Cara Mendapatkan Table ASTM dan Perhitungan Petroleum      Posted: 29 Apr 2013 07:13 AM PDT              Anda ingin bisa menghitung jumlah muatan minyak seperti bensin atau solar?   
   Kami akan memberikan kepada anda program perhitungan untuk muatan cair produk petroleum.   Program ini bisa digunakan untuk menghitung muatan minyak dikapal tanker atau oil barge (tongkang minyak).   
   Dapat   digunakan untuk menghitung semua jenis Produk turunan minyak petroleum   seperti gasoline(bensin, premium, pertamax), kerosine (minyak lampu,   minyak tanah), HSD (Solar, MGO), HFO (minyak bakar, minyak hitam), Avtur   dan lain sebagainya.   
   Kami juga memiliki Table   ASTM digital untuk Table 53, 54, 54B, 56 dan 57 , yang akan kami berikan   kepada anda gratis, sebagai bonus perkenalan.   
     <<<< (gambar tampilan program)     Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,-diskon khusus untuk pemesanan hari ini
 
   
   Jika anda berminat bisa menghubungi saya di nomor kontak dibawah ini:   
     Sholeh Binaga Ginting, Griya Batuaji Asri Blok X No. 20 - Batam Email : info@draftsurveysoftware.com Handphone: 08127015790 Yahoo Msg:     Pembayaran bisa dilakukan dengan mentransfer uang ke rekening dibawah ini:      Hanya Rp. 285.000 Saja   Silahkan Lakukan Pembayaran Ke Rekening Dibawah Ini   BCA Cabang Nagoya - Batam   No Rekening : 3403431059      Bank Mandiri Cabang Batam Industrial Park   No Rekening : 1090009967308      Bank BNI Cabang Sei Panas - Batam   No Rekening : 0214822882      Bank Syariah Mandiri - Batam   No Rekening : 0387116703      terima kasih atas kepercayaan anda berbisnis dengan kami, software pesanan anda akan segera kami kirimkan ke alamat email anda.    _________________________________________      Rp. 500,000,-   
   Pembelian hari ini akan kami berikan bonus-bonus tambahan seperti:   
   1. Link ke Ebook dibawah ini:   |
 |
 | Ebook for Surveyor | 
 |  | Info of Draft Master | 
 |  | Forum Bulk Draft Surveyor |  | Remarks sea level for draft survey |  | The secret of Draft Survey |  | Oil & Gas Salary Guide |  | Basic ship's pipe information |  | FOSFA procedures | 
 |  | Surveyor for Draft survey |  | Towing & Lashing Survey |  | Condition Survey | 
 |  | On Hire & Off Hire Survey |  | Chartering Terms Guide |            Modul   Draught Survey Code uniform Standard International, Modul training   draft survey by Naval Architect consultancy, Rumus Manual Draft Survey,   Rumus Interpolasi, Cara Membaca Sea Level Condition, Modul tentang Ship   Stability for Masters and Mates Sixth Edition dan Modul Cargo Securing   Model Manual - guidance  2. Modul-modul dibawah ini:            3. Applikasi dibawah ini:   Ditambah   bonus rumus perhitungan muatan cair seperti perhitungan CPO atau Minyak   Sawit Mentah akan kami berikan untuk anda sebagai bonus !!   
           4. Akses Gratis Download Ebook dibawah ini:   Index of /download  
   Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,-   
     diskon khusus untuk pemesanan hari ini   | 
    |   Cara Draft Survey Kapal Tongkang     Posted: 29 Apr 2013 07:12 AM PDT Cara Draft Survey Kapal Tongkang    Bagaimana cara menghitung Draft Survey Kapal Tongkang ataupun kapal kargo, silahkan lihat tulisan dibawah ini;                                   Dengan Program Draft Survey ini anda bisa menghitung muatan kapal dengan                              mudah, anda sudah tepat menemukan website ini.                                                          Jika Anda   Memiliki Program Perhitungan DraftSurveySoftware.com Ini Anda Bisa   Menguasai  Perhitungan Draft Survey Kapal,  Bagi Anda yang berminat saya   akan membagikan ilmu ini!                               Disini Saya akan   berikan Software untuk Program perhitungan Draft Survey Kapal atau   Tongkang yang sangat mudah untuk digunakan, Bisa dipakai oleh siapa saja   termasuk kepada anda tentunya, software ini berbasis pada windows excel   yang  saya yakin sudah anda kenal, sehingga mudah dijalankan disemua   komputer    Di Buat  Berdasarkan Pengalaman Pribadi!                                                                                        |   |                                                                                                               |  | Bagaimana mengetahui jumlah muatan kapal dalam      5 menit dan keakuratan hampir 100% hanya dengan menggunakan software ini? |                                        |  | Bagaimana      mengetahui nilai konstan kapal secara otomatis? |                                        |  | Bagaimana membuat template Tanks Sounding dan      Ballast water sekaligus dari 1 software ini. |                                        |  | Bagaimana        mendesign sebuah Certificate of Quantity, Ship's Particular dan Cargo        Particular Templates serta  Draft      Statement template? |                                        |  | Dan masih banyak lagi, semua 100% berguna      dilapangan bagi surveyor dan perwira kapal! |  |     Draft   Survey Software ini sangat  dicari oleh Pelaut, Calon Pelaut, Mahasiswa,   Calon Naval Architect, Kadet yang sedang belajar di sekolah Akademi   Pelayaran, semua orang yg bekerja di dunia maritime, Mahasiswa Akademi    Pelayaran, Marine Surveyor, Ship's Officer, Super Cargo, Loading Master,   Cargo  Engineering, P & I Cargo Surveyor, Cargo Officer, owner   kapal, ship's broker, asuransi, shipping agency, Beginner Surveyor,   Junior Surveyor atau Senior Surveyor    Tunggu apalagi segera miliki  software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,-diskon khusus untuk pemesanan hari ini
 
   
    Hanya Rp. 285.000 Saja                              Untuk Anda ketahuiBiaya Kursus Training Draft Survey
 saat ini oleh Lembaga seperti AISI adalah Rp. 5,000,000,-
 
 
    "Draft Survey Software akan dikirim ke alamat email anda "                  Dapat bonus eBook dibawah ini jika anda memesan sekarang juga !                    | Ebook for Surveyor |  |                                | Info of Draft Master |  |                                | Forum Bulk Draft Surveyor |                                | Remarks sea level for draft survey |                                | The secret of Draft Survey |                                | Oil & Gas Salary Guide |                                | Basic ship's pipe information |                                | FOSFA procedures |  |                                | Surveyor for Draft survey |                                | Towing & Lashing Survey |                                | Condition Survey |  |                                | On Hire & Off Hire Survey |                                | Chartering Terms Guide |  
     Setiap Pembelian Draftsurveysoftware.com akan mendapatkan :  Program Perhitungan Draft Survey Software ditambah dengan bonus   e-book Modul Draught Survey Code uniform Standard International, Modul   training draft survey by Naval Architect consultancy, Rumus Manual Draft   Survey, Rumus Interpolasi, Cara Membaca Sea Level Condition, Modul   tentang Ship Stability for Masters and Mates Sixth Edition dan Modul   Cargo Securing Model Manual - guidance
 Ditambah rumus perhitungan   muatan cair seperti perhitungan CPO atau Minyak Sawit Mentah akan kami   berikan untuk anda sebagai bonus !!
   Tunggu apalagi segera miliki  software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,-diskon khusus untuk pemesanan hari ini
 
   
    Hanya Rp. 285.000 Saja      Silahkan Lakukan Pembayaran Ke Rekening Dibawah Ini         BCA Cabang Nagoya - Batam         No Rekening : 3403431059                   Bank Mandiri Cabang Batam Industrial Park         No Rekening : 1090009967308                     Bank BNI Cabang Sei Panas - Batam         No Rekening : 0214822882                     Bank Syariah Mandiri - Batam         No Rekening : 0387116703                 terima   kasih atas kepercayaan anda berbisnis dengan kami, software pesanan anda   akan segera kami kirimkan ke alamat email yang telah anda daftarkan   kepada kami                              
 Anda juga bisa membayar menggunakan paypal,
 please arrange your payment USD 30.00 for this valuable program & Bonuses to our paypal account at ruly.abdillah@gmail.com
 Paypal Account
 
        
     Khusus warga negara Indonesia kami berikan diskon khusus untuk hari ini saja  
   
    Hanya Rp. 285.000 Saja                           | 
    |   Ketika Istri Pelaut dan Oknum Polisi Digerebek     Posted: 29 Apr 2013 07:07 AM PDT   Ketika Istri Pelaut dan Oknum Polisi Digerebek   Mengetahui istrinya berselingkuh, membuat seorang pelaut berinisial Ss (42) ini   marah. Kamis (7/3) dinihari pelaut kapten kapal itu menggrebek istrinya saat   berkaraoke di VIP room, Sphinx di Batam/ Rd (37) sang istri ditangkap tangan   sedang happy bersama Af, yang diduga selingkuhannya. Af sendiri   diketahui merupakan seorang oknum polisi. Alamak!   Saat penggerebekan, Ss tidak seorang diri. Selain bersama   teman-temannya, dinihari itu dia bersama seorang anggota Propam Polda   Kepri. Hal itu dilakukannya karena Af seorang oknum polisi. "Makanya   kita lapor polisi dulu," ujar Ss ditemui POSMETRO usai penggerebekan.
   Diceritakan Ss, aroma perselingkuhan itu sudah diendusnya sejak setahun   belakangan ini. Kecurigaannya itu bermula ketika uang untuk kebutuhan   hidup untuk istrinya kerap habis, dan istrinya kerap meminta uang lebih.   Padahal menurutnya uang yang diberikannya untuk kebutuhan hidup tiga   orang anaknya dirasa sudah lebih dari cukup. "Saya sudah habis ratusan   juta rupiah. Itu baru uang aja," ungkapnya.
   Karena itu, ia pun mulai menyelidikinya. Tapi sebagai pelaut yang lebih   banyak menghabiskan waktu di laut tidak cukup waktu untuk mengorek   informasi. "Saya coba bersabar," ujarnya.
   Setiap turun ke darat lanjut Ss, ia mengumpulkan sedikit demi sedikit   informasi perselingkuhan istrinya. Ia sangat kaget ketika mendengar   bahwa teman spesial istrinya ternyata Af, yang sesungguhnya sudah lama   dikenalnya. Ia pun tak menyangka Af menyelingkuhi istrinya. "Sudah   anggap kawan lah," ujarnya kesal.
   Masih cerita Ss, Rabu pagi merupakan jadwalnya untuk kembali berlayar.   Ia pun berpura-pura berangkat dari rumah dengan membawa semua   perlengkapan berlayar. Yang ngantar ke pelabuhan istrinya sendiri.
   Nah, melihat istrinya sudah pergi dari pelabuhan lanjut Ss, ia pun mulai   beraksi. Turun kembali dari kapal dan mulai membuntuti istrinya. Dugaan   istrinya akan pergi dengan Af benar adanya. Bersama istrinya,   ungkapnya, Af jalan-jalan keliling Jodoh, Nagoya. Mereka sempat mampir   di salah satu ATM dan mengambil uang. Habis itu makan siang di restoran.   Malamnya baru menghabiskan waktu di tempat hiburan.
   Berbekal bukti-bukti yang didapatkannya itu, Ss beraksi. Tak tahan lagi,   ia kemudian merengsek masuk ke dalam ruang VIP 21 Sphinx Entertaint.   Meski sudah masuk ke ruangan itu, istrinya tak mengetahui kedatangannya.   Pasalnya, ruangan sangat gelap, semua lampu di ruangan itu mati.
   Istrinya yang tengah asyik bergoyang di ruang karaoke mengiringi   dentuman house music baru sadar kedatangan Ss setelah lampu dihidupkan.   Ia pun terperanjat, kaget. Sementara itu Af yang diduga selingkuhannya   itu sudah diamankan Propam. Ss dan istrinya sempat bersitegang. Af   terlihat tak dapat berbuat apa-apa lagi.
   "Ada apa ini bang. Kami tak ada apa-apa," kata Af pada Ss. Tapi sang pelaut Ss tak   mau ambil pusing. Ia pun membawa istrinya keluar dari ruangan tersebut.   "Saya tak mau lagi. Saya akan ceraikan dia. Saya juga akan membuat   laporan ke Polda malam ini juga," kata Ss yang tak bisa membendung   amarah.
   Sementara itu Rd membantah berselingkuh dengan Af. "Kami cuma berteman   aja," kata wanita berkulit putih tersebut. Ia mengatakan sangat kecewa   dengan penggerebekan itu. "Padahal perilakunya lebih dari ini," kata   wanita berambut lurus sepunggung itu. RD hanya diam saat diancam akan   dicerai.
  | 
    |    Kisah pelaut penggila wanita     Posted: 29 Apr 2013 07:01 AM PDT Kisah pelaut penggila wanita    Perairan kota baru.Tentunya kita tak heran atau bahkan sering   mendengar kisah seorang pelaut,di mana rata rata seorang pelaut adalah   penggila wanita atau PK. cerita ini aku mulai mengerti saat aku berteman   dengan para penahluk gelombang tersebut,.. aku baru saja bergabung   dengan mereka mereka yang saat ini telah menahlukan gelombang di   berbagai negara,       Ada kisah menarik dari pengalaman para pelaut tersebut, dan rata rata   yang mereka ceritakan adalah soal berbagai jenis dan size wanita,di   suatu sore hari, disaat matahari mulai mengerjakan tugasnya mengitari   bumi, kadang kala di saat para pelaut Kapalnya sandar di tepian dermaga,   kami sering berkumpul dan bercengkrama, mengisahkan jalan cerita hidup   yang pernah di jalani,aku sebagai orang awam tentang kelautan dan   prilaku orang laut,saya sedikit kagum sekaligus heran atas kisah kisah   yang mereka alami dan jalani,.       Sangat menyenangkan berkisah dengan para pelaut, meskipun yang di   jalaninya menurutku hal yang sangatlah aneh dalam pemikiran saya,suatu   ketika di saat kami sedang bercerita tentang pengalaman melaut,. ada   bapak bapak dari indonesia timur yang berkisah sangat menyenangkan untuk   di dengarkan, bapak tersebut berasal dari BAU BAU sultra,dia bercerita   pengalamanya semasa melaut,..      Heyyy,.. tahu kah kau, aku ini udah melaut sekitar 40 tahunan,…dan aku   berlayar ke berbagai penjuru dunia,seperti amerika latin,jerman,   thailand,china,dan jepang,…. jadi kau tak usah banyak cerita kalau soal   masalah wanita kepadaku,dulu waktu aku masih muda,tapi aku udah   beristri,.saat aku melaut ke negara manapun aku selalu mencari wanita   untuk bersenang senang,dan istriku pun tahu kalau aku suka main   wanita,kadang kala saat aku lagi bercinta, istriku menelepon, dan ku   bilangi. aku lagi bercinta dengan wanita lain,.. istriku tidak marah,.   asalkan wanita tersebut beli, bukan aku nikahi,..istriku tidak pernah   marah di saat aku mabuk, istriku tidak pernah marah meskipun aku dalam   keadaan bercinta,.. itulah hebatnya istriku,. makanya, setiap kapalku   bersandar di dermaga negara manapun, aku selalu sempatkan untuk mencari   wanita,..dan aku sudah merasakan berbagai macam wanita, jadi,, kalau   bercerita yang begituan aaahh,. nggak ada apa apanya ma aku,. tapi kini    aku sudah berhenti,       Ku bilangi kau semuanya,…" Aku ini sudah merasakan wanita berbagai   macam, wanita india,china, amerika, jerman,yang kulit hitam atau   negro,.. itu semuanya rasanya sama saja,. jd nggak usah heranlah   kau,semuanya barangnya lurus,. tidak ada yang melintang,.makanya kini   aku berhenti"..Karena aku kena penyakit kelamin, dan aku berobat ke singapore, aku   mulai sadar,.. gara gara beli wanita dengan harga 400rb, aku suntik   bayar 1.5jt sekali suntik,.. beeee, berhentilah aku, belum lagi   berobatku di ketahui oleh kantorku bekerja,malu aku jadinya,..       Jadi saat ini, nggk usahlah kau main main wanita, percuma, karena   rasanya pastilah sama saja, lurus semua itu barangnya, tidak ada yang   melintang,..
 aku tertawa terbahak bahak mendengarkan kisah para pelaut dengan kisah   yang berbeda, tapi dengan tujuan yang sama,yaitu wanita,banyak yang bisa   saya ambil hikmahnya dari para pengalaman seorang pelaut,yaitu, cukup   dengan satu istri itu ternyata lebih baik dan menguntungkan,banyak   cerita dari seorang pelaut yang bisa di ambil hikmahnya, dan kita   renungkan dampak baik dan buruknya, meskipun banyak cerita cerita yang   konyol ketika di alaminya,..     cerita diatas hanyalah fiksi belaka, jika ada kesamaan cerita dan pelaku dari pelaut itu hanya kebetulan saja
  | 
    |   Sebuah Film Tentang Kapten Kapal Perempuan     Posted: 29 Apr 2013 06:55 AM PDT Sebuah Film Tentang Kapten Kapal Perempuan  
  Film    ini menghebohkan, karena banyak adegan panasnya, sehingga sensor    menyikat habis film ini. Tetapi peredaran DVD masih menggunakan materi    film asli yang tanpa sensor. Mungkin ada baiknya bila mau bikin DVD,    materinya harus yang sudah lulus sensor, baru di cetak DVD-nya. Bukan    material aslinya, hanya ini masukan yang berarti dari saya. 
 Ceritanya tidak perlu jelas, yang jelas ada cewek seksi dan adegan panasnya.
 
 Kisah  tentang Wulan   (Debby Cyntia Dewi), kapten sebuah kapal penumpang denga  dua anak   buahnya yang juga cewek dan jadi pelaut untuk lari dari masa  lalunya   yang pahit. Kisah berawal waktu merapat. Wulan dijambret dan  dibantu   Johan (Georde Rudy)    lalu jadi kawan akrab. Anak buah Wulan yang bekas pelacur diculik oleh    germonya, tapi bisa lepas. Lalu kisah suka-duka di dalam kapal yang    dihadapi cewek-cewek pelaut itu.    link film di youtube silahkan cari sendiri, kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan film ini
  | 
    |   Pemuda Papua Diimbau Masuk BP2IP Sorong     Posted: 29 Apr 2013 06:51 AM PDT Pemuda Papua Diimbau Masuk BP2IP Sorong  Bupati   Kabupaten Sorong, Papua Barat, Dr Stefanus Malak M Si minta agar pemuda   di Papua Barat dan daerah lainnya di kawasan timur Indonesia mau   dididik di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong.        Pasalnya, saat ini lapangan kerja, khususnya PNS, makin sulit karena   kuotanya terbatas. Satu-satunya peluang besar pekerjaan adalah di bidang   kelautan (berlayar--Red) dan media pendidikannya adalah melalui BP2IP   Kementrian Perhubungan, kini berada Saoka, Sorong.   "Ini peluang pekerjaan bagi para pemuda di kawasan Timur Indonesia.   Karena, negara kita adalah negara kepulauan maka bidang kelautan   merupakan potensi besar untuk mempekerjakan tenaga kerja di bidang   pelayaran. Dan, kesempatan besar untuk mendidik tenaga kerja dibidang   pelayaran saat ini sudah ada di Sorong. Tidak seperti sebelum ini, harus   mengenyam pendidikan tersebut di Makasar atau di Pulau Jawa," kata   Bupati Malak di Sorong, kemarin pagi.   Kepala Seksi Penyelenggara Diklat & Kesiswaan BP2IP Saoka Sorong,   Captain Faisal Saransi MT M Mar, ketika dikonfirmasi, mengatakan,   kehadiran lembaga pendidikan dan pelatihan ini untuk mendidik para   pemuda di Papua dan sekitarnya menjadi pelaut yang profesional.   "Untuk keterwakilan daerah siswa, putra Papua 80 persen dan 20 persennya adalah para pendatang," kata Faisal.   Namun demikian, BP2IP Saoka Sorong saat ini menerima siswa bukan saja   dari Papua dan Papua Barat. Tapi, siswa dari Maluku, NTT, NTB, Bali,   Sulawesi hingga Jawa dan Aceh.    Dikatakannya, di BP2IP Sorong saat ini siswa dididik untuk fasih   berbahasa Inggris dan Jepang. Karena, kapal asing yang mempekerjakan   tenaga kerja pelaut itu dengan persyaratan harus bisa berbahasa inggris   mau pun bahasa Jepang.   Angkatan pertama yang sudah menginjak semester IV, siswanya 64 orang   semuanya sudah lancar berbahasa Inggris dan Jepang. Serta profesional di   bidangnya apakah nautika atau mesin. Rencana wisudah September tahun   ini, langsung sudah disiapkan pekerjaan sehingga para siswa tak lagi   kesulitan mencari pekerjaan.   Tenaga pengajar saat ini 25 guru tetap dan guru bantu dari navigasi,   Adpel dan beberapa dosen dari perguruan tinggi setempat. Sehingga, tak   ada masalah karena tenaga pengajar sudah benar-benar profesional di   bidangnya.   Seorang siswa, Agus yang ditemui wartawan, mengaku bahasa Inggris dan   bahasa Jepang benar-benar ditanamkan kepada para siswa BP2IP Sorong.     "Saya bersyukur karena dengan bersekolah di BP2IP Saoka Sorong ini,   kini saya sudah bisa berbahasa Inggris dan jepang. Semoga para pemuda   Papua dan Papua Barat lainnya mau masuk di BP2IP Sorong ini untuk meraih   masa depan yang lebih baik lagi dari sekarang ini," kata Agus.  | 
    |   PIP Semarang Wisuda 166 Lulusan Diploma IV     Posted: 29 Apr 2013 06:49 AM PDT PIP Semarang Wisuda 166 Lulusan Diploma IV    Setiyo Budiyono dari prodi Nautika dan Afif Nurdani Arifin dari prodi   Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menjadi wisudawan   terbaik pada wisuda ke-76 Perwira Pelayaran Besar program diploma IV   PIP, Jumat lalu.  Sebanyak 166 lulusan diwisuda oleh Direktur PIP Semarang Capt Bambang   Purnomo M Mar yang ditandai dengan pemercikan air tujuh samudera oleh   Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir Santoso Eddy Wibowo MSi di   lapangan utama kampus Jl Singosari.
 Direktur PIP menjelaskan, para wisudawanberhak memperoleh sertifikat   keahlian pelaut, yaitu ahli Nautika tingkat III untuk prodi Nautika dan   Ahli Teknika tingkat III untuk prodi Teknika.
 Selain itu mendapat ijazah Diploma IV dengan sebutan profesional Sarjana   sains Terapan Pelayaran (SST Pel). Sejak berdiri tahun 1951 hingga kini   PIP telah meluluskan 7.689 orang termasuk mereka yang diwisuda   tersebut.
 Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir Santoso Eddy Wibowo MSi   mengungkapkan, tak sedikit kapal domestik yang masih diawaki para pelaut   berkewarganegaraan asing. Itu sebabnya perlu dipersiapkan para kader   perwira pelayaran niaga yang memadai baik kualitas maupun kuantitasnya.
  | 
    |   Indonesia Harus Kembali ke Negara Bahari     Posted: 29 Apr 2013 06:49 AM PDT Indonesia Harus Kembali ke Negara Bahari  Mungkin   tidak semua orang setuju dengan pelekatan istilah negara bahari untuk   Indonesia. Tapi bukti-bukti sangat kuat mengarah ke sana. Bukti kejayaan   bahari Bangsa Indonesia telah ada sejak zaman pra-sejarah adanya   temuan-temuan situs di gua-gua Pulau Muna, Seram dan Arguni dipenuhi   oleh lukisan perahu-perahu layar, menggambarkan bahwa nenek moyang   Bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut.      Robert Dick-Read telah melacak jejak armada laut Nusantara bahkan   hingga Madagaskar. Dalam karyanya, The Phantom Voyagers: Evidence of   Indonesian Settlement in Africa in Ancient Times (2005), ia mendalami   riset tentang jejak peradaban bahari nenek moyang manusia Indonesia.   Ia telah menemukan jejak di perairan sekitar Kalimantan dan di selat   antara Singapura dan Sumatera yaitu sejumlah besar orang laut atau suku   bangsa yang hidup dengan kultur dekat dengan laut, seperti orang Tambus,   orang Mantang, orang Barok, orang Galang, dan lain sebagainya.   Di antara Sulawesi dan Mindanao, terdapat suku Somal yang gemar   berperang yang memiliki perahu jenis kora-kora. Pada 1847, kapal uap   Inggris, Nemesis, berjumpa dengan armada yang terdiri dari 40 sampai 60   kapal perompak berjenis itu. Kapal tersebut terdiri dari berbagai tipe   ukuran yang dapat menampung awak berjumlah 40 hingga 80 orang. Kemudian,   keberadaan orang Bajo yang terkenal, sangat mungkin menjadi angkatan   laut Sriwijaya.   Keberadaan kerajaan adidaya masa lampau seperti Sriwijaya maupun   Majapahit yang menunjukkan corak maritim. Di Candi Borobudur terpahat   relief gambar perahu layar dengan tiang-tiang layar yang kokoh dan telah   menggunakan layar segi empat yang lebar.    Kerajaan-kerajaan Indonesia yang melegenda adalah kerajaan maritim   besar seperti, Kerajaan Tarumanegara (358 M - 670 M), Mataram Kuno (732 M   - 928 M), Sriwijaya (683 M - 1030 M), Majapahit (1293 M - 1500 M)   memiliki armada laut kuat, menguasai jalur perdagangan lintas laut   hingga pelayaran internasional sekaligus menanamkan pengaruh dan   interaksi budaya.   Untuk melestarikan sejarah kemaritiman, Negara Indonesia telah   membangun Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan, Sunda Kelapa, Jakarta   Barat. Di sini, terdapat beberapa koleksi-koleksi ragam jenis perahu   tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman   VOC. Serta, model dan miniatur kapal modern. Juga peralatan yang   digunakan oleh pelaut di masa lalu seperti alat navigasi, jangkar,   teropong, model mercusuar dan meriam.   Dapat dijumpai pula koleksi biota laut, data jenis dan sebaran ikan di   perairan Indonesia dan aneka perlengkapan serta cerita dan lagu   tradisional masyarakat nelayan Nusantara. Museum tersebut menampilkan   koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, serta profil tokoh-tokoh maritim   Nusantara.    Dalam hal kemaritiman/kelautan, posisi strategis Indonesia memberikan   manfaat setidaknya dalam tiga aspek, yaitu, alur laut kepulauan bagi   pelayaran internasional (innocent passage, transit passage, dan   archipelagic sea lane passage), luas laut territorial yang mempunyai   sumberdaya kelautan melimpah, dan sumber devisa luar biasa jika dikelola   dengan baik. Melihat hal tersebut, peran ilmu pengetahuan dan teknologi   di bidang perikanan dan kelautan sangatlah penting dan hendaknya   senantiasa ditingkatkan.   Untuk menguatkan riset di bidang kelautan-perikanan, pada masa lalu,   pemerintah telah membentuk embrio Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan   (FPIK) di kampus kampus besar seperti Universitas Riau, Universitas   Di-ponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, dan Institut   Pertanian Bogor (IPB). Sekarang, pendirian FPIK marak baik di kampus   negeri maupun swasta.   Di FPIK-IPB, para peneliti berusaha menemukan inovasi-inovasi baru   untuk memajukan pembangunan dan mengembalikan kejayaan maritim   Indonesia. Misalnya, sebagai salah satu upaya mengobservasi kekayaan   bawah laut, FPIK-IPB menciptakan robot jelajah bawah laut (RJBA-45).   Hingga pengupayaan penggunaan baterai basah ramah lingkungan dari air   tambak.   Untuk membantu petambak dan nelayan agar tidak kesulitan menangkap   ikan, para peneliti telah bersinergi dalam menciptakan teknologi   penangkapan ikan ramah lingkungan melalui penggunaan rumpon elektronik   untuk menggantikan rumpon tradisional yang lebih mahal dan tidak   efektif.    Selanjutnya adalah bagaimana memasalkan teknologi. Inovasi dan   teknologi bidang perikanan dan ilmu kelautan perlu mendapat support   pemerintah. Idealnya, riset-riset ini perlu dicangkokkan pada Badan   Usaha Milik Negara strategis yang bergerak bidang perindustrian didukung   oleh pihak swasta yang berkompeten mendukung pembangunan nasional.   Diperlukan insentif untuk industrialisasi serta kucuran dana penelitian   memadai.    Saat ini, dana penelitian di Indonesia hanya sekitar 0,15 persen dari   produk domestik bruto, tidak mencukupi. Riset dan teknologi Indonesia   masih tertinggal. Padahal, di negara-negara berkembang lainnya, seperti   Cina telah memiliki anggaran riset lebih dari 1 persen PDB dan terus   ditingkatkan. Jepang yang memang lebih maju riset dan teknologi jauh di   atas China, yang kini menjadi nomor dua di bawah AS. Korsel pendatang   baru, menganggarkan tiga persen untuk risetnya, dan akan ditingkatkan   menjadi 4 persen di tahun mendatang. Ketika era tinggal landas-nya   Soeharto, Indonesia dan Korea satu level.    Langkah untuk perbaikan ekosistem inovasi setidaknya meliputi   pendanaan, kepemimpinan, budaya, dan kebijakan. Tentunya dengan dukungan   empat industri percepatan pertumbuhan ekonomi yang berdasarkan iptek   seperti industri kebutuhan dasar, industri kreatif, industri berbasis   daya dukung daerah, dan industri strategis. Harapannya, inovasi-inovasi   tersebut dapat menjadi sumbangsih para peneliti dalam mewujudkan kembali   negara bahari yang makmur.  | 
    |   17 pelaut diselamatkan di Myanmar     Posted: 29 Apr 2013 06:44 AM PDT 17 pelaut diselamatkan di Myanmar  Sebanyak 17 pelaut   telah diselamatkan dari kapal minyak Myanmar setelah bertabrakkan di   Sungai Yangon dengan satu kapal barang luar negeri yang berisi mobil,   kata harian setempat 7-Day Daily.
 Semua 17 pelaut tersebut diselamatkan kapal Angkatan Laut Myanmar dan tak ada laporan mengenai korban jiwa.
 
 Peristiwa itu terjadi saat kapal minyak milik Kementerian Energi   Myanmar, Myan Aung, kembali ke Yangon dari Mawlamyine setelah membongkar   minyak di sana, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di   Jakarta, Senin siang.
 
 Kapal tersebut bertabrakan dengan kapal barang dari luar negeri pada   pukul 15.00 waktu setempat di Sungai Yangon di dekat Pelabuhan Thilawa,   kata laporan media Myanmar.
  | 
    |   Dua Kapal Kargo Bertabrakan, Dua Tewas, Delapan Hilang      Posted: 29 Apr 2013 06:43 AM PDT Dua Kapal Kargo Bertabrakan, Dua Tewas, Delapan Hilang   Dua orang tewas tenggelam dan delapan lainnya hilang setelah dua   kapal kargo bertabrakan di laut barat daya Yunani, Senin (29/4) pagi,   lapor Reuters mengutip pernyataan penjaga pantai Yunani.       Korban tenggelam dan hilang merupakan awak Pirireis, kapal berbendera   Kepulauan Cook yang bertabrakan dengan kapal ConSouth, sekitar 75 mil   laut lepas pulau Sapienza.     Sementara 16 awak kapal ConSouth berbendera   Antigua Barbuda, dalam keadaan selamat.    "Pirireis membawa 17 awak. (Setelah bertabrakan-red) dua korban   tenggelam dievakusi awak Kapal ConSouth, sementara delapan lainnya   hilang," kata pejabat yang menolak disebutkan namanya.      Upaya pencarian korban digelar tim gabungan dibantu dua kapal penjaga   pantai, sebuah helikopter dan pesawat C-130 milik angkatan laut.    Belum diketahui penyebab insiden tabrakan kedua kapal. "Cuaca cerah,   laut tenang," kata wali kota Pylos, Dimitris Kafantaris, kepada stasiun   TV Net milik pemerintah.      "Pihak berwenang juga memeriksa apakah ada efek pencemaran (laut-red) akibat tenggelamnya kapal," tambahnya.    Kapal Pirireis milik perusahaan pelayaran Emiroglu, Turki mengangkut pupuk dari Aljazair ke Ukraina.   | 
    |   Kapal Terbakar, Dua ABK Hilang     Posted: 29 Apr 2013 06:42 AM PDT Kapal Terbakar, Dua ABK Hilang  Sebuah kapal tanker KM Sahoya 03 dan tugboat Arya Chandra meledak dan   terbakar di sekitar pelabuhan Tanjung Bara, perairan Sangatta Kabupaten   Kutai Timur, Kalimantan Timur, sekitar pukul 15.30 WITA. Belum diketahui   penyebab meledaknya kapal tersebut.
 Kapal tanker dan tugboat milik PT Sinas Alam Perdana (SAP) itu membawa   solar untuk perusahaan tambang batu bara PT Kaltim Prima Coal.
 
 Dalam peristiwa itu, kapal yang memiliki 12 anak buah kapal (ABK) itu 5   di antaranya dilaporkan mengalami luka bakar serius dan telah dilarikan   ke Rumah Sakit SOS Kaltim Prima Coal (KPC) untuk mendapatkan perawatan.   Sementara dua ABK masih dinyatakan hilang, masing masing bernama   Fery,27, dan Sutrisno,40.
 
 "Lima ABK telah dilarikan ke rumah sakit untuk dirawat. Mereka mengalami   luka bakar serius. Hingga kini belum tahu penyebab kebakaran itu," kata   Kapolres Kutai Timur AKBP Budi Santoso, Senin 29/4
 
 Hingga malam ini tim penolong masih melakukan pemadaman dan mencari ABK   yang masih hilang di tempat ledakan sekitar 2 mil dari pelabuhan   internasional Tanjung Bara.
 
 "Pencarian terus dilakukan dan dua ABK belum ditemukan. Tim penolong sudah diterjunkan," tuturnya.
  | 
    |   Lowongan Pelaut Terbaru 30 April 2013 Untuk CO,2O BULK CARRIER, INDONESIA     Posted: 29 Apr 2013 06:40 AM PDT                          Lowongan Pelaut Terbaru 30 April 2013 Untuk CO,2O BULK CARRIER, INDONESIA   WE ARE LOOKING FOR:     1.C/O - ANT2 ( BULK CARRIER -1 PERSON )   2.2/O - ANT3 ( BULK CARRIER -1 PERSON )     Requirements :     MUST HAVE EXPERIENCE WORKING AT BULK CARRIER VESSEL   DOCUMENTS AND CERTIFICATES NOT EXPIRED     Please sent your CV to: crew@glsship.com   or please come directly to our office.     PT. Gurita Lintas Samudera   Jl. Tomang Raya No.47 E   Jakarta 11440 – Indonesia.   www.glsship.com   Phones: +62 21 568 6369 ( Hunting ) ext: 106,104 Contact person: Agus, Imam   Fax:+62 21 5654271  | 
    |    Job Vacancy ATT 4     Posted: 29 Apr 2013 06:37 AM PDT                          kami mencari untuk anda yang mempunyai ijazah ATT 4 dan memiliki sertificate TF, OT untuk kami tempatkan di armada kami. jika anda berminat bisa apply langsung ke alamat email ruranha@cbsl.co.id  _  | 
    |   LOOKING FOR CANDIDATE FOR CONTAINER AND AHTS VESSEL  "DOMESTIC AREA"     Posted: 29 Apr 2013 06:36 AM PDT                           Dear   Seafarers,     We    are  PT  Oceanindo  Prima  Sarana  looking for   candidates who will be join on board ASAP.   The   below candidate have  a minimum criteria as follows ;     Type   ;  AHTS DP1     Trading   Area  :BALIKPAPAN   - PAPUA     Master    ANT  I     Experience   min 2 yrs in rank   preferred   ex container vessel   Salary   offer , USD 6000/month     Chief   mate    ANT  II   experience   min  2 yrs in rank   preferred   ex container vessel   Salary   offer   USD 4500/month     Chief   Engineer ; ATT I   Experience   min 2 yrs in rank   Preferred ex   Container vessel   Salary   offer  ; USD 5500/month     Second   Engineer ATT II   Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex Container vessel   Salary   offer;  USD 4500/month     MASTER ANT   I DPO CERT   Experience   min 2 yrs in rank   Holding   DPO Certificate   Preferred   ex AHTS/PSV vessel   Salary   offer USD 400/Day     Chief   mate ANT II DPO CERT   Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer  USD 330/Day     Second   mate ANT II  DP ADVANCE CERT   Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer  USD  180/Day     Third mate ANT III   Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer USD 130/Day     Chief Engineer ATT I     Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer  USD 300/Day     2nd Engineer ATT II     Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer  USD 250/Day     3rd Engineer ATT III     Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer  USD 150/Day     BOSUN   Experience   min 2 yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer USD 50/Day     A/B     Experience   2yrs in rank   Preferred   ex AHTS/PSV Vessel   Salary   offer USD 40/Day     OLR   Experience   2 yrs in rank   Preferred   EX AHTS/PSV Vessel   Salary   offer USD 40/Day      If you are interest kindly   please send your updated CV to our email address crewing@oceanindo.com  or Christ@oceanindo.com   NOTE ;Only the candidates   which will be match as per our requirement standard will be contacted.   Best Regards   Crewing Oceanindo         | 
    |    VACANCY FOR LPG TANKER     Posted: 29 Apr 2013 06:35 AM PDT                          Dear Seafarers,   Kami sedang mencari kandidat  untuk kapal LPG Tanker untuk posisi:    1.MASTER   ( ANT I )   2.Chief Officer  ( ANT II )   3.Chief Engineer ( ATT I / II )   4.Frist Engineer ( ATT II )     Trading Area  : BONTANG - GRESIK   DWT                       :  16000     Memiliki Sertifikat SCTW yg Valid Terutama Memiliki    LGT   Memiliki Pengalaman dikapal LPG Min 2Th     Silahkan kirim CV ke : ade.sukron@hits.co.id  atau                  mcsi_crewing@yahoo.com                                        Fax (021) 52964555     Brgds,   Ade Sukron   PT.    MCSInternasional   Granadi Building 5th Floor      Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta      Phone: (62 21) 252    4114 Ext. 182   Fax :    021-52964555Mail : ade.sukron@hits.co.id  | 
    |    Pertamina Beli Kapal Tanker Baru     Posted: 29 Apr 2013 06:34 AM PDT  Pertamina Beli Kapal Tanker Baru   PT Pertamina (Persero) menambah kapal pengangkut BBM. Pertamina   mendatangkan kembali kapal tanker kecil berkapasitas 3.500 long ton   deadweight (LTDW) untuk mendistribusikan BBM di wilayah pelosok di Tanah   Air. 
 Kapal yang diberi nama Matindok tersebut, dibeli Pertamina   dari PT Dumas Tanjung Perak. Kapal ini merupakan seri pertama, dari dua   kapal yang sebelumnya telah dipesan Pertamina di 2010.
 
 Menurut   Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir pembelian   kapal menghabiskan dana himgga 11,8 juta dolar AS. "Kapal ini telah   melalui proses uji coba laut selama lima hari mulai tanggal 12 Februari   2013," katanya, Kamis (28/2).
 
 Langkah ini meningkatkan efisiensi   biaya transportasi BBM. "Efisiensi biaya transportasi melalui kapal   ditargetkan dapat memberikan lebih banyak margin bagi peningkatan   revenue perusahaan melalui efisiensi biaya angkutan laut setiap liter   bahan bakar minyak," jelasnya.
 
 Sebagaimana diketahui harga   produk akhir Pertamina dipengaruhi oleh biaya produksi dan biaya   transportasi. Total biaya transportasi menjadi pertaruhan Pertamina   dalam persaingan global bisnis hilir migas.
 
 Saat ini, armada   kapal pengangkut BBM Pertamina berjumlah 185 buah. Sebanyak 55 kapal   resmi dimiliki Pertamina dan sisanya berstatus sewa. Kebanyakan kapal   mengangkut kargo premium, solar dan minyak tanah ke Pontianak,   Kalimantan.
 
 Hingga akhir 2015, Pertamina direncanakan memiliki   65 kapal yang berstatus milik sendiri. Sebanyak 29 kapal atau 47 persen   merupakan kapal yang diproduksi oleh galangan kapal nasional. Total 25   kapal kini sudah beroperasi. Sementara empat lainnya masih dalam tahap   konstruksi.
 
 "Beban kerja public service obligation (PSO) atas   distribusi BBM tidak hanya membutuhkan armada kapal yang efisien dan   efektif saja, melainkan juga kapal yang ramah ingkungan," tambah Ali.   Pertamina juga akan menggunakan kapal green ship, yang ramah lingkungan.
  | 
    |   Lowongan Pelaut Terabru Crewboat/ Malaysia/ URGENT     Posted: 29 Apr 2013 06:32 AM PDT                          Lowongan Pelaut Terabru Crewboat/ Malaysia/ URGENT   Job code : C/E - CB/Malaysia   3 months contract, kemaman/Miri, Class II (min), exp in offshore vessel min 2 years ( 1 year in Crewboat and another year in AHTS/offshorevessel...     Pls send your resume to : Jobs@rl-indo.com  or hr1.rlineindo@gmail.com  with complete scanned coloured seaman's book, passport, COC and COE and valid STCW...only candidates with original travel doc would be considered.  | 
    |   Ini Penyebab Tubrukan Kapal Bahuga-Norgas     Posted: 29 Apr 2013 06:31 AM PDT Ini Penyebab Tubrukan Kapal Bahuga-Norgas   Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan adanya   inkonsistensi dalam penerapan aturan pencegahan tubrukan oleh KMP Bahuga   Jaya dan MV Norgas Cathinka di Perairan Selat Sunda pada 26 September   2012. 
 Hasil itu dikemukakan dalam laporan akhir investigasi di kantor KNKT, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2013.
 
 Pada   saat MV Norgas Cathinka memasuki penyebrangan Merak-Bakauheni, kapal   berhadapan dengan lima kapal ferry lain yang melintasi haluannya.
 
 Pada   saat tiga kapal ferry yang bergerak ke arah timur menuju Merak   melintasi haluannya, Norgas Cathinka diwajibkan untuk mempertahankan   haluannya sampai dengan ferry terakhir yaitu KMP Caitlyn melewati   haluannya. MV Norgas Canthika juga diharuskan untuk menghindari KMP   Bahuga Jaya.
 
 "Dari analisis data VDR, diketahui bahwa pukul   04.36, MV Caitlyn melintasi haluan Norgas Cathinka dengan jarak 1 Nm. 4   Menit berikutnya, Mualim Jaga Norgas Cathinka mulai mengubah haluan   kapal ke kanan. Namun perubahan haluan terlalu pelan dan tidak cukup   signifikan untuk memberikan kejelasan sikap olah gerak pada kapal-kapal   lainnya," kata Ketua KNKT, Tatang Kurniadi.
 
 Menurut Tatang,   perubahan haluan Norgas Cathinka yang cukup pelan menyebabkan Mualim   Jaga KMP Bahuga Jaya menjadi ragu-ragu. KMP Bahuga Jaya mengasumsikan   bahwa Norgas Cathinka masih mempertahankan arah haluan dan kecepatannya.   Untuk menghindari tubrukan, Mualim Jaga KMP Bahuga Jaya mengambil   tindakan mengubah haluan kapal ke arah kiri.
 
 "Namun demikian, perubahan haluan ke kiri ini tidak sesuai dengan Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut," tegasnya.
 
 Tatang   menjelaskan pada saat Mualim Jaga Norgas Cathinka mengubah haluan ke   kanan, yang bersangkutan juga mengasumsikan bahwa Bahuga Jaya masih   mempertahankan haluan dan kecepatan. Namun demikian, Bahuga Jaya telah   berbelok ke kiri dan mengarah langsung ke Norgas Cathinka.
 
 "Norgas   Cathinka seharusnya menghindari Bahuga Jaya jika sudah melihat lampu   merah dari Bahuga Jaya dan mengubah haluan kapal," ujar dia.
 
 Selain   itu, KNKT juga mengindentifikasi pola pengaturan lalu lintas yang   diterapkan di lintas Merak - Bakauheni berpotensi menyebabkan penumpukan   kapal ferry di satu titik. Kondisi demikian dapat meningkatkan potensi   tubrukan antar kapal.
 
 Dari temuan itu, KNKT mengeluarkan   rekomendasi adanya pemisahan alur lalu lintas penyebrangan bagi   kapal-kapal ferry yang menuju Merak dan kapal yang menuju ke Bakauheni.
 
 "Untuk alur lalu lintas Merak - Bakauheni belum diatur secara kukuh. Alur di jalur tersebut semrawut," ujar dia.
 
 Selain   itu, kepada operator kapal ferry, KNKT merekomendasikan untuk   meningkatkan kemampuan komunikasi navigasi dan pemahaman terhadap   P2TL/COLREGs. KNKT juga merekomendasikan bagi para perwira jaga untuk   meningkatkan kewaspadaan, terutama pada saat kapal melintasi ALKI.
 
 "Menentukan   pola operasi kapal ferry secara tepat dengan mempertimbangkan kondisi   kapal, seperti halnya aspek kecepatan untuk mencegah adanya penumpukan   kapal di satu lokasi," ujarnya.
 
 Kepada perusahaan Norgas Carrier,   KNKT menyampaikan rekomendasi untuk meningkatkan implementasi sistem   manajemen keselamatan, terutama perihal pengawakan anjungan, penerapan   COLREG, dan prosedur pengawasan keliling.
  | 
    |   Lowongan Pelaut Tanpa Di Pungut Bayaran Open Position: CO for Container     Posted: 29 Apr 2013 06:30 AM PDT                          Lowongan Pelaut Tanpa Di Pungut Bayaran Open Position: CO for Container   Dear Seamen,     Currently we're looking for good CO candidates to join our Container vessel on May 10th. The vessel is sailing around Asia: GRT 35,991 / DWT 42,045 / TEU 3,534; mixed crew nationalities, 6 months contract and the salary is 6800 USD.     Please send your CV to:   - pelamar@bsm-indonesia.com   - id-csc-recruitment@bs-shipmanagement.co.id   or directly come to our office to have interview.     Thank you.     Regards,   Recruitment Personnel Officer   PT. BSM CSC Indonesia   Sentra Pemuda Kav. 5-6   Jl. Pemuda No. 61   Jakarta   Tel: 021-30050000   "Beware of Illegal Recruiters, No Fees will be charged to all Applicants"      __  | 
    |    Kapal Pengangkut BBM Ilegal Ditangkap     Posted: 28 Apr 2013 03:46 PM PDT  Kapal Pengangkut BBM Ilegal DitangkapMetrotvnews.com, Pontianak:  Sebuah kapal pengangkut   bensin dan solar ilegal, diamankan intel Kodim Sanggau, Kalimantan   Barat, Ahad (28/4). Pemilik bakan bakar minyak (BBM) ilegal itu diduga   seorang anggota polisi.     Kecurigaan petugas intel Kodim Sanggau bermula ketika ia melihat Kapal   Bandung yang memuat puluhan drum dengan ditutup terpal. Saat diperiksa,   nahkoda kapal tidak bisa memberikan surat-surat muatan kapal.     Setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata kapal yang dikemudikan AY itu   membawa 44 drum bensin dan 14 drum solar. Warga Kecamatan Jongkong,   Kabupaten Kapuas Hulu, itu juga mengangkut 100 liter bensin dan 80 liter   solar yang telah dimasukkan dalam jeriken.     AY mengaku, ratusan liter BBM itu dimuat dari tempat seorang polisi di   Polres Sanggau, berinisial SA. BBM tersebut akan dibawa ke Kecamatan   Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, untuk dijual.     Kini, nahkoda kapal beserta muatannya berada di Polres Sanggau untuk   pemeriksaan lebih lanjut. Polisi menyatakan akan menyelidiki   keterlibatan anggotanya dalam transaksi BBM ilegal itu.  | 
    |   Dua Hari Hilang, Kapal Nelayan Ditemukan di Buru     Posted: 28 Apr 2013 03:45 PM PDT Dua Hari Hilang, Kapal Nelayan Ditemukan di BuruAMBON, KOMPAS.com — Tim Search and Rescue (SAR)   Ambon akhirnya menemukan sebuah kapal nelayan dengan kru 5 orang yang   dinyatakan hilang di sekitar perairan Pulau Buru, Maluku, pada Jumat   (26/4/2013). Kapal yang bertolak dari Pulau Manipa, Kabupaten Seram   Bagian Barat (SBB) menuju Namlea, Kabupaten Buru, itu ditemukan, Minggu   (28/4/2013).   Kepala SAR Ambon Suyanto Samijan saat dihubungi Kompas.com Minggu   (28/4/2013) mengatakan, kapal berpenumpang lima orang tersebut berlayar   dari Manipa menuju Namlea, Pulau Buru, pada Jumat (26/4/2013). Namun,   saat di perjalanan tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan dan kapal   pun terapung.   "Di tengah perjalanan, mesin kapal mengalami   kerusakan dan kapal itu terapung. Saya lupa nama kapalnya, tapi itu   kapal nelayan," kata Suyanto.   Dia menjelaskan, pihaknya   mendapatkan laporan insiden tersebut dari salah satu kru kapal pada   Jumat siang. Sesaat kemudian Tim SAR langsung melakukan pencarian.   Setelah   dua hari pencarian, Tim SAR akhirnya menemukan kapal nahas tersebut di   sekitar perairan Buru Utara dalam kondisi terapung. Dia juga mengatakan,   seluruh penumpang kapal selamat.   "Seluruh penumpang dalam keadaan selamat. Saat ini kita  sudah evakuasi kapal tersebut," ujarnya.   Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Kifly Wakano saat dikonfirmasi Kompas.com Minggu   sore membenarkan, kapal nelayan itu telah ditemukan setelah dua hari   menghilang. "Kapal tersebut telah ditemukan di sekitar perairan Buru,"   ungkapnya.                              | 
    |   Kapal Muat BBM Terbakar     Posted: 28 Apr 2013 03:44 PM PDT Kapal Muat BBM TerbakarKENDARI, KOMPAS.com  - Tim Search and Rescue (SAR)   Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil menemukan satu awak KM Rahmawati,   Subair (30) yang tewas akibat kapal  terbakar di perairan Wawonii   Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan, Minggu (28/4/2013).   Awalnya,   KM Rahmawati dengan bobot 29 gross ton, bertolak dari Pelabuhan Rakyat   Kendari menuju Desa Rukoruko, Pulau Wawonii, Sabtu (27/4/2013) pukul   08.30 Wita.   Memasuki perairan Wawonii Selatan, kapal yang diduga   memuat BBM jenis solar dan bensin sebanyak 500 liter terbakar.   Dalam   peristiwa itu, satu orang awak kapal, Subair hangus terbakar sedangkan   tiga orang lainnya selamat setelah melompat ke laut.   Kepala Seksi Operasi Kantor Badan SAR Kendari, Basrano, mengatakan, pihaknya berhasil mengevakuasi empat korban kapal terbakar.   "Sebenarnya   tim SAR tujuh orang mulai melakukan pencarian sejak kemarin, tapi   karena gelombang mencapai hampir 3 meter kami berhenti. Nah tadi pukul   11.10 Wita, tim menemukan korban dalam kamar mesin setelah melakukan   penyelaman di dalam bangkai kapal yang telah karam," tutur Basrano, saat   dihubungi, Minggu (28/4/2013).   Dijelaskannya, kebakaran itu   bermula saat Subair mencoba menyalakan mesin kapal, dengan menyambung   aki. Tanpa disadari korban, muncul percikan api dari kamar mesin lalu   menjalar ke seluruh badan kapal.   "Sesuai keterangan ABK kapal yang   selamat, saat itu mereka sementara santap siang di atas kapal.   Mendengar ledakan secara spontan tiga awak kapal langsung melompat ke   laut," bebernya.   Lebih lanjut Basrano menuturkan, lokasi kebakaran   kapal itu tidak terlalu jauh dari garis pantai atau sekitar satu jam   sampai ke tujuan awak kapal tersebut. Sehingga, kapal nelayan berusaha   menyelamatkan tiga awak kapal yang masih hidup.   Setelah berhasil   menemukan korban tewas, lanjut Basrano, tim SAR Kendari kemudian   mengevakuasi empat awak kapal di Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota   Kendari. Pasalnya, seluruh awak kapal merupakan warga Kelurahan Lapulu.                                | 
    |   Pemerintah Tertibkan Perekrutan Pelaut     Posted: 28 Apr 2013 03:43 PM PDT Pemerintah Tertibkan Perekrutan Pelaut   JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah menertibkan prosedur perekrutan,   penempatan dan perlindungan pelaut Indonesia yang bekerja di kapal-kapal   berbendera asing. Penertiban khususnya terhadap perusahaan yang   merekrut dan menempatkan pelaut di luar negeri.     "Dengan penertiban ini, perlindungan pelaut lebih maksimal.   Diharapkan tidak ada lagi penempatan pelaut secara illegal, sehingga   kasus-kasus pelaut yang terjadi di luar negeri dapat ditekan seminimal   mungkin," kata Presiden Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Hanafi Rustandi   di sela peringatan HUT ke-47 KPI, di Jakarta. Hadir Ketua ILO Asia   Pasifik Shigeru Wada dan seafarers' union dari beberapa negara.     Penertiban pelaut dilakukan setelah terbitnya Peraturan Kepala   BNP2TKI No.12/KA/IV/2013 tentang Tata Cara Perekrutan, Penempatan dan   Perlindungan Pelaut di Kapal Berbendera Asing pada 10 April 2013.     Peraturan ini merupakan terobosan untuk mengatasi kekosongan hukum,   akibat pemerintah belum menerbitkan peraturan tentang prosedur   perekrutan, penempatan dan perlindungan palut yang bekerja di kapal   asing.     Kepala Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Moh.   Jumhur Hidayat, selama ini kasus-kasus pelaut Indonesia yang bekerja di   kapal-kapal asing semakin marak dan beragam. Ini terjadi karena belum   ada peraturan yang baku, sehingga diperlukan pengaturan atau payung   hukum untuk melindungi para pelaut Indonesia.     Penempatan pelaut  ke luar negeri dilaksanakan oleh Perusahaan   Pelaksana Perekrutan dan Penempatan Pelaut terrdiri dari PPTKIS   (Pelaksana Penempatan TKI Swasta) yang dulu disebut PJTKI (Perusahaan   Jasa TKI), dan Perusahaan Pengawakan Kapal (P2K).     PPTKIS wajib memiliki izin usaha dari Menakertrans. Sedang P2K wajib   memiliki izin usaha pengawakan kapal dari Menteri Perhubungan. Semua   perusahaan harus terdaftar di BNP2TKI dan memenuhi persyaratan yang   ditentukan.     Antara lain memiliki kerjasama dengan minimal satu pemilik kapal yang   dibuktikan dengan surat penunjukan, surat kuasa dan perjanjian   pengawakan yang disahkan oleh Perwakilan RI. Juga memiliki data   penempatan pelaut dilengkapi nama kapal dalam periode satu tahun   terakhir.     Semua perusahaan dilarang memungut jasa penempatan (fee) dari pelaut.   Setiap pelaut yang ditempatkan oleh PPTKIS atau P2K harus memiliki PKL   (Perjanjian Kerja Laut), yang antara lain mengatur soal syarat-syarat   kerja, asuransi dan prosedur penyelesaian perselisihan hubungan kerja di   kapal.     Pembuatan PKL harus berdasarkan PKB (Perjanjian Kerja Bersama) atau   CBA (Colletive Bargaining Agreement) yang ditandatangani oleh pemilik   kapal dengan serikat pekerja pelaut. PPTKIS atau P2K dapat   menandatangani PKB/CBA setelah mendapat pelimpahan wewenang dari pemilik   kapal.     "PKB/CBA dan PKL (setelah ditandatangani oleh pelaut dan pemilik   kapal), wajib disahkan oleh pejabat Ditjen Perhubungan Laut," tuturnya.     Pelaut yang akan bekerja di luar negeri wajib memiliki KTKLN (Kartu   Tenaga Kerja Luar Ngeri) yang diterbitkan BNP2TKI. Untuk mendapatkan   KTKLN, pelaut harus melampirkan paspor, buku pelaut, PKL, Kartu   Identitas Pelaut (Seafarers Identity Document/SID), visa kerja (jika   dipersyaratkan) dan surat keterangan telah mengikuti PAP (Pembekalan   Akhir Pemberangkatan).     Jumhur mengingatkan, prosedur penempatan pelaut ini harus dipenuhi   oleh PPTKIS atau P2K. "Saat ini ada sekitar 280.000 pelaut Indonesia   yang bekerja di luar negeri memerlukan perlindungan lebih maksimal,"   ujarnya.     Hanafi menambahkan, dengan adanya penertiban mungkin jumlah   perusahaan yang menempatkan pelaut akan berkurang. Namun ia optimis   jumlah pelaut yang bekerja di luar negeri akan meningkat, karena pemilik   kapal lebih yakin perusahaan yang mengirim lebih berkualitas.  | 
    |   Pelaut RI Butuh Pelindungan     Posted: 28 Apr 2013 03:42 PM PDT Pelaut RI Butuh Pelindungan    JAKARTA — Presiden Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Hanafi Rustandi   mengungkapkan sekitar 280 ribu pelaut butuh perlindungan dalam bekerja   di kapal asing di luar negeri. Agar tidak terjadi kasus yang merugikan   pelaut, akan ada penertiban perusahaan yang merekrut dan menempatkan   pelaut di luar negeri.     Menurut Hanafi, penertiban perekrutan dan penempatan pelaut segera   dilakukan menyusul diterbitkannya peraturan dari BNP2TKI   No.12/KA/IV/2013 tentang Tata Cara Perekrutan, Penempatan dan   Perlindungan Pelaut di Kapal Berbendera Asing.     Peraturan ini merupakan terobosan untuk mengatasi kekosongan hukum,   akibat pemerintah belum menerbitkan peraturan tentang prosedur   perekrutan, penempatan dan perlindungan palut yang bekerja di kapal   asing.     Dengan adanya aturan ini, KPI mengapresiasi BNP2TKI. Termasuk    sejumlah perusahaan yang dinilai berjasa terhadap KPI, khususnya dalam   menyalurkan pelaut ke luar negeri.Apresiasi ini diberikan berbarengan   dengan HUT KPI ke-47.     "Dengan adanya penertiban ini, perlindungan pelaut akan lebih   maksimal. Selain itu, juga diharapkan tidak ada lagi penempatan pelaut   secara illegal, sehingga kasus-kasus pelaut yang terjadi di luar negeri   dapat ditekan seminimal mungkin," ungkapnya, Minggu (28/4).     Hanafi menambahkan, dengan adanya penertiban mungkin jumlah   perusahaan yang menempatkan pelaut akan berkurang. Namun ia optimis   jumlah pelaut yang bekerja di luar negeri akan meningkat, karena pemilik   kapal lebih yakin perusahaan yang mengirim lebih berkualitas.     |