Mobil Avanza Buat Pelaut Di Batam Posted: 29 Apr 2013 07:18 AM PDT Buat para pelaut di Batam yg sedang mencari mobil avanza, silahkan lihat iklan "Dijual Mobil Avanza Seri S Tahun 2011 Harga Termurah" dibawah ini, semoga pelaut Batam mendapatkan mobil avanza dibawah ini; Berikut Iklan Mobil Avanza Di Jual Murah khusus wilayah Batam Mobil Avanza Seri S1.5 adalah mobil varian paling tinggi spec-nya di kelas mobil sejuta umat Toyota Avanza, anda yg punya mobil avanza seri S pasti menikmati kenyamanan paling enak naik mobil avanza hari ini saya ingin menjual mobil toyota avanza seri s milik saya ini, jual beli mobil di batam sangat tinggi mobilitas, harga toyota avanza seri S tahun pembuatan 2011 seperti punya saya ini saat ini masih tinggi harga di pasaran show room mobil di batam, harga toyota avanza seri S tahun 2011 adalah Rp. 161 juta berikut cuplikan iklan jual mobil avanza saya di forum jual beli batam " Di jual cepat butuh uang, Mobil Toyota vanza Seri S1.5 Tahun 2011 Automatic, warna abu-abu metalik masih kinclong, kondisi body mulus silahkan dicek sendiri, full aksesories, roof atap model CRV, speaker subwoofer suara musik sangat bagus, lantai karpet, jok mobil sudah ganti baru, mesin masih oke banget halus suaranya, pajak baru, asuransi baru, tunggu apalagi yg berminat silahkan hubungi saya Ruly Abdillah Ginting di hape 08127015790 saya buka harga Rp. 161 juta bisa nego sampai jadi jika memang berminat, saya kasih diskon besar-besaran buat pelaut yg menawar hari ini ! |
Cara Mendapatkan Table ASTM dan Perhitungan Petroleum Posted: 29 Apr 2013 07:13 AM PDT Anda ingin bisa menghitung jumlah muatan minyak seperti bensin atau solar?
Kami akan memberikan kepada anda program perhitungan untuk muatan cair produk petroleum. Program ini bisa digunakan untuk menghitung muatan minyak dikapal tanker atau oil barge (tongkang minyak).
Dapat digunakan untuk menghitung semua jenis Produk turunan minyak petroleum seperti gasoline(bensin, premium, pertamax), kerosine (minyak lampu, minyak tanah), HSD (Solar, MGO), HFO (minyak bakar, minyak hitam), Avtur dan lain sebagainya.
Kami juga memiliki Table ASTM digital untuk Table 53, 54, 54B, 56 dan 57 , yang akan kami berikan kepada anda gratis, sebagai bonus perkenalan.
<<<< (gambar tampilan program) Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,- diskon khusus untuk pemesanan hari ini
Jika anda berminat bisa menghubungi saya di nomor kontak dibawah ini:
Sholeh Binaga Ginting, Griya Batuaji Asri Blok X No. 20 - Batam Email : info@draftsurveysoftware.com Handphone: 08127015790 Yahoo Msg: Pembayaran bisa dilakukan dengan mentransfer uang ke rekening dibawah ini: Hanya Rp. 285.000 Saja Silahkan Lakukan Pembayaran Ke Rekening Dibawah Ini BCA Cabang Nagoya - Batam No Rekening : 3403431059 Bank Mandiri Cabang Batam Industrial Park No Rekening : 1090009967308 Bank BNI Cabang Sei Panas - Batam No Rekening : 0214822882 Bank Syariah Mandiri - Batam No Rekening : 0387116703 terima kasih atas kepercayaan anda berbisnis dengan kami, software pesanan anda akan segera kami kirimkan ke alamat email anda. _________________________________________ Rp. 500,000,-
Pembelian hari ini akan kami berikan bonus-bonus tambahan seperti:
1. Link ke Ebook dibawah ini: Ebook for Surveyor |
| Info of Draft Master |
| Forum Bulk Draft Surveyor | Remarks sea level for draft survey | The secret of Draft Survey | Oil & Gas Salary Guide | Basic ship's pipe information | FOSFA procedures |
| Surveyor for Draft survey | Towing & Lashing Survey | Condition Survey |
| On Hire & Off Hire Survey | Chartering Terms Guide | 2. Modul-modul dibawah ini: Modul Draught Survey Code uniform Standard International, Modul training draft survey by Naval Architect consultancy, Rumus Manual Draft Survey, Rumus Interpolasi, Cara Membaca Sea Level Condition, Modul tentang Ship Stability for Masters and Mates Sixth Edition dan Modul Cargo Securing Model Manual - guidance 3. Applikasi dibawah ini: Ditambah bonus rumus perhitungan muatan cair seperti perhitungan CPO atau Minyak Sawit Mentah akan kami berikan untuk anda sebagai bonus !!
4. Akses Gratis Download Ebook dibawah ini: Index of /download
Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,-
diskon khusus untuk pemesanan hari ini |
Cara Draft Survey Kapal Tongkang Posted: 29 Apr 2013 07:12 AM PDT Cara Draft Survey Kapal Tongkang Bagaimana cara menghitung Draft Survey Kapal Tongkang ataupun kapal kargo, silahkan lihat tulisan dibawah ini; Dengan Program Draft Survey ini anda bisa menghitung muatan kapal dengan mudah, anda sudah tepat menemukan website ini. Jika Anda Memiliki Program Perhitungan DraftSurveySoftware.com Ini Anda Bisa Menguasai Perhitungan Draft Survey Kapal, Bagi Anda yang berminat saya akan membagikan ilmu ini! Disini Saya akan berikan Software untuk Program perhitungan Draft Survey Kapal atau Tongkang yang sangat mudah untuk digunakan, Bisa dipakai oleh siapa saja termasuk kepada anda tentunya, software ini berbasis pada windows excel yang saya yakin sudah anda kenal, sehingga mudah dijalankan disemua komputer Di Buat Berdasarkan Pengalaman Pribadi! | | Bagaimana mengetahui jumlah muatan kapal dalam 5 menit dan keakuratan hampir 100% hanya dengan menggunakan software ini? | | Bagaimana mengetahui nilai konstan kapal secara otomatis? | | Bagaimana membuat template Tanks Sounding dan Ballast water sekaligus dari 1 software ini. | | Bagaimana mendesign sebuah Certificate of Quantity, Ship's Particular dan Cargo Particular Templates serta Draft Statement template? | | Dan masih banyak lagi, semua 100% berguna dilapangan bagi surveyor dan perwira kapal! | | Draft Survey Software ini sangat dicari oleh Pelaut, Calon Pelaut, Mahasiswa, Calon Naval Architect, Kadet yang sedang belajar di sekolah Akademi Pelayaran, semua orang yg bekerja di dunia maritime, Mahasiswa Akademi Pelayaran, Marine Surveyor, Ship's Officer, Super Cargo, Loading Master, Cargo Engineering, P & I Cargo Surveyor, Cargo Officer, owner kapal, ship's broker, asuransi, shipping agency, Beginner Surveyor, Junior Surveyor atau Senior Surveyor Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,- diskon khusus untuk pemesanan hari ini Hanya Rp. 285.000 Saja Untuk Anda ketahui Biaya Kursus Training Draft Survey saat ini oleh Lembaga seperti AISI adalah Rp. 5,000,000,- "Draft Survey Software akan dikirim ke alamat email anda " Dapat bonus eBook dibawah ini jika anda memesan sekarang juga ! Ebook for Surveyor | | Info of Draft Master | | Forum Bulk Draft Surveyor | Remarks sea level for draft survey | The secret of Draft Survey | Oil & Gas Salary Guide | Basic ship's pipe information | FOSFA procedures | | Surveyor for Draft survey | Towing & Lashing Survey | Condition Survey | | On Hire & Off Hire Survey | Chartering Terms Guide | Setiap Pembelian Draftsurveysoftware.com akan mendapatkan : Program Perhitungan Draft Survey Software ditambah dengan bonus e-book Modul Draught Survey Code uniform Standard International, Modul training draft survey by Naval Architect consultancy, Rumus Manual Draft Survey, Rumus Interpolasi, Cara Membaca Sea Level Condition, Modul tentang Ship Stability for Masters and Mates Sixth Edition dan Modul Cargo Securing Model Manual - guidance Ditambah rumus perhitungan muatan cair seperti perhitungan CPO atau Minyak Sawit Mentah akan kami berikan untuk anda sebagai bonus !! Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,- diskon khusus untuk pemesanan hari ini Hanya Rp. 285.000 Saja Silahkan Lakukan Pembayaran Ke Rekening Dibawah Ini BCA Cabang Nagoya - Batam No Rekening : 3403431059 Bank Mandiri Cabang Batam Industrial Park No Rekening : 1090009967308 Bank BNI Cabang Sei Panas - Batam No Rekening : 0214822882 Bank Syariah Mandiri - Batam No Rekening : 0387116703 terima kasih atas kepercayaan anda berbisnis dengan kami, software pesanan anda akan segera kami kirimkan ke alamat email yang telah anda daftarkan kepada kami Anda juga bisa membayar menggunakan paypal, please arrange your payment USD 30.00 for this valuable program & Bonuses to our paypal account at ruly.abdillah@gmail.com Paypal Account Khusus warga negara Indonesia kami berikan diskon khusus untuk hari ini saja Hanya Rp. 285.000 Saja |
Ketika Istri Pelaut dan Oknum Polisi Digerebek Posted: 29 Apr 2013 07:07 AM PDT Ketika Istri Pelaut dan Oknum Polisi Digerebek Mengetahui istrinya berselingkuh, membuat seorang pelaut berinisial Ss (42) ini marah. Kamis (7/3) dinihari pelaut kapten kapal itu menggrebek istrinya saat berkaraoke di VIP room, Sphinx di Batam/ Rd (37) sang istri ditangkap tangan sedang happy bersama Af, yang diduga selingkuhannya. Af sendiri diketahui merupakan seorang oknum polisi. Alamak! Saat penggerebekan, Ss tidak seorang diri. Selain bersama teman-temannya, dinihari itu dia bersama seorang anggota Propam Polda Kepri. Hal itu dilakukannya karena Af seorang oknum polisi. "Makanya kita lapor polisi dulu," ujar Ss ditemui POSMETRO usai penggerebekan. Diceritakan Ss, aroma perselingkuhan itu sudah diendusnya sejak setahun belakangan ini. Kecurigaannya itu bermula ketika uang untuk kebutuhan hidup untuk istrinya kerap habis, dan istrinya kerap meminta uang lebih. Padahal menurutnya uang yang diberikannya untuk kebutuhan hidup tiga orang anaknya dirasa sudah lebih dari cukup. "Saya sudah habis ratusan juta rupiah. Itu baru uang aja," ungkapnya. Karena itu, ia pun mulai menyelidikinya. Tapi sebagai pelaut yang lebih banyak menghabiskan waktu di laut tidak cukup waktu untuk mengorek informasi. "Saya coba bersabar," ujarnya. Setiap turun ke darat lanjut Ss, ia mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi perselingkuhan istrinya. Ia sangat kaget ketika mendengar bahwa teman spesial istrinya ternyata Af, yang sesungguhnya sudah lama dikenalnya. Ia pun tak menyangka Af menyelingkuhi istrinya. "Sudah anggap kawan lah," ujarnya kesal. Masih cerita Ss, Rabu pagi merupakan jadwalnya untuk kembali berlayar. Ia pun berpura-pura berangkat dari rumah dengan membawa semua perlengkapan berlayar. Yang ngantar ke pelabuhan istrinya sendiri. Nah, melihat istrinya sudah pergi dari pelabuhan lanjut Ss, ia pun mulai beraksi. Turun kembali dari kapal dan mulai membuntuti istrinya. Dugaan istrinya akan pergi dengan Af benar adanya. Bersama istrinya, ungkapnya, Af jalan-jalan keliling Jodoh, Nagoya. Mereka sempat mampir di salah satu ATM dan mengambil uang. Habis itu makan siang di restoran. Malamnya baru menghabiskan waktu di tempat hiburan. Berbekal bukti-bukti yang didapatkannya itu, Ss beraksi. Tak tahan lagi, ia kemudian merengsek masuk ke dalam ruang VIP 21 Sphinx Entertaint. Meski sudah masuk ke ruangan itu, istrinya tak mengetahui kedatangannya. Pasalnya, ruangan sangat gelap, semua lampu di ruangan itu mati. Istrinya yang tengah asyik bergoyang di ruang karaoke mengiringi dentuman house music baru sadar kedatangan Ss setelah lampu dihidupkan. Ia pun terperanjat, kaget. Sementara itu Af yang diduga selingkuhannya itu sudah diamankan Propam. Ss dan istrinya sempat bersitegang. Af terlihat tak dapat berbuat apa-apa lagi. "Ada apa ini bang. Kami tak ada apa-apa," kata Af pada Ss. Tapi sang pelaut Ss tak mau ambil pusing. Ia pun membawa istrinya keluar dari ruangan tersebut. "Saya tak mau lagi. Saya akan ceraikan dia. Saya juga akan membuat laporan ke Polda malam ini juga," kata Ss yang tak bisa membendung amarah. Sementara itu Rd membantah berselingkuh dengan Af. "Kami cuma berteman aja," kata wanita berkulit putih tersebut. Ia mengatakan sangat kecewa dengan penggerebekan itu. "Padahal perilakunya lebih dari ini," kata wanita berambut lurus sepunggung itu. RD hanya diam saat diancam akan dicerai. |
Kisah pelaut penggila wanita Posted: 29 Apr 2013 07:01 AM PDT Kisah pelaut penggila wanita Perairan kota baru.Tentunya kita tak heran atau bahkan sering mendengar kisah seorang pelaut,di mana rata rata seorang pelaut adalah penggila wanita atau PK. cerita ini aku mulai mengerti saat aku berteman dengan para penahluk gelombang tersebut,.. aku baru saja bergabung dengan mereka mereka yang saat ini telah menahlukan gelombang di berbagai negara, Ada kisah menarik dari pengalaman para pelaut tersebut, dan rata rata yang mereka ceritakan adalah soal berbagai jenis dan size wanita,di suatu sore hari, disaat matahari mulai mengerjakan tugasnya mengitari bumi, kadang kala di saat para pelaut Kapalnya sandar di tepian dermaga, kami sering berkumpul dan bercengkrama, mengisahkan jalan cerita hidup yang pernah di jalani,aku sebagai orang awam tentang kelautan dan prilaku orang laut,saya sedikit kagum sekaligus heran atas kisah kisah yang mereka alami dan jalani,. Sangat menyenangkan berkisah dengan para pelaut, meskipun yang di jalaninya menurutku hal yang sangatlah aneh dalam pemikiran saya,suatu ketika di saat kami sedang bercerita tentang pengalaman melaut,. ada bapak bapak dari indonesia timur yang berkisah sangat menyenangkan untuk di dengarkan, bapak tersebut berasal dari BAU BAU sultra,dia bercerita pengalamanya semasa melaut,.. Heyyy,.. tahu kah kau, aku ini udah melaut sekitar 40 tahunan,…dan aku berlayar ke berbagai penjuru dunia,seperti amerika latin,jerman, thailand,china,dan jepang,…. jadi kau tak usah banyak cerita kalau soal masalah wanita kepadaku,dulu waktu aku masih muda,tapi aku udah beristri,.saat aku melaut ke negara manapun aku selalu mencari wanita untuk bersenang senang,dan istriku pun tahu kalau aku suka main wanita,kadang kala saat aku lagi bercinta, istriku menelepon, dan ku bilangi. aku lagi bercinta dengan wanita lain,.. istriku tidak marah,. asalkan wanita tersebut beli, bukan aku nikahi,..istriku tidak pernah marah di saat aku mabuk, istriku tidak pernah marah meskipun aku dalam keadaan bercinta,.. itulah hebatnya istriku,. makanya, setiap kapalku bersandar di dermaga negara manapun, aku selalu sempatkan untuk mencari wanita,..dan aku sudah merasakan berbagai macam wanita, jadi,, kalau bercerita yang begituan aaahh,. nggak ada apa apanya ma aku,. tapi kini aku sudah berhenti, Ku bilangi kau semuanya,…" Aku ini sudah merasakan wanita berbagai macam, wanita india,china, amerika, jerman,yang kulit hitam atau negro,.. itu semuanya rasanya sama saja,. jd nggak usah heranlah kau,semuanya barangnya lurus,. tidak ada yang melintang,.makanya kini aku berhenti".. Karena aku kena penyakit kelamin, dan aku berobat ke singapore, aku mulai sadar,.. gara gara beli wanita dengan harga 400rb, aku suntik bayar 1.5jt sekali suntik,.. beeee, berhentilah aku, belum lagi berobatku di ketahui oleh kantorku bekerja,malu aku jadinya,.. Jadi saat ini, nggk usahlah kau main main wanita, percuma, karena rasanya pastilah sama saja, lurus semua itu barangnya, tidak ada yang melintang,.. aku tertawa terbahak bahak mendengarkan kisah para pelaut dengan kisah yang berbeda, tapi dengan tujuan yang sama,yaitu wanita,banyak yang bisa saya ambil hikmahnya dari para pengalaman seorang pelaut,yaitu, cukup dengan satu istri itu ternyata lebih baik dan menguntungkan,banyak cerita dari seorang pelaut yang bisa di ambil hikmahnya, dan kita renungkan dampak baik dan buruknya, meskipun banyak cerita cerita yang konyol ketika di alaminya,.. cerita diatas hanyalah fiksi belaka, jika ada kesamaan cerita dan pelaku dari pelaut itu hanya kebetulan saja |
Sebuah Film Tentang Kapten Kapal Perempuan Posted: 29 Apr 2013 06:55 AM PDT Sebuah Film Tentang Kapten Kapal Perempuan Film ini menghebohkan, karena banyak adegan panasnya, sehingga sensor menyikat habis film ini. Tetapi peredaran DVD masih menggunakan materi film asli yang tanpa sensor. Mungkin ada baiknya bila mau bikin DVD, materinya harus yang sudah lulus sensor, baru di cetak DVD-nya. Bukan material aslinya, hanya ini masukan yang berarti dari saya. Ceritanya tidak perlu jelas, yang jelas ada cewek seksi dan adegan panasnya. Kisah tentang Wulan (Debby Cyntia Dewi), kapten sebuah kapal penumpang denga dua anak buahnya yang juga cewek dan jadi pelaut untuk lari dari masa lalunya yang pahit. Kisah berawal waktu merapat. Wulan dijambret dan dibantu Johan (Georde Rudy) lalu jadi kawan akrab. Anak buah Wulan yang bekas pelacur diculik oleh germonya, tapi bisa lepas. Lalu kisah suka-duka di dalam kapal yang dihadapi cewek-cewek pelaut itu. link film di youtube silahkan cari sendiri, kami tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan film ini |
Pemuda Papua Diimbau Masuk BP2IP Sorong Posted: 29 Apr 2013 06:51 AM PDT Pemuda Papua Diimbau Masuk BP2IP Sorong Bupati Kabupaten Sorong, Papua Barat, Dr Stefanus Malak M Si minta agar pemuda di Papua Barat dan daerah lainnya di kawasan timur Indonesia mau dididik di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong. Pasalnya, saat ini lapangan kerja, khususnya PNS, makin sulit karena kuotanya terbatas. Satu-satunya peluang besar pekerjaan adalah di bidang kelautan (berlayar--Red) dan media pendidikannya adalah melalui BP2IP Kementrian Perhubungan, kini berada Saoka, Sorong. "Ini peluang pekerjaan bagi para pemuda di kawasan Timur Indonesia. Karena, negara kita adalah negara kepulauan maka bidang kelautan merupakan potensi besar untuk mempekerjakan tenaga kerja di bidang pelayaran. Dan, kesempatan besar untuk mendidik tenaga kerja dibidang pelayaran saat ini sudah ada di Sorong. Tidak seperti sebelum ini, harus mengenyam pendidikan tersebut di Makasar atau di Pulau Jawa," kata Bupati Malak di Sorong, kemarin pagi. Kepala Seksi Penyelenggara Diklat & Kesiswaan BP2IP Saoka Sorong, Captain Faisal Saransi MT M Mar, ketika dikonfirmasi, mengatakan, kehadiran lembaga pendidikan dan pelatihan ini untuk mendidik para pemuda di Papua dan sekitarnya menjadi pelaut yang profesional. "Untuk keterwakilan daerah siswa, putra Papua 80 persen dan 20 persennya adalah para pendatang," kata Faisal. Namun demikian, BP2IP Saoka Sorong saat ini menerima siswa bukan saja dari Papua dan Papua Barat. Tapi, siswa dari Maluku, NTT, NTB, Bali, Sulawesi hingga Jawa dan Aceh. Dikatakannya, di BP2IP Sorong saat ini siswa dididik untuk fasih berbahasa Inggris dan Jepang. Karena, kapal asing yang mempekerjakan tenaga kerja pelaut itu dengan persyaratan harus bisa berbahasa inggris mau pun bahasa Jepang. Angkatan pertama yang sudah menginjak semester IV, siswanya 64 orang semuanya sudah lancar berbahasa Inggris dan Jepang. Serta profesional di bidangnya apakah nautika atau mesin. Rencana wisudah September tahun ini, langsung sudah disiapkan pekerjaan sehingga para siswa tak lagi kesulitan mencari pekerjaan. Tenaga pengajar saat ini 25 guru tetap dan guru bantu dari navigasi, Adpel dan beberapa dosen dari perguruan tinggi setempat. Sehingga, tak ada masalah karena tenaga pengajar sudah benar-benar profesional di bidangnya. Seorang siswa, Agus yang ditemui wartawan, mengaku bahasa Inggris dan bahasa Jepang benar-benar ditanamkan kepada para siswa BP2IP Sorong. "Saya bersyukur karena dengan bersekolah di BP2IP Saoka Sorong ini, kini saya sudah bisa berbahasa Inggris dan jepang. Semoga para pemuda Papua dan Papua Barat lainnya mau masuk di BP2IP Sorong ini untuk meraih masa depan yang lebih baik lagi dari sekarang ini," kata Agus. |
PIP Semarang Wisuda 166 Lulusan Diploma IV Posted: 29 Apr 2013 06:49 AM PDT PIP Semarang Wisuda 166 Lulusan Diploma IV Setiyo Budiyono dari prodi Nautika dan Afif Nurdani Arifin dari prodi Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menjadi wisudawan terbaik pada wisuda ke-76 Perwira Pelayaran Besar program diploma IV PIP, Jumat lalu. Sebanyak 166 lulusan diwisuda oleh Direktur PIP Semarang Capt Bambang Purnomo M Mar yang ditandai dengan pemercikan air tujuh samudera oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir Santoso Eddy Wibowo MSi di lapangan utama kampus Jl Singosari. Direktur PIP menjelaskan, para wisudawanberhak memperoleh sertifikat keahlian pelaut, yaitu ahli Nautika tingkat III untuk prodi Nautika dan Ahli Teknika tingkat III untuk prodi Teknika. Selain itu mendapat ijazah Diploma IV dengan sebutan profesional Sarjana sains Terapan Pelayaran (SST Pel). Sejak berdiri tahun 1951 hingga kini PIP telah meluluskan 7.689 orang termasuk mereka yang diwisuda tersebut. Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Ir Santoso Eddy Wibowo MSi mengungkapkan, tak sedikit kapal domestik yang masih diawaki para pelaut berkewarganegaraan asing. Itu sebabnya perlu dipersiapkan para kader perwira pelayaran niaga yang memadai baik kualitas maupun kuantitasnya. |
Indonesia Harus Kembali ke Negara Bahari Posted: 29 Apr 2013 06:49 AM PDT Indonesia Harus Kembali ke Negara Bahari Mungkin tidak semua orang setuju dengan pelekatan istilah negara bahari untuk Indonesia. Tapi bukti-bukti sangat kuat mengarah ke sana. Bukti kejayaan bahari Bangsa Indonesia telah ada sejak zaman pra-sejarah adanya temuan-temuan situs di gua-gua Pulau Muna, Seram dan Arguni dipenuhi oleh lukisan perahu-perahu layar, menggambarkan bahwa nenek moyang Bangsa Indonesia merupakan bangsa pelaut. Robert Dick-Read telah melacak jejak armada laut Nusantara bahkan hingga Madagaskar. Dalam karyanya, The Phantom Voyagers: Evidence of Indonesian Settlement in Africa in Ancient Times (2005), ia mendalami riset tentang jejak peradaban bahari nenek moyang manusia Indonesia. Ia telah menemukan jejak di perairan sekitar Kalimantan dan di selat antara Singapura dan Sumatera yaitu sejumlah besar orang laut atau suku bangsa yang hidup dengan kultur dekat dengan laut, seperti orang Tambus, orang Mantang, orang Barok, orang Galang, dan lain sebagainya. Di antara Sulawesi dan Mindanao, terdapat suku Somal yang gemar berperang yang memiliki perahu jenis kora-kora. Pada 1847, kapal uap Inggris, Nemesis, berjumpa dengan armada yang terdiri dari 40 sampai 60 kapal perompak berjenis itu. Kapal tersebut terdiri dari berbagai tipe ukuran yang dapat menampung awak berjumlah 40 hingga 80 orang. Kemudian, keberadaan orang Bajo yang terkenal, sangat mungkin menjadi angkatan laut Sriwijaya. Keberadaan kerajaan adidaya masa lampau seperti Sriwijaya maupun Majapahit yang menunjukkan corak maritim. Di Candi Borobudur terpahat relief gambar perahu layar dengan tiang-tiang layar yang kokoh dan telah menggunakan layar segi empat yang lebar. Kerajaan-kerajaan Indonesia yang melegenda adalah kerajaan maritim besar seperti, Kerajaan Tarumanegara (358 M - 670 M), Mataram Kuno (732 M - 928 M), Sriwijaya (683 M - 1030 M), Majapahit (1293 M - 1500 M) memiliki armada laut kuat, menguasai jalur perdagangan lintas laut hingga pelayaran internasional sekaligus menanamkan pengaruh dan interaksi budaya. Untuk melestarikan sejarah kemaritiman, Negara Indonesia telah membangun Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan, Sunda Kelapa, Jakarta Barat. Di sini, terdapat beberapa koleksi-koleksi ragam jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Serta, model dan miniatur kapal modern. Juga peralatan yang digunakan oleh pelaut di masa lalu seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam. Dapat dijumpai pula koleksi biota laut, data jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia dan aneka perlengkapan serta cerita dan lagu tradisional masyarakat nelayan Nusantara. Museum tersebut menampilkan koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, serta profil tokoh-tokoh maritim Nusantara. Dalam hal kemaritiman/kelautan, posisi strategis Indonesia memberikan manfaat setidaknya dalam tiga aspek, yaitu, alur laut kepulauan bagi pelayaran internasional (innocent passage, transit passage, dan archipelagic sea lane passage), luas laut territorial yang mempunyai sumberdaya kelautan melimpah, dan sumber devisa luar biasa jika dikelola dengan baik. Melihat hal tersebut, peran ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang perikanan dan kelautan sangatlah penting dan hendaknya senantiasa ditingkatkan. Untuk menguatkan riset di bidang kelautan-perikanan, pada masa lalu, pemerintah telah membentuk embrio Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) di kampus kampus besar seperti Universitas Riau, Universitas Di-ponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Sekarang, pendirian FPIK marak baik di kampus negeri maupun swasta. Di FPIK-IPB, para peneliti berusaha menemukan inovasi-inovasi baru untuk memajukan pembangunan dan mengembalikan kejayaan maritim Indonesia. Misalnya, sebagai salah satu upaya mengobservasi kekayaan bawah laut, FPIK-IPB menciptakan robot jelajah bawah laut (RJBA-45). Hingga pengupayaan penggunaan baterai basah ramah lingkungan dari air tambak. Untuk membantu petambak dan nelayan agar tidak kesulitan menangkap ikan, para peneliti telah bersinergi dalam menciptakan teknologi penangkapan ikan ramah lingkungan melalui penggunaan rumpon elektronik untuk menggantikan rumpon tradisional yang lebih mahal dan tidak efektif. Selanjutnya adalah bagaimana memasalkan teknologi. Inovasi dan teknologi bidang perikanan dan ilmu kelautan perlu mendapat support pemerintah. Idealnya, riset-riset ini perlu dicangkokkan pada Badan Usaha Milik Negara strategis yang bergerak bidang perindustrian didukung oleh pihak swasta yang berkompeten mendukung pembangunan nasional. Diperlukan insentif untuk industrialisasi serta kucuran dana penelitian memadai. Saat ini, dana penelitian di Indonesia hanya sekitar 0,15 persen dari produk domestik bruto, tidak mencukupi. Riset dan teknologi Indonesia masih tertinggal. Padahal, di negara-negara berkembang lainnya, seperti Cina telah memiliki anggaran riset lebih dari 1 persen PDB dan terus ditingkatkan. Jepang yang memang lebih maju riset dan teknologi jauh di atas China, yang kini menjadi nomor dua di bawah AS. Korsel pendatang baru, menganggarkan tiga persen untuk risetnya, dan akan ditingkatkan menjadi 4 persen di tahun mendatang. Ketika era tinggal landas-nya Soeharto, Indonesia dan Korea satu level. Langkah untuk perbaikan ekosistem inovasi setidaknya meliputi pendanaan, kepemimpinan, budaya, dan kebijakan. Tentunya dengan dukungan empat industri percepatan pertumbuhan ekonomi yang berdasarkan iptek seperti industri kebutuhan dasar, industri kreatif, industri berbasis daya dukung daerah, dan industri strategis. Harapannya, inovasi-inovasi tersebut dapat menjadi sumbangsih para peneliti dalam mewujudkan kembali negara bahari yang makmur. |
17 pelaut diselamatkan di Myanmar Posted: 29 Apr 2013 06:44 AM PDT 17 pelaut diselamatkan di Myanmar Sebanyak 17 pelaut telah diselamatkan dari kapal minyak Myanmar setelah bertabrakkan di Sungai Yangon dengan satu kapal barang luar negeri yang berisi mobil, kata harian setempat 7-Day Daily.
Semua 17 pelaut tersebut diselamatkan kapal Angkatan Laut Myanmar dan tak ada laporan mengenai korban jiwa.
Peristiwa itu terjadi saat kapal minyak milik Kementerian Energi Myanmar, Myan Aung, kembali ke Yangon dari Mawlamyine setelah membongkar minyak di sana, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin siang.
Kapal tersebut bertabrakan dengan kapal barang dari luar negeri pada pukul 15.00 waktu setempat di Sungai Yangon di dekat Pelabuhan Thilawa, kata laporan media Myanmar. |
Dua Kapal Kargo Bertabrakan, Dua Tewas, Delapan Hilang Posted: 29 Apr 2013 06:43 AM PDT Dua Kapal Kargo Bertabrakan, Dua Tewas, Delapan Hilang Dua orang tewas tenggelam dan delapan lainnya hilang setelah dua kapal kargo bertabrakan di laut barat daya Yunani, Senin (29/4) pagi, lapor Reuters mengutip pernyataan penjaga pantai Yunani. Korban tenggelam dan hilang merupakan awak Pirireis, kapal berbendera Kepulauan Cook yang bertabrakan dengan kapal ConSouth, sekitar 75 mil laut lepas pulau Sapienza. Sementara 16 awak kapal ConSouth berbendera Antigua Barbuda, dalam keadaan selamat. "Pirireis membawa 17 awak. (Setelah bertabrakan-red) dua korban tenggelam dievakusi awak Kapal ConSouth, sementara delapan lainnya hilang," kata pejabat yang menolak disebutkan namanya. Upaya pencarian korban digelar tim gabungan dibantu dua kapal penjaga pantai, sebuah helikopter dan pesawat C-130 milik angkatan laut. Belum diketahui penyebab insiden tabrakan kedua kapal. "Cuaca cerah, laut tenang," kata wali kota Pylos, Dimitris Kafantaris, kepada stasiun TV Net milik pemerintah. "Pihak berwenang juga memeriksa apakah ada efek pencemaran (laut-red) akibat tenggelamnya kapal," tambahnya. Kapal Pirireis milik perusahaan pelayaran Emiroglu, Turki mengangkut pupuk dari Aljazair ke Ukraina. |
Kapal Terbakar, Dua ABK Hilang Posted: 29 Apr 2013 06:42 AM PDT Kapal Terbakar, Dua ABK Hilang Sebuah kapal tanker KM Sahoya 03 dan tugboat Arya Chandra meledak dan terbakar di sekitar pelabuhan Tanjung Bara, perairan Sangatta Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, sekitar pukul 15.30 WITA. Belum diketahui penyebab meledaknya kapal tersebut. Kapal tanker dan tugboat milik PT Sinas Alam Perdana (SAP) itu membawa solar untuk perusahaan tambang batu bara PT Kaltim Prima Coal. Dalam peristiwa itu, kapal yang memiliki 12 anak buah kapal (ABK) itu 5 di antaranya dilaporkan mengalami luka bakar serius dan telah dilarikan ke Rumah Sakit SOS Kaltim Prima Coal (KPC) untuk mendapatkan perawatan. Sementara dua ABK masih dinyatakan hilang, masing masing bernama Fery,27, dan Sutrisno,40. "Lima ABK telah dilarikan ke rumah sakit untuk dirawat. Mereka mengalami luka bakar serius. Hingga kini belum tahu penyebab kebakaran itu," kata Kapolres Kutai Timur AKBP Budi Santoso, Senin 29/4 Hingga malam ini tim penolong masih melakukan pemadaman dan mencari ABK yang masih hilang di tempat ledakan sekitar 2 mil dari pelabuhan internasional Tanjung Bara. "Pencarian terus dilakukan dan dua ABK belum ditemukan. Tim penolong sudah diterjunkan," tuturnya. |
Lowongan Pelaut Terbaru 30 April 2013 Untuk CO,2O BULK CARRIER, INDONESIA Posted: 29 Apr 2013 06:40 AM PDT Lowongan Pelaut Terbaru 30 April 2013 Untuk CO,2O BULK CARRIER, INDONESIA WE ARE LOOKING FOR: 1.C/O - ANT2 ( BULK CARRIER -1 PERSON ) 2.2/O - ANT3 ( BULK CARRIER -1 PERSON ) Requirements : MUST HAVE EXPERIENCE WORKING AT BULK CARRIER VESSEL DOCUMENTS AND CERTIFICATES NOT EXPIRED Please sent your CV to: crew@glsship.com or please come directly to our office. PT. Gurita Lintas Samudera Jl. Tomang Raya No.47 E Jakarta 11440 – Indonesia. www.glsship.com Phones: +62 21 568 6369 ( Hunting ) ext: 106,104 Contact person: Agus, Imam Fax:+62 21 5654271 |
Job Vacancy ATT 4 Posted: 29 Apr 2013 06:37 AM PDT kami mencari untuk anda yang mempunyai ijazah ATT 4 dan memiliki sertificate TF, OT untuk kami tempatkan di armada kami. jika anda berminat bisa apply langsung ke alamat email ruranha@cbsl.co.id _ |
LOOKING FOR CANDIDATE FOR CONTAINER AND AHTS VESSEL "DOMESTIC AREA" Posted: 29 Apr 2013 06:36 AM PDT Dear Seafarers, We are PT Oceanindo Prima Sarana looking for candidates who will be join on board ASAP. The below candidate have a minimum criteria as follows ; Type ; AHTS DP1 Trading Area :BALIKPAPAN - PAPUA Master ANT I Experience min 2 yrs in rank preferred ex container vessel Salary offer , USD 6000/month Chief mate ANT II experience min 2 yrs in rank preferred ex container vessel Salary offer USD 4500/month Chief Engineer ; ATT I Experience min 2 yrs in rank Preferred ex Container vessel Salary offer ; USD 5500/month Second Engineer ATT II Experience min 2 yrs in rank Preferred ex Container vessel Salary offer; USD 4500/month MASTER ANT I DPO CERT Experience min 2 yrs in rank Holding DPO Certificate Preferred ex AHTS/PSV vessel Salary offer USD 400/Day Chief mate ANT II DPO CERT Experience min 2 yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 330/Day Second mate ANT II DP ADVANCE CERT Experience min 2 yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 180/Day Third mate ANT III Experience min 2 yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 130/Day Chief Engineer ATT I Experience min 2 yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 300/Day 2nd Engineer ATT II Experience min 2 yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 250/Day 3rd Engineer ATT III Experience min 2 yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 150/Day BOSUN Experience min 2 yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 50/Day A/B Experience 2yrs in rank Preferred ex AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 40/Day OLR Experience 2 yrs in rank Preferred EX AHTS/PSV Vessel Salary offer USD 40/Day If you are interest kindly please send your updated CV to our email address crewing@oceanindo.com or Christ@oceanindo.com NOTE ;Only the candidates which will be match as per our requirement standard will be contacted. Best Regards Crewing Oceanindo |
VACANCY FOR LPG TANKER Posted: 29 Apr 2013 06:35 AM PDT Dear Seafarers, Kami sedang mencari kandidat untuk kapal LPG Tanker untuk posisi: 1.MASTER ( ANT I ) 2.Chief Officer ( ANT II ) 3.Chief Engineer ( ATT I / II ) 4.Frist Engineer ( ATT II ) Trading Area : BONTANG - GRESIK DWT : 16000 Memiliki Sertifikat SCTW yg Valid Terutama Memiliki LGT Memiliki Pengalaman dikapal LPG Min 2Th Silahkan kirim CV ke : ade.sukron@hits.co.id atau mcsi_crewing@yahoo.com Fax (021) 52964555 Brgds, Ade Sukron PT. MCSInternasional Granadi Building 5th Floor Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta Phone: (62 21) 252 4114 Ext. 182 Fax : 021-52964555Mail : ade.sukron@hits.co.id |
Pertamina Beli Kapal Tanker Baru Posted: 29 Apr 2013 06:34 AM PDT Pertamina Beli Kapal Tanker Baru PT Pertamina (Persero) menambah kapal pengangkut BBM. Pertamina mendatangkan kembali kapal tanker kecil berkapasitas 3.500 long ton deadweight (LTDW) untuk mendistribusikan BBM di wilayah pelosok di Tanah Air.
Kapal yang diberi nama Matindok tersebut, dibeli Pertamina dari PT Dumas Tanjung Perak. Kapal ini merupakan seri pertama, dari dua kapal yang sebelumnya telah dipesan Pertamina di 2010.
Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir pembelian kapal menghabiskan dana himgga 11,8 juta dolar AS. "Kapal ini telah melalui proses uji coba laut selama lima hari mulai tanggal 12 Februari 2013," katanya, Kamis (28/2).
Langkah ini meningkatkan efisiensi biaya transportasi BBM. "Efisiensi biaya transportasi melalui kapal ditargetkan dapat memberikan lebih banyak margin bagi peningkatan revenue perusahaan melalui efisiensi biaya angkutan laut setiap liter bahan bakar minyak," jelasnya.
Sebagaimana diketahui harga produk akhir Pertamina dipengaruhi oleh biaya produksi dan biaya transportasi. Total biaya transportasi menjadi pertaruhan Pertamina dalam persaingan global bisnis hilir migas.
Saat ini, armada kapal pengangkut BBM Pertamina berjumlah 185 buah. Sebanyak 55 kapal resmi dimiliki Pertamina dan sisanya berstatus sewa. Kebanyakan kapal mengangkut kargo premium, solar dan minyak tanah ke Pontianak, Kalimantan.
Hingga akhir 2015, Pertamina direncanakan memiliki 65 kapal yang berstatus milik sendiri. Sebanyak 29 kapal atau 47 persen merupakan kapal yang diproduksi oleh galangan kapal nasional. Total 25 kapal kini sudah beroperasi. Sementara empat lainnya masih dalam tahap konstruksi.
"Beban kerja public service obligation (PSO) atas distribusi BBM tidak hanya membutuhkan armada kapal yang efisien dan efektif saja, melainkan juga kapal yang ramah ingkungan," tambah Ali. Pertamina juga akan menggunakan kapal green ship, yang ramah lingkungan. |
Lowongan Pelaut Terabru Crewboat/ Malaysia/ URGENT Posted: 29 Apr 2013 06:32 AM PDT Lowongan Pelaut Terabru Crewboat/ Malaysia/ URGENT Job code : C/E - CB/Malaysia 3 months contract, kemaman/Miri, Class II (min), exp in offshore vessel min 2 years ( 1 year in Crewboat and another year in AHTS/offshorevessel... Pls send your resume to : Jobs@rl-indo.com or hr1.rlineindo@gmail.com with complete scanned coloured seaman's book, passport, COC and COE and valid STCW...only candidates with original travel doc would be considered. |
Ini Penyebab Tubrukan Kapal Bahuga-Norgas Posted: 29 Apr 2013 06:31 AM PDT Ini Penyebab Tubrukan Kapal Bahuga-Norgas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan adanya inkonsistensi dalam penerapan aturan pencegahan tubrukan oleh KMP Bahuga Jaya dan MV Norgas Cathinka di Perairan Selat Sunda pada 26 September 2012.
Hasil itu dikemukakan dalam laporan akhir investigasi di kantor KNKT, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2013.
Pada saat MV Norgas Cathinka memasuki penyebrangan Merak-Bakauheni, kapal berhadapan dengan lima kapal ferry lain yang melintasi haluannya.
Pada saat tiga kapal ferry yang bergerak ke arah timur menuju Merak melintasi haluannya, Norgas Cathinka diwajibkan untuk mempertahankan haluannya sampai dengan ferry terakhir yaitu KMP Caitlyn melewati haluannya. MV Norgas Canthika juga diharuskan untuk menghindari KMP Bahuga Jaya.
"Dari analisis data VDR, diketahui bahwa pukul 04.36, MV Caitlyn melintasi haluan Norgas Cathinka dengan jarak 1 Nm. 4 Menit berikutnya, Mualim Jaga Norgas Cathinka mulai mengubah haluan kapal ke kanan. Namun perubahan haluan terlalu pelan dan tidak cukup signifikan untuk memberikan kejelasan sikap olah gerak pada kapal-kapal lainnya," kata Ketua KNKT, Tatang Kurniadi.
Menurut Tatang, perubahan haluan Norgas Cathinka yang cukup pelan menyebabkan Mualim Jaga KMP Bahuga Jaya menjadi ragu-ragu. KMP Bahuga Jaya mengasumsikan bahwa Norgas Cathinka masih mempertahankan arah haluan dan kecepatannya. Untuk menghindari tubrukan, Mualim Jaga KMP Bahuga Jaya mengambil tindakan mengubah haluan kapal ke arah kiri.
"Namun demikian, perubahan haluan ke kiri ini tidak sesuai dengan Peraturan Pencegahan Tubrukan di Laut," tegasnya.
Tatang menjelaskan pada saat Mualim Jaga Norgas Cathinka mengubah haluan ke kanan, yang bersangkutan juga mengasumsikan bahwa Bahuga Jaya masih mempertahankan haluan dan kecepatan. Namun demikian, Bahuga Jaya telah berbelok ke kiri dan mengarah langsung ke Norgas Cathinka.
"Norgas Cathinka seharusnya menghindari Bahuga Jaya jika sudah melihat lampu merah dari Bahuga Jaya dan mengubah haluan kapal," ujar dia.
Selain itu, KNKT juga mengindentifikasi pola pengaturan lalu lintas yang diterapkan di lintas Merak - Bakauheni berpotensi menyebabkan penumpukan kapal ferry di satu titik. Kondisi demikian dapat meningkatkan potensi tubrukan antar kapal.
Dari temuan itu, KNKT mengeluarkan rekomendasi adanya pemisahan alur lalu lintas penyebrangan bagi kapal-kapal ferry yang menuju Merak dan kapal yang menuju ke Bakauheni.
"Untuk alur lalu lintas Merak - Bakauheni belum diatur secara kukuh. Alur di jalur tersebut semrawut," ujar dia.
Selain itu, kepada operator kapal ferry, KNKT merekomendasikan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi navigasi dan pemahaman terhadap P2TL/COLREGs. KNKT juga merekomendasikan bagi para perwira jaga untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama pada saat kapal melintasi ALKI.
"Menentukan pola operasi kapal ferry secara tepat dengan mempertimbangkan kondisi kapal, seperti halnya aspek kecepatan untuk mencegah adanya penumpukan kapal di satu lokasi," ujarnya.
Kepada perusahaan Norgas Carrier, KNKT menyampaikan rekomendasi untuk meningkatkan implementasi sistem manajemen keselamatan, terutama perihal pengawakan anjungan, penerapan COLREG, dan prosedur pengawasan keliling. |
Lowongan Pelaut Tanpa Di Pungut Bayaran Open Position: CO for Container Posted: 29 Apr 2013 06:30 AM PDT Lowongan Pelaut Tanpa Di Pungut Bayaran Open Position: CO for Container Dear Seamen, Currently we're looking for good CO candidates to join our Container vessel on May 10th. The vessel is sailing around Asia: GRT 35,991 / DWT 42,045 / TEU 3,534; mixed crew nationalities, 6 months contract and the salary is 6800 USD. Please send your CV to: - pelamar@bsm-indonesia.com - id-csc-recruitment@bs-shipmanagement.co.id or directly come to our office to have interview. Thank you. Regards, Recruitment Personnel Officer PT. BSM CSC Indonesia Sentra Pemuda Kav. 5-6 Jl. Pemuda No. 61 Jakarta Tel: 021-30050000 "Beware of Illegal Recruiters, No Fees will be charged to all Applicants" __ |
Kapal Pengangkut BBM Ilegal Ditangkap Posted: 28 Apr 2013 03:46 PM PDT Kapal Pengangkut BBM Ilegal Ditangkap Metrotvnews.com, Pontianak: Sebuah kapal pengangkut bensin dan solar ilegal, diamankan intel Kodim Sanggau, Kalimantan Barat, Ahad (28/4). Pemilik bakan bakar minyak (BBM) ilegal itu diduga seorang anggota polisi. Kecurigaan petugas intel Kodim Sanggau bermula ketika ia melihat Kapal Bandung yang memuat puluhan drum dengan ditutup terpal. Saat diperiksa, nahkoda kapal tidak bisa memberikan surat-surat muatan kapal. Setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata kapal yang dikemudikan AY itu membawa 44 drum bensin dan 14 drum solar. Warga Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, itu juga mengangkut 100 liter bensin dan 80 liter solar yang telah dimasukkan dalam jeriken. AY mengaku, ratusan liter BBM itu dimuat dari tempat seorang polisi di Polres Sanggau, berinisial SA. BBM tersebut akan dibawa ke Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, untuk dijual. Kini, nahkoda kapal beserta muatannya berada di Polres Sanggau untuk pemeriksaan lebih lanjut. Polisi menyatakan akan menyelidiki keterlibatan anggotanya dalam transaksi BBM ilegal itu. |
Dua Hari Hilang, Kapal Nelayan Ditemukan di Buru Posted: 28 Apr 2013 03:45 PM PDT Dua Hari Hilang, Kapal Nelayan Ditemukan di Buru AMBON, KOMPAS.com — Tim Search and Rescue (SAR) Ambon akhirnya menemukan sebuah kapal nelayan dengan kru 5 orang yang dinyatakan hilang di sekitar perairan Pulau Buru, Maluku, pada Jumat (26/4/2013). Kapal yang bertolak dari Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menuju Namlea, Kabupaten Buru, itu ditemukan, Minggu (28/4/2013). Kepala SAR Ambon Suyanto Samijan saat dihubungi Kompas.com Minggu (28/4/2013) mengatakan, kapal berpenumpang lima orang tersebut berlayar dari Manipa menuju Namlea, Pulau Buru, pada Jumat (26/4/2013). Namun, saat di perjalanan tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan dan kapal pun terapung. "Di tengah perjalanan, mesin kapal mengalami kerusakan dan kapal itu terapung. Saya lupa nama kapalnya, tapi itu kapal nelayan," kata Suyanto. Dia menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan insiden tersebut dari salah satu kru kapal pada Jumat siang. Sesaat kemudian Tim SAR langsung melakukan pencarian. Setelah dua hari pencarian, Tim SAR akhirnya menemukan kapal nahas tersebut di sekitar perairan Buru Utara dalam kondisi terapung. Dia juga mengatakan, seluruh penumpang kapal selamat. "Seluruh penumpang dalam keadaan selamat. Saat ini kita sudah evakuasi kapal tersebut," ujarnya. Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Kifly Wakano saat dikonfirmasi Kompas.com Minggu sore membenarkan, kapal nelayan itu telah ditemukan setelah dua hari menghilang. "Kapal tersebut telah ditemukan di sekitar perairan Buru," ungkapnya. |
Kapal Muat BBM Terbakar Posted: 28 Apr 2013 03:44 PM PDT Kapal Muat BBM Terbakar KENDARI, KOMPAS.com - Tim Search and Rescue (SAR) Kendari, Sulawesi Tenggara berhasil menemukan satu awak KM Rahmawati, Subair (30) yang tewas akibat kapal terbakar di perairan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan, Minggu (28/4/2013). Awalnya, KM Rahmawati dengan bobot 29 gross ton, bertolak dari Pelabuhan Rakyat Kendari menuju Desa Rukoruko, Pulau Wawonii, Sabtu (27/4/2013) pukul 08.30 Wita. Memasuki perairan Wawonii Selatan, kapal yang diduga memuat BBM jenis solar dan bensin sebanyak 500 liter terbakar. Dalam peristiwa itu, satu orang awak kapal, Subair hangus terbakar sedangkan tiga orang lainnya selamat setelah melompat ke laut. Kepala Seksi Operasi Kantor Badan SAR Kendari, Basrano, mengatakan, pihaknya berhasil mengevakuasi empat korban kapal terbakar. "Sebenarnya tim SAR tujuh orang mulai melakukan pencarian sejak kemarin, tapi karena gelombang mencapai hampir 3 meter kami berhenti. Nah tadi pukul 11.10 Wita, tim menemukan korban dalam kamar mesin setelah melakukan penyelaman di dalam bangkai kapal yang telah karam," tutur Basrano, saat dihubungi, Minggu (28/4/2013). Dijelaskannya, kebakaran itu bermula saat Subair mencoba menyalakan mesin kapal, dengan menyambung aki. Tanpa disadari korban, muncul percikan api dari kamar mesin lalu menjalar ke seluruh badan kapal. "Sesuai keterangan ABK kapal yang selamat, saat itu mereka sementara santap siang di atas kapal. Mendengar ledakan secara spontan tiga awak kapal langsung melompat ke laut," bebernya. Lebih lanjut Basrano menuturkan, lokasi kebakaran kapal itu tidak terlalu jauh dari garis pantai atau sekitar satu jam sampai ke tujuan awak kapal tersebut. Sehingga, kapal nelayan berusaha menyelamatkan tiga awak kapal yang masih hidup. Setelah berhasil menemukan korban tewas, lanjut Basrano, tim SAR Kendari kemudian mengevakuasi empat awak kapal di Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota Kendari. Pasalnya, seluruh awak kapal merupakan warga Kelurahan Lapulu. |
Pemerintah Tertibkan Perekrutan Pelaut Posted: 28 Apr 2013 03:43 PM PDT Pemerintah Tertibkan Perekrutan Pelaut JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah menertibkan prosedur perekrutan, penempatan dan perlindungan pelaut Indonesia yang bekerja di kapal-kapal berbendera asing. Penertiban khususnya terhadap perusahaan yang merekrut dan menempatkan pelaut di luar negeri. "Dengan penertiban ini, perlindungan pelaut lebih maksimal. Diharapkan tidak ada lagi penempatan pelaut secara illegal, sehingga kasus-kasus pelaut yang terjadi di luar negeri dapat ditekan seminimal mungkin," kata Presiden Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Hanafi Rustandi di sela peringatan HUT ke-47 KPI, di Jakarta. Hadir Ketua ILO Asia Pasifik Shigeru Wada dan seafarers' union dari beberapa negara. Penertiban pelaut dilakukan setelah terbitnya Peraturan Kepala BNP2TKI No.12/KA/IV/2013 tentang Tata Cara Perekrutan, Penempatan dan Perlindungan Pelaut di Kapal Berbendera Asing pada 10 April 2013. Peraturan ini merupakan terobosan untuk mengatasi kekosongan hukum, akibat pemerintah belum menerbitkan peraturan tentang prosedur perekrutan, penempatan dan perlindungan palut yang bekerja di kapal asing. Kepala Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat, selama ini kasus-kasus pelaut Indonesia yang bekerja di kapal-kapal asing semakin marak dan beragam. Ini terjadi karena belum ada peraturan yang baku, sehingga diperlukan pengaturan atau payung hukum untuk melindungi para pelaut Indonesia. Penempatan pelaut ke luar negeri dilaksanakan oleh Perusahaan Pelaksana Perekrutan dan Penempatan Pelaut terrdiri dari PPTKIS (Pelaksana Penempatan TKI Swasta) yang dulu disebut PJTKI (Perusahaan Jasa TKI), dan Perusahaan Pengawakan Kapal (P2K). PPTKIS wajib memiliki izin usaha dari Menakertrans. Sedang P2K wajib memiliki izin usaha pengawakan kapal dari Menteri Perhubungan. Semua perusahaan harus terdaftar di BNP2TKI dan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Antara lain memiliki kerjasama dengan minimal satu pemilik kapal yang dibuktikan dengan surat penunjukan, surat kuasa dan perjanjian pengawakan yang disahkan oleh Perwakilan RI. Juga memiliki data penempatan pelaut dilengkapi nama kapal dalam periode satu tahun terakhir. Semua perusahaan dilarang memungut jasa penempatan (fee) dari pelaut. Setiap pelaut yang ditempatkan oleh PPTKIS atau P2K harus memiliki PKL (Perjanjian Kerja Laut), yang antara lain mengatur soal syarat-syarat kerja, asuransi dan prosedur penyelesaian perselisihan hubungan kerja di kapal. Pembuatan PKL harus berdasarkan PKB (Perjanjian Kerja Bersama) atau CBA (Colletive Bargaining Agreement) yang ditandatangani oleh pemilik kapal dengan serikat pekerja pelaut. PPTKIS atau P2K dapat menandatangani PKB/CBA setelah mendapat pelimpahan wewenang dari pemilik kapal. "PKB/CBA dan PKL (setelah ditandatangani oleh pelaut dan pemilik kapal), wajib disahkan oleh pejabat Ditjen Perhubungan Laut," tuturnya. Pelaut yang akan bekerja di luar negeri wajib memiliki KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Ngeri) yang diterbitkan BNP2TKI. Untuk mendapatkan KTKLN, pelaut harus melampirkan paspor, buku pelaut, PKL, Kartu Identitas Pelaut (Seafarers Identity Document/SID), visa kerja (jika dipersyaratkan) dan surat keterangan telah mengikuti PAP (Pembekalan Akhir Pemberangkatan). Jumhur mengingatkan, prosedur penempatan pelaut ini harus dipenuhi oleh PPTKIS atau P2K. "Saat ini ada sekitar 280.000 pelaut Indonesia yang bekerja di luar negeri memerlukan perlindungan lebih maksimal," ujarnya. Hanafi menambahkan, dengan adanya penertiban mungkin jumlah perusahaan yang menempatkan pelaut akan berkurang. Namun ia optimis jumlah pelaut yang bekerja di luar negeri akan meningkat, karena pemilik kapal lebih yakin perusahaan yang mengirim lebih berkualitas. |
Pelaut RI Butuh Pelindungan Posted: 28 Apr 2013 03:42 PM PDT Pelaut RI Butuh Pelindungan JAKARTA — Presiden Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Hanafi Rustandi mengungkapkan sekitar 280 ribu pelaut butuh perlindungan dalam bekerja di kapal asing di luar negeri. Agar tidak terjadi kasus yang merugikan pelaut, akan ada penertiban perusahaan yang merekrut dan menempatkan pelaut di luar negeri. Menurut Hanafi, penertiban perekrutan dan penempatan pelaut segera dilakukan menyusul diterbitkannya peraturan dari BNP2TKI No.12/KA/IV/2013 tentang Tata Cara Perekrutan, Penempatan dan Perlindungan Pelaut di Kapal Berbendera Asing. Peraturan ini merupakan terobosan untuk mengatasi kekosongan hukum, akibat pemerintah belum menerbitkan peraturan tentang prosedur perekrutan, penempatan dan perlindungan palut yang bekerja di kapal asing. Dengan adanya aturan ini, KPI mengapresiasi BNP2TKI. Termasuk sejumlah perusahaan yang dinilai berjasa terhadap KPI, khususnya dalam menyalurkan pelaut ke luar negeri.Apresiasi ini diberikan berbarengan dengan HUT KPI ke-47. "Dengan adanya penertiban ini, perlindungan pelaut akan lebih maksimal. Selain itu, juga diharapkan tidak ada lagi penempatan pelaut secara illegal, sehingga kasus-kasus pelaut yang terjadi di luar negeri dapat ditekan seminimal mungkin," ungkapnya, Minggu (28/4). Hanafi menambahkan, dengan adanya penertiban mungkin jumlah perusahaan yang menempatkan pelaut akan berkurang. Namun ia optimis jumlah pelaut yang bekerja di luar negeri akan meningkat, karena pemilik kapal lebih yakin perusahaan yang mengirim lebih berkualitas. |