Dear all,
Tidak ada keharusan/kewajiban apakah harus memiliki DP Certificate dan kapan harus mengambil DP Course. Semuanya itu sebenarnya tergantung dari masing-masing pribadi.
Sebenarnya cukup banyak yang hendak mengambil DP Course, namun karena sekarang mulai diberlakukan/adanya ujian Online Test dari NI, sebagian besar jadi ragu-ragu. Saya ingatkan lagi, ujian kelulusan Online Test hanya berlaku bagi DP Basic Course saja dan tidak berlaku untuk DP Advance/Maintenance Course.
Kalau menurut saya pribadi, lebih cepat lebih baik untuk mengikuti DP Course-nya. Mengapa demikian :
* Bukan berarti sekarang pasti lebih susah daripada besok, tapi kalau dilihat dari waktu ke waktu, syarat-syarat dan peraturan bukannya berkurang tapi malah semakin bertambah. Yang dulunya tidak ada online test, sekarang sudah ada dan kita tidak tahu besok bagaimana lagi. Lagipula pada akhirnya tetap saja harus mengambil DP Course ini untuk memenuhi persyaratan kerja.
* Bila mendengar dari kata "SUDAH SIAP" atau "BELUM SIAP", apalagi bila mendengar adanya "Online Test", biasanya kita sudah takut duluan. Dari situ kita sudah tahu bahwa tidak akan pernah muncul kata "SUDAH SIAP", karena akan selalu timbul masalah baru lagi. Sebenarnya kapan pun saudara ikut kursus, tetap saja syarat-nya lulus ujian adalah sama, yaitu : harus dipersiapkan dengan baik untuk lulus online test, dalam artian harus mau belajar. Tidak ada yang namanya jalan belakang atau kasih duit. Di Singapore tidak seperti di Indonesia, yang kita semua tahu faktanya bahwa bila ada uang, semua bisa diatur.
* Memang dari segi biaya kursus cukup mahal Bila sudah lulus, perbedaan dalam hal salary/gaji juga dapat dirasakan. Kalau dengan alasan mau berhemat, bila dihitung perbedaan gaji antara sudah memiliki dan belum memiliki DP Certificate sekarang, untuk waktu-waktu mendatang mana yang lebih menguntungkan?
* Persaingan dalam hal mencari kerja yang semakin bertambah dan melihat sekarang cukup banyak kapal yang menggunakan system DP dan dan bila saudara pelaut sudah memiliki DP Certificate, itu sudah akan menjadi nilai plus tersendiri.
Mudah-mudahan bisa membantu untuk memberikan pertimbangan bagi yang ingin mengambil DP Course. Kapan rencana mau mendapatkan DP Certificate, itu terserah pada masing-masing. Yang di atas tadi adalah pendapat saya pribadi. Setiap orang punya pertimbangan sendiri-sendiri yang belum tentu sama satu dengan yang lain.
Hal-hal yang menjadi kendala dalam hal kelulusan ujian (hasil pengamatan instructor saat di kelas) :
* Seperti biasa, kendala utama adalah masalah bahasa. Pemberian materi adalah dalam bahasa Inggris standard NI. Oleh karena itu diperkenankan untuk menggunakan kamus, terbatas kamus bahasa Inggris.
* Kebiasaan mau serba instant, dalam artian tidak mau repot-repot belajar tapi lulus ujian dan dapat sertifikat.
* Sibuk sendiri pada waktu kursus, mungkin ngobrol/BBM/sms atau malah ada yang tertidur.
* Menghabiskan waktu untuk menanyakan hal yang sama berulang-ulang tanpa mau membaca Manual Book.
* Terlalu percaya diri dan merasa lebih pandai dari Instructor dan praktek lebih penting daripada teori(mungkin karena sudah berpengalaman di kapal DP bertahun-tahun). Mungkin tidak salah, tapi alasan ini menyebabkan student jadi cuek dan kurang perhatian pada saat pembelajaran dan harus diingat, ujian Online Test adalah ujian TEORI dan bukan praktek.
Demikian share yang bisa saya berikan. Mohon maaf bila ada kesalahan kata dan ada yang tersinggung. Tidak ada maksud jelek dan hanya berharap semoga semua bisa lulus ujian dan mendapatkan DP Certificate plus DP Log Book-nya dengan cara yang fair.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Hendra
Best Regards,
Sanvi Solusindo
www.sanvisolusindo.com
Please like Facebook : http://www.facebook.com/PTSanviSolusindo?fref=ts
DP Course registration and accomodation in Singapore
DP Training Center : C-Mar Pte Ltd ; L3-DPCS (Dynamic Positioning and Communication System) ; MT (Marine Technology)
[Non-text portions of this message have been removed]
1. Moderator tidak bertanggung jawab atas kebenaran isi dan/atau identitas asli pengirim berita.
2. ATTACHMENT akan dibanned, krmkan ke pelaut-owner atau upload ke FILE.